Cara Cek Tagihan Dan Pengaduan Listrik PLN Kamu Yang Membengkak

tagihan listrik

Tabloidselular.com – Sejumlah pelanggan PLN mengeluhkan tagihan listrik yang didapatnya naik drastis saat situasi work from home (WFH). Keluh kesah ramai dibagikan di media sosial, bahkan ada pelanggan PLN yang mengalami kenaikan sembilan kali lipat dibanding tagihan listrik bulan lalu.

Untuk memeriksa penggunaan listrik PLN, kamu bisa melakukan pengecekan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut sudah bisa di-download gratis di Google Play Store untuk pengguna Android dan Apple Apps Store untuk pemilik iPhone.

Fungsi PLN Mobile ini bisa memberikan informasi tagihan bulan pelanggan PLN secara rinci, mulai biaya yang harus dibayar, pemakaian listrik dalam kWh meter. Aplikasi ini menampilkan tagihan listrik 12 bulan terakhir.

Untuk mengecek peningkatan tagihan listrik di aplikasi PLN Mobile bisa ikuti langkah di bawah ini.

  • Download aplikasi PLN Mobile di Google Play Store atau ada pula di Apple App Store.
  • Setelah diinstal, jika kamu punya akun bisa langsung login. Namun, jika belum bisa pilih “Daftar”. Kamu harus isi nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email dan tentu saja password sebanyak 6 digit.
  • Setelah membuat akun lalu pilih login. Kemudian akan muncul di halaman depan aplikasi dari PLN Mobile.
  • Selanjutnya silahkan pilih tab “Informasi”, lalu ketuk “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  • Di halaman “Informasi Tagihan dan Token Listrik” akan tertera grafik naik-turun yang memperlihatkan pemakaian dan juga jumlah tagihan listrik kamu. Garis hijau menunjukkan jumlah tagihan pelanggan dalam Rupiah. Sedangkan garis kuning merupakan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.

Dari data yang tersedia di aplikasi tersebut, kamu bisa hitung besaran tagihan, apakah sesuai dengan pemakaian listrik yang dipakai atau tidak. Contohnya misal seperi ini, hitungan kasar untuk rumah tangga yang menggunakan daya 1.300 VA memiliki tarif dasar listrik sebesar Rp 1.467/kWh. Jadi, total pemakaian listrik dalam kWh meter tinggal dikali Rp 1.467, ditambah dengan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) 10 persen dan juga biaya materai Rp 3.000.

Cara pengaduan ke PLN soal tagihan listrik naik

Selain informasi tagihan, ada juga formulir pengaduan yang bisa kamu gunakan untuk memberikan aduan soal tagihan listrik yang tidak wajar. Aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang dapat dipilih pelanggan ketika ingin melakukan pengaduan.

Pelanggan juga dapat memilih melakukan chat live dengan customer service officer (CSO). Dan bisa juga mengubungi Contact Center PLN 123 tanpa melalui Voice Over Internet Protocol (VoIP) sehingga tidak akan dikenakan biaya. Atau bisa juga menelepon PLN 123 dengan jaringan GSM.

Selain itu pelanggan PLN juga bisa mengisi formulir pengaduan yang sudah disediakan. Pelanggan tinggal mengisi nomor IDPEL/Nomor Meter, jenis pengaduan, lokasi, deskripsi gangguan dan juga foto. Kamu juga bisa upload foto meteran sebagai bukti.

Setelah formulir pengaduan dikirim dan diproses, kamu bisa memantaunya sejauh mana penanganan masalah oleh PLN melalui aplikasi. Kamu juga dapat memberikan aduan melalui media sosial Twitter @pln_123 dan Facebook PLN 123. Semoga tips ini membantu ya.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *