Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk HP Jadul Kamu Yang Jarang Di Pakai

HP Jadul

Tabloidselular.com – Hampir tiap bulan kita selalu menemui ada smartphone alias HP baru yang diluncurkan. Di saat itu pula, sering muncul keinginan untuk punya HP baru yang lebih canggih dengan segala fitur terkini. Tapi, terkadang ada dilema saat ingin membeli HP baru. Apakah HP lama harus dijual atau tidak. Apalagi kalau HP yang dipakai itu sudah terlalu lama hingga meninggalkan kenangan atau harga jualnya sudah sangat kecil. Jadi, rasanya sayang untuk dijual.

Nah, kalau kamu merasa seperti ini, mungkin kamu bisa memanfaatkan HP jadul itu untuk beberapa hal. Jadi, tidak dijual dan masih tetap bisa dipakai. Hanya saja, fungsinya jadi berbeda karena bukan lagi sebagai perangkat utama dalam berkomunikasi. Bisa dimanfaatkan untuk apa aja sih HP lama kamu? Simak tipsnya berikut ini.

Jadi webcam

Di masa pandemi seperti ini, kita sering menghadapi meeting virtual dari mana saja. Oleh karena itu, HP lama bisa dimanfaatkan juga untuk dijadikan webcam aplikasi video conference, seperti Zoom atau Skype. Ini dikarenakan kualitas kamera pada HP milikmu akan lebih dibandingkan webcam pada laptop.

Tempat penyimpanan foto

Koleksi foto memakan banyak tempat dalam memori suatu ponsel. Oleh karena itu, HP lama bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan foto-foto, supaya HP yang baru memorinya tidak penuh. Selain itu, kamu bisa membawa HP lamamu untuk berfoto di tempat-tempat yang riskan, seperti misalnya di pantai. Kamu tidak akan terlalu khawatir apabila HP lamamu jatuh.

Jadikan remote universal

Bagi pemilik HP Xiaomi, kita ketahui ada fitur yang bisa membuat HP jadi remote, mulai dari remote AC, TV, kamera, dan lainnya. Tapi ini juga bisa dilakukan dengan HP Android lain. Caranya mudah, kamu tinggal cari saja aplikasi remote control di Google Play Store.

Jadi kamera keamanan rumah

HP lama juga bisa dimanfaatkan sebagai kamera keamanan rumah lho. Download saja aplikasi kamera keamanan. Lalu, taruh HP lama itu di tempat yang ingin kamu pantau. Misalnya, saat kamu ada di rumah, letakkan HP di luar rumah dan tersembunyi untuk memantau siapa orang yang datang ke rumah.

Jadi pemutar musik

Bagi kamu pencinta musik dan tidak ingin menghabiskan baterai HP utama karena terus dipakai dengar musik, maka bisa manfaatkan HP lama sebagai music player. Kamu bisa download aplikasi-aplikasi pemutar musik andalan, seperti Spotify, kemudian diputar di HP lama kamu sepuasnya.

Mungkin masih ada hal lain yang bisa kalian lakukan dengan HP jadul kalian yang sebenarnya masih layak pakai namun sayang pula untuk dijual. Selama masih bermanfaat dan masih bisa digunakan, ya lebih baik dimaksimalkan saja. Semoga tips yang kami berikan ini akan berguna untuk kalian para pengguna smartphone.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *