Bagaimana Cara iPhone Bisa Buka Aplikasi Tanpa Download

iphone

Tabloidselular.com – Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi terbaru iOS 14. Sistem operasi baru ini datang dengan sejumlah pembaruan yang memudahkan pengguna iPhone, salah satu yang menarik adalah “App Clips”.

Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu soal App Clips. Cara kerja fitur ini sebenarnya mirip dengan fitur “Instant Apps” yang ada di smartphone Android. Intinya, fitur ini bisa membuat kamu membuka suatu aplikasi, tanpa harus men-download dan menginstalnya di iPhone. Canggih kan?

Kehadiran App Clip ini adalah menjawab pengguna iPhone yang malas menginstal aplikasi baru, tapi sering tidak digunakan. Misalnya, kamu diminta instal aplikasi untuk bayar parkir. Tapi dengan App Clips, kamu tidak harus men-download aplikasi itu. Kamu bisa buka aplikasi bayar parkir tersebut dengan App Clips.

App Clips berukuran kecil, di bawah 10 MB dan mampu dibuka dalam waktu beberapa detik. Sehingga menghilangkan kebutuhan mengunduh dan instal aplikasi yang benar di iPhone dan bisa juga membutuhkan waktu lebih lama untuk membukanya.

Baca Juga : Gadget Apple Apa Saja Yang Akan Kebagian IOS 14 Beserta Fitur Terbarunya ?

Bagaimana cara kerja App Clips ini? Apple menjelaskan pengguna bisa melakukan scan kode App Clips yang tersedia, baik itu melalui NFC atau QR Code dengan kamera iPhone. Pengguna juga bisa menggunakannya melalui Safari, Maps, dan Messages.

Setelah di-scan, App Clips akan muncul dari bagian bawah layar iPhone dengan opsi untuk membuka aplikasi yang diinginkan. Selanjutnya, kamu bisa melakukan apapun dengan aplikasi yang dibuka melalui App Clips.

Contohnya, jika kamu ingin menyewa sepeda di suatu aplikasi. Kamu bisa gunakan App Clips untuk memindai kode pada sepeda itu, nanti akan muncul pratinjau aplikasi yang digunakan untuk menyewa sepeda itu. Di sini, kamu tidak perlu instal aplikasi sewa sepeda tersebut.

App Clips kompatibel dengan Apple Pay dan opsi Sign in with Apple. Pengguna tidak perlu membuat akun aplikasi dan memasukkan kembali data informasi kartu kredit.

Sejauh ini masih sedikit aplikasi yang mendukung App Clips. Dalam perkenalan iOS 14 di Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Selasa (22/6), App Clips baru akan tersedia untuk aplikasi Spin, Etsy, Drop Recipes, Park Whiz, dan beberapa lainnya, yang notabene tidak dipakai orang-orang Indonesia.

Fitur App Clips memang lebih masuk akal dipakai untuk beberapa aplikasi, seperti pembayaran parkir, penyewaan sepeda atau skuter. Ke depannya, kemungkinan besar akan banyak developer yang memanfaatkan fitur App Clips pada aplikasi buatannya.

Di update iOS 14 ini memang Apple lumayan banyak memberikan fitur-fitur terbaru termasuk yang sudah dijelaskan diatas. Dan ada juga fitur baru dari iOS 14 seperti tampilan widget yang sudah lebih dulu diaplikasikan oleh android. Walau justru terlihat tampilan widget itu mirip dengan Windows phone dari Nokia. Ya begitulah teknologi pada smartphone, banyak yang mirip namun semua merk smartphone menganggap itu berbeda dari yang sudah ada dan punya mereka adalah yang pertama dan terbaik.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *