Peforma Gaming Di Smartphone Oppo Mulus Karena Cara Ini

smartphone

Tabloid Selular – Ketika bermain game mobile online, performa smartphone perlu optimal agar kita tetap kompetitif. Sedikit gangguan saat bermain game, entah itu layar yang kurang responsif atau frame rate yang turun, bakal membuat kita bisa dikalahkan oleh musuh di permainan.

Untuk mengatasi masalah itu, sebuah smartphone tak hanya membutuhkan hardware yang mumpuni. Ia juga perlu dilengkapi dengan sistem operasi yang dapat memaksimalkan kemampuan hardware-nya tersebut agar dapat bekerja secara efisien.

Oppo, misalnya, melengkapi kemampuan perangkat keras handphone buatan mereka dengan fitur Hyper Boost yang ada di sistem operasi ColorOS. Hyper Boost sendiri tersedia bagi pengguna ColorOS 5.2 ke atas dan telah aktif secara otomatis di perangkat Oppo yang digunakan.

Baca Juga : Oppo Kembali Membuat Gebrakan Dengan Teknologi 125 Watt Super Flash Charge

Menurut Senior Software Manager Oppo ColorOS, Kentas Ju, fitur Hyper Boost bekerja dengan dua cara. Pertama, fitur ini akan mengalokasikan sumber daya perangkat saat menjalankan aplikasi berat, sehingga kinerja smartphone akan fokus kepada aplikasi berat yang kita jalankan tersebut. Kedua, Hyper Boost juga akan mengoptimalisasi kecepatan loading aplikasi yang dibuka.

“Secara bersamaan, ini akan meningkatkan performa sistem CPU, GPU, RAM, ROM, modem, WiFi, dan display,” kata Kentas dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (15/7). “Jadi, memang tidak hanya gaming saja, tetapi untuk kapabilitas lain pun ditingkatkan.”

Kentas menambahkan, dalam kasus gaming, Hyper Boost akan meningkatkan kualitas gambar dan suara, menstabilkan frame rate, hingga mempercepat load speed dan launch speed yang membuat aplikasi game berjalan mulus tanpa lag. Selain itu, karena Hyper Boost ini memiliki kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya perangkat, konsumsi baterai ponsel pun akan jadi lebih irit.

Menurut data yang disampaikan Oppo, Hyper Boost mampu mengurangi konsumsi daya hingga 10 persen saat pengguna bermain game, sehingga masa hidup baterai memiliki durasi pakai yang lebih awet. Fitur ini juga tercatat mampu meningkatkan respons sentuhan layar sebesar 16,2 persen.

Tak hanya buat game, Hyper Boost juga membantu kinerja handphone secara keseluruhan. Oppo mencatat, fitur tersebut mampu meningkatkan kecepatan rata-rata loading aplikasi pihak ketiga sebesar 10-30 persen.

“Hyper Boost ini mendapatkan respons yang baik dari para third party apps developers. Banyak dari mereka yang mau dioptimasi aplikasinya,” kata Kentas. “Semenjak tahun lalu, ColorOS sudah membuka kesempatan untuk (para developer) melancarkan kunci-kunci kapabilitas yang bisa dioptimalisasikan lewat Hyper Boost.”

Hyper Boost sendiri saat ini telah memasuki generasi yang kedua. Kentas bilang, Oppo ColorOS sedang mengembangkan Hyper Boost 3.0 yang akan terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI). Dengan integrasi AI tersebut, nantinya Hyper Boost akan mempersonalisasikan pengaturan sumber daya perangkat sesuai dengan kebiasaan pemiliknya.

Nampaknya Oppo memang selalu berevolusi dan semakin berkembang dengan sistem operasi milik mereka. Dan ini tentu akan menjadi ancaman bagi OS yang lain terutama untuk Samsung di kategori smartphone android.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *