Begini Cara Pecat Admin WhatsApp Grup

WhatsApp

Tabloidselular.com – Aplikasi perpesanan WhatsApp secara default mengamanatkan satu orang untuk bisa menjadi admin di sebuah grup diskusi. Biasanya, pengguna yang menjadi admin itu adalah orang yang membuat grup tersebut. Yang mana nantinya dia bisa menambahkan pengguna lain di grup sebagai admin.

Setidaknya, ada dua tugas penting seorang admin didalam grup WhatsApp. Pertama, admin grup adalah orang yang memberikan akses izin masuk, menghapus dan juga menjadikan admin pengguna lain di dalam grup.

Adapun tugas kedua seorang admin adalah untuk menentukan siapa saja yang boleh serta bisa mengubah info grup WhatsApp dan berpartisipasi di dalamnya. Dia nantinya dapat mengatur apakah ‘Semua orang’ boleh mengubah info grup dan juga mengirim chat. Atau ‘Hanya admin’ saja di mana hanya dirinya saja yang bisa mengubah info ataupun mengirim pesan di grup.

Kedua fungsi tersebut akan membuat admin grup WhatsApp semestinya hanya diberikan oleh orang-orang tertentu saja, menurut pakar keamanan siber. Ahli keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, menganjurkan agar tidak semua pengguna itu dijadikan admin grup WhatsApp.

Baca Juga : Apa Benar Whatsapp Sedang Coba Menghilangkan Status Online ?

Imbauan Alfons tersebut didasari dari banyaknya kasus peretasan akun WhatsApp oleh para hacker. Menurut Alfons, jika akun seseorang kena hack dan ternyata korban itu adalah admin di sebuah grup, hacker bisa langsung mengubah dan membekukan grup tersebut.

Jangan jadikan semua orang itu member admin. Kalau ada akun yang dibajak maka dia bisa memecat semua admin dan membekukan group sehingga tidak ada yang bisa post apa pun di grup. Sehingga, tidak akan ada yang bisa memberikan warning di group kalau akun WA-nya dibajak. Begitu ujar Alfons dalam sebuah posting-an di Facebook, Minggu (7/6).

Oleh karena itu, kamu perlu mengatur ulang siapa saja yang memang bisa menjadi admin di grup, jika semua pengguna di grup WhatsApp kamu sudah terlanjur menjadi admin. Untuk ‘memecat’ seseorang sebagai admin di grup pun caranya itu cukup mudah. Berikut ini urutan caranya:

  1. Buka obrolan grup WhatsApp, lalu ketuk subjek grup.
  2. Ketuk ‘Setelan grup’
  3. Pilih ‘Edit admin grup’.
  4. Ketuk tanda centang pengguna yang mau kamu hapus sebagai admin.

Sebagai catatan, orang yang membuat grup admin awal tidak bisa dihapus sebagai admin dari grup WhatsApp. Statusnya sebagai admin baru bisa hilang jika dirinya sudah keluar dari grup.

Nah, jadi begitu caranya untuk menghapus admin grup di whatsapp. Jadi kalau admin kena hack atau emang orangnya rese ya di hapus dari admin saja atau di-kick aja sekalian dari grup. Yang penting dan jangan sampai terlupa adalah gunakan selalu sosial media kamu misalnya saja whatsapp sebagai sarana untuk memberikan berita yang valid dan positif. Bukan berita hoax yang sering berseliweran di grup-grup WA ataupun di sosial media yang lainnya. Selamat mencoba tips tersebut dan terus jaga kesehatan fisik dan mental di masa new normal ini ya teman-teman.

You May Also Like

About the Author: admin

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *