Awas Ada Banyak Aplikasi Android Berbahaya Di Balik Tulisan Arab Ini

aplikasi

Tabloidselular.com – Aplikasi-aplikasi di sistem operasi Android memang cukup rawan disusupi oleh malware yang dapat membahayakan pengguna dan juga perangkatnya. Baru-baru ini, Google pun telah menghapus 36 aplikasi yang tergolong berbahaya dari Play Store.

Menurut laporan dari The Independent, 36 aplikasi yang sudah dihapus oleh Google dari Play Store ditemukan bertanggung jawab atas hal-hal ini. Yaitu diantaranya iklan yang tidak diinginkan dan juga membawa pengguna ke situs web berbahaya. Aplikasi itu juga mempunyai trik untuk bisa mengelabui pengguna yang akan membuat para pengguna tidak bisa menghindari proses instalasi aplikasi berbahaya .

Para peneliti dari WhiteOps juga menemukan kode penipuan di sejumlah aplikasi kamera kecantikan. Aplikasi kamera kecantikan itu seperti “Yoroko Camera”, “Beauty Collage Lite”, “Rose Photo Editor & Selfie Beauty Camera” dan lainnya. Banyak aplikasi yang ditemukan cukup berbahaya justru mendapatkan rating yang tinggi atau bintang lima, namun ada juga yang bintang satu.

Secara keseluruhan, aplikasi-aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 20 juta kali, atau sekitar rata-rata 565.833 per aplikasi. Menurut peneliti, selalu saja akan ada aplikasi berbahaya baru yang muncul setiap 11 hari, lalu dihapus oleh Google setiap 17 hari.

Para pengembang aplikasi berbahaya ini, punya berbagai trik untuk bisa mengakali Google. Mereka telah menyembunyikan file-file tertentu yang tidak dapat dibaca oleh alat Google. Sehingga akan mempersulit untuk menemukan aktivitas berbahaya.

Uniknya, mereka biasanya menggunakan karakter atau tulisan Arab untuk mengaburkan kode dalam aplikasi. Yang mana secara substansial akan dapat mengurangi keterbacaan bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan bahasa Arab. Hal itu juga akan membingungkan peneliti mengenai bagaimana cara pelaku bekerja. Karena memang tidak mendukung karakter unicode yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi.

Meski Google telah memberantas aplikasi berbahaya dari Play Store, tapi langkah ini juga tidak dapat menghapusnya dari smartphone secara otomatis. Kamu pun perlu waspada jika 36 aplikasi ini ada di dalam perangkatmu. Jika ada pengguna yang masih memiliki aplikasi ini di perangkatnya, maka disarankan untuk segera menghapusnya.

  1. Yoroko Camera
  2. Solu Camera
  3. Lite Beauty Camera
  4. Beauty Collage Lite
  5. Beauty & Filters Camera
  6. Photo Collage & Beauty Camera
  7. Beauty Camera Selfie Filter
  8. Gaty Beauty Camera
  9. Pand Selife Beauty Camera
  10. Catoon Photo Editor & Selfie Beauty Camera
  11. Benbu Selife Beauty Camera
  12. Pinut Selife Beauty Camera & Photo Editor
  13. Mood Photo Editor & Selife Beauty Camera
  14. Rose Photo Editor & Selfie Beauty Camera
  15. Selife Beauty Camera & Photo Editor
  16. Fog Selife Beauty Camera
  17. First Selife Beauty Camera & Photo Editor
  18. Vanu Selife Beauty Camera
  19. Sun Pro Beauty Camera
  20. Funny Sweet Beauty Camera
  21. Little Bee Beauty Camera
  22. Beauty Camera & Photo Editor Pro
  23. Grass Beauty Camera
  24. Ele Beauty Camera
  25. Flower Beauty Camera
  26. Best Selfie Beauty Camera
  27. Orange Camera
  28. Sunny Beauty Camera
  29. Landy Selfie Beauty Camera
  30. Nut Selfie Camera
  31. Rose Photo Editor & Selfie Beauty Camera
  32. Art Beauty Camera-2019
  33. Elegant Beauty Cam-2019
  34. Selfie Beauty Camera & Funny Filters
  35. Selfie Beauty Camera Pro
  36. Pro Selfie Beauty Camera

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *