Berbagai Statup Yang Menggratiskan Layanan Akibat Virus Corona

Startup

Tabloidselular.com – Adanya wabah virus corona membuat sejumlah bisnis terhenti. Tak terkecuali dengan bisnis startup. Untuk mengatasi kelesuan pasar, beberapa perusahaan startup memberikan beberapa penawaran. Berikut startup yang memberikan penawaran :

Ruangguru

Ruangguru telah memberikan akses gratis bebas kuota bagi seluruh siswa di Indonesia melalui jaringan Telkomsel. Hal ini diberlakukan guna merespons pandemi COVID-19 di seluruh dunia termasuk juga Indonesia.

Seluruh materi belajar di aplikasi belajar daring tersebut akan dapat diakses siapapun dengan bebas kuota hingga mencapai 30 GB. Pengguna nomor prabayar dan pasca bayar Telkomsel dapat membuka aplikasi My Telkomsel dan mengaktifkan paket data Rp 0. Paket tersebut akan memberikan akses data sebesar 30GB selama 30 hari untuk seluruh konten dalam aplikasi Ruangguru.

“Sebagai telco digital company, Telkomsel mendukung upaya gotong royong pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19, dengan berperan sebagai penghubung atau connectivity ennabler,” jelas Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

“Pada sektor pendidikan, menyusul langkah Kemendikbud untuk mendorong pembelajaran siswa secara daring, Telkomsel bersama dengan Ruangguru menghadirkan inisiatif solidaritas besama untuk memberikan kebebasan bagi para siswa untuk mengakses platform pembelajaran online Ruangguru,” lanjut Setyanto menjelaskan kerja sama Telkomsel dan Ruangguru.

Telkomsel juga telah menambahkan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah guna mengantisipasi lonjakan trafik data akibat pembelajaran jarak jauh. Selain itu, pengamanan wilayah penanggulangan COVID-19 seperti rumah sakit juga telah diamankan dari sisi jaringan telekomunikasinya.

Belva Devara selaku Direktur Utama sekaligus pendiri Ruangguru mengatakan bahwa, Kami menyadari kegiatan belajar siswa tidak boleh terganggu di tengah situasi sekolah diliburkan untuk mencegah penyebaran virus corona. Oleh karena itu kami pun sangat menyambut positif niat baik Telkomsel untuk ikut serta guna membantu akses belajar bagi anak-anak Indonesia, terang Belva.

Ruangguru juga telah meluncurkan program Sekolah Online secara Gratis. Dalam program ini, Ruangguru akan memberikan live teaching di setiap hari Senin hingga Jumat layaknya sekolah biasa. Dimulai pada Senin (16/3), siswa dapat mengakses 15 kanal live teaching yang mencakup seluruh mata pelajaran kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga 12 SMA (IPA dan IPS). Fitur Bank Soal dan Online Tryout juga disediakan secara gratis.

Selain memberikan materi bagi siswa sekolah, Ruangguru juga memberikan program Pelatihan Guru Online. Dalam program ini, guru-guru di seluruh Indonesia dapat memperoleh modul-modul pelatihan secara gratis untuk satu bulan ke depan. Ruangguru dan Telkomsel menyatakan kerja sama ini dilakukan ihwal status pandemic COVID-19 yang telah dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selain itu, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) juga telah merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh sebagai dampak dari penyebaran virus corona.

Pahamify

Salah satu startup di bidang edukasi yang menyediakan jasa bimbingan belajar online yaitu Pahamify, turut berkontribusi di masa genting seperti saat ini. Para siswa akan bisa mengakses pembelajaran melalui fasilitas streaming bersama secara gratis.

Program ini dimulai sejak 16 Maret 2020 pada pukul 14.00-16.00 WIB di aplikasi Pahamify. Selain itu, semua dapat mengakses program ini secara gratis,” kata CEO Pahamify, Syarif Rousyan Fikri dalam keterangannya, Senin (16/3).

Melalui Kelas Online Bersama Pahamify, para siswa dan siswi SMA dapat belajar dengan materi yang sudah disiapkan oleh tutor secara berkualitas dan mudah dipahami. Program ini akan fokus pada materi pemahaman konsep untuk kelas X dan kelas XI, serta persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) kelas XII.

Penyampaian materi juga akan bersifat santai dengan animasi yang menarik dalam setiap konten belajar. Hal ini dinilai bakal membuat kegiatan belajar online para murid di rumah menjadi lebih menyenangkan dan tetap aman. Sebelumnya, aplikasi Ruangguru dan juga Zenius sudah memutuskan untuk menggratiskan layanan belajarnya. Dengan begitu, para siswa bisa belajar melalui kedua aplikasi tersebut dari rumah.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *