Perbandingan Biaya Produksi Dan Harga Jual Samsung S20 Ultra

Perbandingan Biaya Produksi Dan Harga Jual Samsung S20 Ultra

Tabloidselular.com – Samsung membanderol Galaxy S20 Ultra dengan harga Rp 18,5 juta. Namun, analisis terbaru dari Tech Insight menunjukkan bahwa biaya produksi varian tertinggi dari trio Galaxy S20 itu tak sampai setengah dari harga jualnya.

Tech Insight mengestimasi biaya produksi Galaxy S20 Ultra hanya seharga 528,5 dolar AS (sekitar Rp 7,5 juta). Estimasi ini dihasilkan setelah Tech Insight membongkar (teardown) seluruh komponen yang ada di Galaxy S20 Ultra. Bagian kamera jadi komponen paling mahal dari Galaxy S20 Ultra. Samsung diperkirakan perlu mengeluarkan uang 107,5 dolar AS (Rp 1,5 juta) untuk bagian ini.

Baca Juga : Satu Miliar Smartphone Android Terancam Di Retas Hacker

Dengan demikian, biaya kamera menyumbang 20 persen biaya produksi keseluruhan dari perangkat. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat Samsung memang menjadikan aspek fotografi sebagai andalan di Galaxy S20 Ultra.

Kamera belakang dari Samsung Galaxy S20 Ultra terdiri dari kamera utama yang beresolusi 108 MP (f/1.8) wide.Lalu ada lagi kamera 12 MP (f/2.2) ultra wide, 48 MP (f/3.5) telephoto dengan zoom 100x dan juga DepthVision Camera. Kamera depan Galaxy S20 Ultra sendiri beresolusi 40 MP dengan bukaan (f/2.2).

Komponen termahal kedua yang menguras kocek Samsung dalam membuat Galaxy S20 Ultra ada pada bagian prosesor. Menurut Tech Insight, Qualcomm Snapdragon 865 yang ada di perangkat tersebut bernilai 81 dolar AS (sekitar Rp 1,55 juta). Namun, seri Galaxy S20 yang memakai prosesor Snapdragon 865 hanya dipasarkan di negara Amerika Serikat. Sementara pasar lain memakai prosesor Exynos 990 buatan Samsung.

Procesor Terkencang

Snapdragon 865 sendiri jadi prosesor paling kebut yang dibuat Qualcomm saat ini. Dengan prosesor tersebut, Samsung dapat menyematkan fitur Single Take di kamera mereka. Fitur tersebut berguna untuk memproses berbagai foto dan video dalam satu kali tangkapan gambar. Bagian layar jadi komponen ketiga termahal di Galaxy S20 Ultra. Samsung diperkirakan perlu menghabiskan biaya 67 dolar (Rp 950.000) untuk membuat layar perangkat tersebut.

Layar Galaxy S20 sendiri memang membawa spesifikasi premium. Layar yang dipakai perangkat ini berjenis Dynamic AMOLED beresolusi 3200 x 1440 pixel seluas 6,9 inci. Samsung juga membawa fitur refresh rate mulus 120 Hz di bagian layar trio Galaxy S20.Bisa dibilang, tiga komponen termahal Galaxy S20 Ultra terdiri dari aspek yang diunggulkan Samsung pada smartphone tersebut.

Adapun untuk komponen lain, Samsung perlu mengeluarkan kocek sebesar 273 dolar AS (sekitar Rp 3,9 juta). Komponen lain ini terdiri dari baterai, konektivitas perangkat, memori internal, berbagai sensor, audio, hingga biaya pengujian akhir perangkat.

Perlu dicatat, harga yang disebutkan oleh Tech Insight adalah estimasi komponen yang mereka bongkar. Harga tersebut tidak termasuk biaya iklan serta ongkos penelitian dan pengembangan yang perlu Samsung keluarkan untuk Galaxy S20 Ultra.

You May Also Like

About the Author: admin

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *