Ini Yang Harus di Lakukan Agar Kamu Terhindar Dari Virus Corona

  • Whatsapp
Ini Yang Harus di Lakukan Agar Ponsel Kamu Terhindar Dari Virus Corona

Tabloidselular.com – Di tengah wabah dari COVID-19, ada ribuan kasus yang memang telah terjangkit virus tersebut. WHO juga telah menetapkan kalau wabah virus corona jenis baru atau biasa disebut dengan COVID-19 sebagai pandemi global.

Pengumuman tersebut dinyatakan oleh Direktur Jenderal WHO yaitu Tedros Ghebreyesus, di Jenewa, Swiss pada tanggal 11 Maret 2020. Penetapan status pandemi ini tidak main-main, penyebarannya begitu cepat dan luas hingga wilayang yang jauh dari pusat wabah.

Read More

Berdasarkan data dari John Hopkins CSSE, sebanyak 244,523 total kasus yang sudah terkonfirmasi virus corona dan 10,030 orang meninggal dunia secara global data per Jumat (20/3). Dengan belum ditemukannya ada vaksinasi, penasihat kesehatan saat ini telah menekankan pentingnya mencuci tangan dan membersihkan handphone atau ponsel pintar setiap 90 menit dengan disinfektan berbasis alkohol.

Melansir dari MissKyra pada Jumat (20/3), menurut Ravi Shekhar Jha, kepala departemen di Rumah Sakit Fortis Escorts Faridabad, metode terbaik untuk mendisinfektan ponsel adalah dengan melakukan pembersih dengan alkohol setiap 90 menit.

Baca Juga : Industri Smartphone Yang Anjlok Gara-Gara Virus Corona

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2018 oleh Insurance2Go mengungkapkan bahwa layar ponsel memiliki kuman tiga kali lebih banyak dari pada kursi toilet. Statistik dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa satu dari setiap 20 pengguna ponsel membersihkan ponsel mereka kurang dari setiap enam bulan.

Merek populer Apple dalam laman resminya, menyatakan bahwa setiap pengguna ponsel yang menggunakan produknya atau bahkan perangkat lain harus membersihkan ponsel dengan alkohol 70% atau clorox disinfektan wipes.

Penelitian lain dari University of Surrey di Inggris juga telah mendukung perlunya menjaga ponsel agar tetap bersih. Disebutkan pula bahwa tombol yang ada pada ponselmu mungkin menyimpan lebih banyak kuman yang berbahaya.

Virus corona dan juga kuman lain dapat hidup di permukaan misalnya seperti kaca, logam atau plastik dan telepon yang dipenuhi bakteri. Kita memang harus sering membersihkan tangan kita dan memastikan tangan kita selalu bersih setiap saat, kata Suranjeet Chatterjee. Ia adalah Konsultan Senior di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Indraprastha Apollo di kota New Delhi.

Tips Agar Bisa Tetap Bugar dan Aktif untuk Mencegah Corona

Kini, penyebaran virus corona atau COVID-19 sudah mulai meluas di puluhan negara termasuk Indonesia. Adanya virus ini membuat kita harus terus waspada serta menjaga agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terjangkit berbagai virus dan penyakit.

Penularan virus ini diketahui melalui terhirupnya droplet atau percikan cairan dari batuk atau bersin seseorang yang positif terjangkit. Lantas, bagaimana cara kita agar tubuh tetap bugar dan sehat supaya tidak mudah terjangkit virus corona?

Jaga Pola Makan

Di cuaca yang tidak menentu ini serta merebaknya virus corona di dunia, tentu sangat penting untuk memperhatikan pola makan Anda. Sebab apa yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh pada kesehatan Anda.

Selain itu sistem kekebalan tubuh anda juga membutuhkan vitamin serta mineral agar bisa berfungsi pada tingkat yang cukup optimal. Mengkonsumsi makanan yang sehat serta bervariasi sangat berpengaruh juga pada sistem kekebalan tubuh. Hal itu agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik dan membantu kita menjaga dari serangan penyakit.

Tetap berolahraga

Berolahraga yang rutin sangat berkontribusi terhadap kesehatan. Olahraga membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa 20 menit berolahraga secara ringan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh serta menciptakan respon anti inflamasi atau peradangan pada tubuh. Berada di bawah sinar matahari juga memberi Anda dosis vitamin D yang penting untuk tulang, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan memperkuat fungsi metabolisme.

Hindari Stres

Jika akhir-akhir ini ada hal-hal yang membuat Anda banyak pikiran, sebaiknya kurangi stres dengan hiburan, quality time bersama orang terdekat, atau dengan istirahat cukup. Sebab, mengurangi stres juga dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh yang normal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa stres kronis dapat menekan respons sistem kekebalan tubuh serta kemampuannya untuk melawan penyakit.

Minum Multivitamin

Penting juga untuk bisa melengkapi kesehatan Anda dengan mengonsumsi suplemen atau juga multivitamin. Sebab multivitamin memang dapat menambah kebutuhan nutrisi Anda apabila tidak bisa terpenuhi. Mengkonsumsi suplemen atau pun multivitamin juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Hal itu karena suplemen dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seharian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *