Beberapa Fakta Dari iPhone 12 Yang Akan Segera Meluncur

  • Whatsapp
iPhone 12

Tabloidselular.com – Diperkirakan, dalam beberapa bulan dari sekarang Apple akan segera meluncurkan seri dari iPhone 12. Rumornya adalah smartphone tersebut akan datang tanpa charger dan earpod yang biasanya dijual sepaket. Pada laporan terbaru menyebutkan bahwa harga model entry-level akan dibanderol lebih mahal US$ 50 (Rp700 ribuan) dari generasi yang sebelumnya.

Laporan tersebut datang dari seorang analis yang bernama Jeff Pu melalui MacRumors. Dia memperkirakan kalau model paling dasar dari iPhone 12 akan ditawarkan seharga US$ 749 atau sekitar Rp10,8 juta. Varian ini diharapkan akan hadir dengan layar OLED 5,4 inci, chipset A14 5nm, konektivitas 5G dan pengaturan dua kamera.

Read More

Baca Juga : Apa Benar, iPhone 12 Akan Di Jual Tanpa Adanya Charger ?

Sebagai perbandingan, Apple pada tahun lalu menjual seri iPhone 11 yang paling dasar hanya dengan harga US$ 699 atau sekitar Rp10 juta. Lebih murah US$ 50 dari iPhone XR yang telah dirilis pada tahun 2018. Sementara itu, Jon Prosser, yang juga seorang informan mengklaim bahwa harga iPhone 12 kemungkinan akan dijual seharga US$ 649 atau sekitar Rp9,4 juta.

iPhone 12 dilaporkan akan datang dengan dukungan konekivitas 5G. Oleh sebab itu Jeff Pu juga menambahkan bahwa konsumen tidak akan keberatan dengan kenaikan harganya. Selain itu, permintaan juga tidak akan terlalu terpengaruh. Namun, tidak adanya charger dan juga earpod, dapat menimbulkan sedikit kontroversi.

Meskipun diperkirakan memang akan ada kenaikan harga, seri iPhone 12 yang akan segera diluncurkan oleh Apple masih terbilang lebih murah dari Samsung Galaxy S20. Sekedar informasi saja untuk kalian, Galaxy S20 di pasar Amerika Serikat dibanderol seharga US$ 999 atau sekitar Rp14,5 juta.

Apple yang selama ini kita kenal sebagai raksasa teknologi ini diharapkan akan memasarkan seri iPhone 12 sebanyak 15 sampai 20 juta unit pada tahun ini. Saat ini Apple memang sedang galau karena menjadi salah satu pabrikan smartphone yang sangat terkena imbas dari penyebaran COVID-19.

iPhone 12 akan dijual tanpa Charger

Sesuatu yang baru mungkin akan terlihat pada industri smartphone. Di masa depan, sangat terbuka kemungkinan produk baru smartphone akan dijual tanpa charger alias alat pengisi daya baterai. Tanda-tanda itu terlihat dari sejumlah kabar yang beredar di industri. Setidaknya, kabar itu datang dari dua produsen smartphone besar dunia yang punya peran besar mendorong inovasi, yaitu Apple dan Samsung.

Begini. Menurut analis tepercaya untuk produk Apple, Ming-Chi Kuo, ada kemungkinan besar iPhone versi baru, yang mungkin bernama iPhone 12, akan dijual tanpa charger. iPhone 12 akan mengakhiri jajaran produk Apple yang dijual bersama charger dengan daya 5 watt dan 18 watt. Apple kemungkinan akan menjual perangkat adapter charger daya 20 watt untuk iPhone sebagai aksesori terpisah.

Hal serupa juga sangat mungkin akan diambil oleh Samsung. Menurut situs berita Korea Selatan, ETNews, Samsung sangat mungkin tidak menyertakan charger di kotak penjualan smartphone seri Galaxy. Alasannya, aksesori alat pengisi daya resmi merek Samsung sudah banyak beredar di pasar. Samsung sendiri sudah lebih dari 10 tahun berbisnis smartphone Android dan selama itu pula mereka membangun ekosistem Android di bawah seri Galaxy.

Tekan biaya produksi

Langkah untuk tidak menyertakan charger dalam kontak penjualan smartphone baru juga dilakukan untuk menekan biaya produksi. Karena, mulai tahun 2020 ini, para vendor bakal dihadapkan dengan produksi perangkat smartphone berteknologi 5G yang akan meningkatkan biaya produksi untuk sejumlah komponen.

Sementara Apple, besar kemungkinan juga menjual smartphone baru tanpa earphone. Hal itu bisa terjadi karena Apple mendorong penjualan earbuds wireless AirPods yang sangat laris di pasar. Sekarang, kita tinggal menanti pengumuman resmi dari Apple dan Samsung untuk paket penjualan smartphone mereka di masa depan. Menurutmu, benarkah keduanya bakal menjual smartphone baru tanpa charger?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *