Berbagai Aplikasi Yang Bisa Bantu Kamu Kerja Dari Rumah

Berbagai Aplikasi Yang Bisa Bantu Kamu Kerja Dari Rumah

Tabloidselular.com – Salah satu dampak penyebaran virus corona adalah diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah alias remote working. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kegiatan berkumpul di suatu tempat dan kontak fisik antar manusia yang bisa mempercepat penyebaran virus.

Mungkin budaya kerja remote dari rumah masih tergolong baru bagi masyarakat Indonesia. Jadi bagi yang belum tahu, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dengan maksimal untuk bekerja dari rumah. Kami telah menyusun daftar aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membantu kalian agar bisa tetap produktif, walaupun kerja remote dari rumah.

1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan ini penting untuk menjalin komunikasi sesama rekan kerja. Bahkan walaupun sedang tidak kerja dari rumah pun, aplikasi ini sering digunakan. Melalui WhatsApp, kamu bisa melakukan koordinasi dengan rekan kerja, baik melalui berkirim pesan teks, foto, atau melalui video call hingga empat orang secara bersamaan.

2. Slack

Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan WhatsApp, namun lebih kompleks dan lengkap. Slack memang didesain untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi di dalam suatu manajemen atau perusahaan.

Selain untuk kirim pesan, Slack juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja dalam menjalankan proyek, berbagi file, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim saat bekerja. Semua fitur Slack bisa membantu kamu untuk bekerja dari rumah, tanpa harus bertatap muka dengan mitra kerja.

3. Google Apps (G Suite)

Google menyediakan paket lengkap aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan, dan tentu mengakomodir cara kerja dari rumah. Google App atau G Suite adalah kumpulan aplikasi buatan Google yang bisa membantu produktivitas.

Banyak aplikasi yang masuk ke dalam G Suite ini, seperti Gmail, G Drive, Google Hangouts, Google Calender, Google Documents, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mendapatkan layanan yang lebih dan fitur maksimal, maka harus berlangganan dengan biaya tertentu.

4. Microsoft Office 365

Tidak hanya Google, Microsoft juga mempunyai layanan serupa yang dinamakan Office 365. Layanan Office 365 menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim.

Saat ini, ada banyak aplikasi di dalam ekosistem Office 365, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneDrive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, Delve Board, dan masih banyak lagi. Office 365 juga menyediakan layanan berlangganan dengan biaya tertentu.

5. Zoom

Aplikasi Zoom menghadirkan fitur yang maksimal untuk melakukan video conference, sama seperti Google Hangout. Semua tim bisa melakukan komunikasi video secara bersamaan dengan kualitas video dan audio yang baik. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat mobile dan desktop komputer atau laptop.

Tidak hanya fitur video conference, Zoom juga memiliki fitur lainnya, seperti kirim pesan teks, foto, audio, dan video. Bahkan, Zoom baru merilis fitur baru yang dapat mengubah background saat pengguna melakukan video conference.

6. Toogl

Toogl adalah aplikasi yang memudahkan untuk melihat produktivitas kita saat melakukan kerja dari rumah. Terkadang bekerja di rumah akan banyak gangguan atau distraksi yang menghambat produktivitas, seperti bermain media sosial hingga lupa waktu.

Dengan Toogl, kita bisa mengatur waktu kerja sesuai yang diinginkan. Aplikasi ini akan mengingatkan kita kapan waktunya berhenti dan kembali bekerja, termasuk kapan waktunya beristirahat atau harus segera menyelesaikan pekerjaan.

Setiap aktivitas pekerjaan kita akan direkam oleh Toggl. Kemudian, kita bisa lihat penggunaan waktu yang dipakai setiap harinya. Seperti berapa lama waktu kerja, berapa lama waktu berhenti, berapa lama waktu istirahat dan lain sebagainya. Toogl sudah tersedia di perangkat mobile dan dekstop.

7. DayWise

Aplikasi ini sedikit mirip dengan Toggl, karena fungsinya juga untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dengan DayWise, kita bisa mengatur mulai bekerja, istirahat, hingga menyelesaikan pekerjaan. Waktu yang diatur itu berfungsi untuk mengalihkan semua notifikasi. Misal, saat bekerja, hanya notifikasi penting saja akan muncul di smartphone kamu, sehingga waktu bekerja tidak akan terganggu. DayWise baru tersedia untuk pengguna smartphone Android.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *