Deretan HP Yang Crash Saat Gunakan Wallpaper Setan

  • Whatsapp
Deretan HP Yang Crash Saat Gunakan Wallpaper Setan

Tabloidselular.com – Sebuah foto danau dengan latar belakang pegunungan indah sedang viral di media sosial. Ini bukan foto sembarangan. Beberapa pihak menyebutnya berbahaya. Karena, kalau foto danau ini diset jadi wallpaper, dia bisa bikin HP Android jadi rusak.

Beberapa pengguna Android telah melaporkan ponsel mereka mogok setelah menjadikan foto danau itu sebagai wallpaper. Layar jadi berkedip mati dan nyala. Beberapa dari mereka harus kehilangan data karena terpaksa factory reset agar ponselnya kembali normal. Sejauh ini, ada beberapa merek dan tipe ponsel Android yang terpengaruh oleh foto yang disebut wallpaper ‘setan’ ini. Berikut daftarnya:

Read More

  • Samsung Galaxy S20 Ultra
  • Samsung Galaxy S10 5G
  • Samsung Galaxy A50s
  • Samsung Galaxy S10e
  • Google Pixel 2
  • Nokia 7 Plus

Melalui media sosial Twitter, sejumlah pengguna ponsel di atas telah melaporkan gangguan crash dan layar berkedip setelah menjadikan foto danau sebagai wallpaper. Foto yang mereka pakai jadi wallpaper itu berasal dan diunduh dari posting-an Twitter akun Ice Universe (@UniverseIce). Akun Twitter Ice Universe inilah yang pertama kali memberi tahu ada sebuah foto yang bisa bikin HP Android rusak. Dia juga memperingatkan agar orang-orang tidak ikut menerapkannya.

Yang menarik, ternyata tidak semua HP Android mengalami masalah ketika pakai wallpaper foto danau. kumparan TECH sendiri telah menerapkan wallpaper itu di Vivo S1 Pro dan Xiaomi Redmi Note 5. Alhasil, keduanya baik-baik saja. Blog teknologi Android Authority mencobanya pada Huawei Mate 20 Pro, yang juga tidak terpengaruh.

Pakar keamanan siber dari perusahaan Vaksincom, Alfons Tanujaya, menduga ada masalah dengan color profile foto ‘danau maut’ tersebut. Jika foto itu diterapkan sebagai wallpaper, dia akan mengakibatkan kendala pada operasional software Android pada perangkat tertentu. “Sebenarnya kalau color profile dari gambar tersebut dihilangkan, maka gambar tersebut aman dan tidak akan menyebabkan crash,” kata Alfons.

Ice Universe sendiri menemukan, bahwa ketika dia mengunggah foto danau ini ke media sosial Weibo asal China, dia menemukan bahwa ada warna yang berubah pada foto tersebut (Lihat foto pada tweet di atas). Jika pengguna mengunduh foto dari Weibo, dan menjadikannya sebagai wallpaper di ponsel, itu tidak akan membuat ponsel crash. Tetapi jika foto diunggah ke Twitter, dia tidak mengalami perubahan warna, dan tetap bikin ponsel crash kalau diterapkan sebagai wallpaper.

Saya curiga mungkin ini berhubungan dengan adanya color gamut, ujarnya. Peristiwa semacam ini pernah melanda aplikasi WhatsApp di Android. Di tahun 2017, pernah beredar pesan rangkaian numerik di aplikasi WhatsApp yang membuat ponsel Android jadi lemot atau membeku. Rangkaian numerik yang dimaksud adalah pesan berisi angka 4.0.4.0 dalam jumlah banyak.

Smartphone mendadak lemot setelah membuka pesan berisi rangkaian angka itu. Ada juga yang hang hingga membuat aplikasi WhatsApp berhenti bekerja secara paksa atau force close. Masalah yang terjadi kala itu adalah bug pada WhatsApp dan Android ketika memproses data berisi rangkaian angka dan simbol tertentu dalam jumlah besar. Hal ini dapat membebani memori aplikasi dan menyebabkan crash.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 comments