Apa Benar Whatsapp Sedang Coba Menghilangkan Status Online ?

whatsapp

Tabloidselular.com – Aplikasi WhatsApp sedang menjadi sorotan, akibat gangguan yang terjadi pada Sabtu (20/6) dini hari. Gangguan yang terjadi pada WhatsApp kali ini, adalah hilangnya fitur pengaturan privasi, yaitu status online di ribuan pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Akibat masalah tersebut, ada asumsi bahwa aplikasi pesan milik Facebook itu sedang menguji coba fitur baru yang bisa menghilangkan status online di aplikasinya. Sebelumnya, status online tersebut memang tidak bisa disembunyikan layaknya tanda “Last Seen”.

Kabar Tidak Benar

Menurut laporan WABetaInfo, sebuah portal yang selama ini memberikan kabar terkini tentang aplikasi WhatsApp, asumsi tersebut tidak benar. WhatsApp tidak sedang melakukan uji coba fitur untuk menghilangkan status online di platform-nya.

Masalah yang terjadi pada Sabtu lalu, dalam laporan WABetaInfo adalah adanya gangguan di server WhatsApp yang memengaruhi sejumlah pengguna di seluruh dunia. Masalah tersebut sudah diperbaiki dalam waktu hitungan jam.

Ujicoba Fitur Baru

Bahwa WhatsApp kini sedang mencoba fitur baru seperti menyembunyikan “Last Seen”, status online dan akan menonaktifkan tanda terima pesan terbaca: ITU PALSU. Ini bukan fitur baru WhatsApp tetapi disebabkan oleh penghentian umum atau bug sisi server di seluruh dunia, jelas situs tersebut.

Baca Juga : Begini Cara Pecat Admin WhatsApp Grup

Hingga kini, perwakilan WhatsApp belum mengungkap apa yang sebenarnya terjadi pada layanan mereka tersebut. Dalam pantauan salah satu website ternama di Indonesia, pada situs pemantauan Down Detector, tercatat banyak pelaporan yang masuk terhadap masalah di platform WhatsApp. Pelaporan mulai banyak ketika tengah malam hingga Sabtu pagi dan jumlahnya mencapai ribuan pada Sabtu (20/6) dini hari.

Pelaporan itu datang dari pengguna WhatsApp di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Eropa dan juga Indonesia yang berteriak kalau aplikasi pesan instan milik Facebook itu, tidak berfungsi dengan baik. Teriakan pengguna WhatsApp yang mengalami masalah pun membanjiri media sosial Twitter sehingga tagar #WhatsApp menduduki puncak trending topic.

Banyak dari netizen yang melaporkan aplikasi WhatsApp mereka memang bermasalah, tapi ada juga yang merasa tidak sadar fitur “Last Seen” tidak bisa digunakan. Tagar #WhatsApp juga diramaikan oleh meme-meme kocak yang menggambarkan situasi pengguna WhatsApp saat pengaturan privasi mereka hilang.

Fitur privasi di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online dan kapan terakhir membuka WhatsApp atau disebut “Last Seen”. Untuk mengaktifkannya cukup pergi ke menu “Settings”, lalu buka “Account” dan pilih “Privacy”. Dalam menu “Privacy”, kamu bisa mengatur apakah kamu ingin menunjukkan kapan kamu terakhir kali online di WhatsApp kepada orang lain atau tidak.

Ada tiga opsi yang disediakan WhatsApp untuk penggunanya dalam pengaturan ini, apakah si pengguna ingin menunjukkan informasi “Last Seen” kepada semua orang, daftar kontaknya saja, atau tidak ada sama sekali.

You May Also Like

About the Author: admin

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *