Evolusi Smartphone Yang Kamu Gunakan Dari Masa ke Masa

  • Whatsapp
Evolusi Smartphone Yang Kamu Gunakan Dari Masa ke Masa

Tabloidselular.com – Smartphone sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern pada saat ini. Smartphone juga telah membantu kita dalam berkomunikasi serta konektivitas ke tingkat yang lebih mudah serta cepat. Perangkat ini pun terus mampu berkembang pesat dengan dibekali beragam teknologi terbaru. Selama 30 tahun terakhir, smartphone selalu menyempurnakan fiturnya, baik dari sisi kamera, koneksi internet, atau user interface-nya.

Sejarah dan evolusi smartphone penting untuk dipahami. Kita akan mengetahui informasi soal dari mana dan kapan teknologi itu hadir. Mari simak penjelasan berikut untuk melihat evolusi smartphone dari generasi ke generasi:

Read More

1990 – 2000

Tahun 1994 menjadi awal penggunaan term atau istilah smartphone. Kala itu bertepatan dengan IBM yang merilis smartphone pertama dengan nama Simon Personal Communicator (SPC).

Baca Juga : Daftar Smartphone Dengan Kualitas Audio Terbaik Sampai Saat Ini

Meski belum terlalu modern dan ramping, perangkat ini membawa beberapa hal yang menjadi elemen pokok untuk setiap smartphone sampai sekarang. Misalnya, SPC dilengkapi dengan layar sentuh serta kemampuan untuk mengirim dan menerima email dan faks. SPC juga memiliki kalender, buku kontak, dan alarm.

Pada tahun 1999, Blackberry mampu melesat dengan meluncurkan smartphone nirkabel pertama yang jauh lebih modern. Peluncuran Blackberry saat itu juga mempengaruhi perubahan model fisik smartphone secara cukup signifikan.

Tahun 2000, smartphone terhubung dengan jaringan 3G. Dengan kata lain pada saat itu standar komunikasi seluler telah dibangun untuk memungkinkan akses perangkat elektronik portabel ke internet secara nirkabel.

Tahun 2000 – 2010

2001 menjadi tahun peluncuran camera phone pertama di Jepang. Nokia merupakan market leader pada persaingan para produsen smartphone saat itu. Pada 2003, Nokia menghebohkan dunia dengan perilisan N1100 yang meraih penghargaan Best Selling Mobile Phone of All Time. Amerika Serikat tidak tinggal diam dan ingin ikut meramaikan persaingan pasar smartphone.

Terbukti pada bulan Januari 2007, raksasa smartphone Apple. Inc hadir dan merilis iPhone. Steve Jobs selaku CEO Apple. Inc juga menaruh fitur toko App Store di dalam iPhone yang berisikan 552 aplikasi dan games.

Bulan November 2008 pun menjadi waktu yang bersejarah bagi Android. Untuk pertama kalinya, mereka ikut bergabung dalam persaingan smartphone dengan merilis G1 sebagai series pertama Android.

Tahun 2010 Hingga Sekarang

Secara mengejutkan, pada bulan April 2011, Android telah mengukuhkan posisinya sebagai most popular operating system mengalahkan berbagai para pesaingnya. Dengan jumlah pengguna yang sudah mencapai sebanyak 36,4% di seluruh dunia, Android membuat operating system Symbian harus turun ke posisi kedua yang mempunyai angka pengguna sebanyak 27,7%.

Pada bulan Desember 2011, Windows mundur dari persaingan smartphone lalu memutuskan untuk mengembangkan operating system untuk PC dan juga laptop. Januari 2012 dihiasi dengan kabar dari Jim Balsillie dan Mike Lizaridis selaku Co-CEO Blackberry yang mundur dan menutup perusahaan Blackberry. Momen ini menandakan persaingan secara global kini hanya melibatkan Android dan iOS Apple.

Desember 2013 menjadi saksi sejarah bahwa untuk pertama kalinya smartphone mempunyai 1 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan artian bahwa benda ini sudah memiliki posisi dan sangat dibutuhkan di masyarakat.

Januari 2016, Samsung memimpin pasar vendor ponsel pintar selama 16 kuartal berturut-turut. Dengan momentum yang masih berjalan lancar, Samsung terus menjadi market leader baru dalam penjualan smartphone di seluruh dunia.

Melihat fenomena di tahun 2020, produsen-produsen dalam industri smartphone seperti sedang bersiap. Di antaranya ada yang akan memulai debut dengan generasi baru dari produk terbaik mereka atau juga menyediakan fitur futuristic yang cukup lebih modern.

Apple iPhone XII akan melakukan pemutakhiran pada layar LCD saat ini menuju OLED interface. Apple juga tengah dikabarkan ingin merilis ponsel lipat pertamanya karena mereka tidak mau kalah dengan Microsoft yang sudah masuk kembali ke industri smartphone dengan fitur foldable phone.

Samsung kemungkinan akan merilis Galaxy berikutnya, S11, tetapi mereka juga dapat mencoba untuk memperbaiki produk ponsel lipatnya dengan memperkenalkan Galaxy Fold 2. Sedangkan Google Pixel 5, Sony Xperia 1R / 2, Nokia 10, dan Xiaomi Mi10 dikabarkan akan dirilis pada tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *