Yang Unik-Unik Dari Oppo Reno Series Sampai Saat Ini

oppo reno

Tabloid Selular – Oppo telah memastikan kehadiran smartphone Oppo Reno 4 yang bakal meramaikan persaingan pasar smartphone Indonesia. Walaupun, belum ada tanggal atau waktu peluncuran resmi yang dikeluarkan oleh Oppo ke publik.

Perangkat Android seri Reno dari Oppo selalu dikenal dengan kombinasi spesifikasi premium dan harga yang tetap terjangkau. Oleh karenanya, menunggu hadirnya Oppo Reno 4 menjadi amat menarik.

Jika kita melihat ke belakang, ternyata ada banyak inovasi yang dibawa Oppo dalam seri Reno. Inovasi itu ada pada sektor performa hingga kemampuan fotografi yang hebat. Untuk mengenang seri Oppo Reno yang pernah ada, berikut beberapa data dan fakta terbaik yang terangkum di sini.

 Arti kata Reno

Kata Reno diambil dari singkatan ‘Creative’ and ‘Innovation’. Seri ini diharapkan Oppo dapat meningkatkan kreativitas pengguna, dengan membawa sejumlah inovasi baru di setiap serinya.

Dulu pernah disangka sub-brand baru Oppo

Di tahun 2019, sejumlah brand melakukan terobosan dengan membuat sub-brand smartphone. Waktu itu, Huawei punya Honor, lalu Xiaomi bikin Poco, Oppo pun bikin Realme. Ketika bocoran Reno mulai mengemuka ke publik, ia sempat disangka sebagai sub-brand baru Oppo. PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, kala itu menegaskan bahwa Reno adalah seri baru yang masih berada di bawah merek besar Oppo.

Titik balik fokus Oppo: Dari Selfie Expert ke Camera Phone

Oppo adalah pelopor smartphone selfie, yang dulu membuat merek ini mengusung tagline “Selfie Expert.” Di tahun kehadiran awal seri Reno, Oppo mengubah tagline itu menjadi “Camera Phone.” Perubahan ini membuat Oppo memfokuskan perangkatnya pada kemampuan fotografi yang tak hanya di kamera depan saja, tapi juga kamera belakang. Oppo memaksimalkan software dan artificial intelligence (AI) kameranya agar mendukung fotografi di segala kondisi, termasuk kondisi low light.

Reno, smartphone pertama Oppo yang pakai teknologi 10x Lossless Zoom

Salah satu teknologi canggih yang kita lihat di perangkat Reno seri awal adalah adanya kemampuan 10x Lossless Zoom pada kamera belakang. Ajang Mobile World Congress (MWC) tahun 2017 di Barcelona menjadi perkenalan pertama Oppo dengan teknologi zoom jarak jauh di smartphone. Saat itu, Oppo memamerkan prototype konsep “5x Dual Camera Zoom” yang terinspirasi oleh periskop kapal selam.

Baca Juga : Oppo Kembali Mengenalkan Produk Gadget Terbaru Mereka Di Pasar Dunia

Kemudian di MWC 2019, Oppo mengungkap teknologi pertama di dunia 10x Lossless Zoom yang kemudian hadir di Reno 10x Zoom. Ini adalah teknologi baru yang menampilkan struktur kamera tiga lensa terdiri dari lensa telephoto, ultra wide, dan kamera utama

Kehadiran Reno di Indonesia

Sekarang kita masuk ke Reno generasi pertama, yang rilis dengan nama Reno dan Reno 10X Zoom. Keduanya dirilis pada Juni 2019 dengan desain futuristik pada zamannya. Oppo mengungkapkan bahwa kehadiran Reno akan mengakhiri perangkat Oppo seri F dan R yang kala itu marak di pasaran. Setelah hadirnya Reno, Oppo fokus pada pengembangan tiga seri smartphone: Find, Reno, dan A.

Tak lama, Oppo kembali menggebrak pasar dengan menghadirkan Oppo Reno 2 dan Reno 2F. Kehadiran dua HP tersebut hanya berselang empat bulan sejak Oppo Reno meluncur di pasaran. Pada tahun 2020, Oppo juga merilis smartphone seri Reno berikutnya, Oppo Reno 3 dan Reno 3 Pro. Keduanya meluncur di Indonesia pada awal tahun 2020 dengan segala pembaruan teknologi.

Pada pertengahan tahun 2020 ini, pengguna setia Oppo kembali bersiap atas kehadiran seri Reno terbaru. Oppo telah memastikan bahwa Oppo Reno 4 akan segera meluncur ke pasar Indonesia dalam “hitungan minggu” pada awal bulan ini.

Kamera Depan

Teknologi fotografi menjadi keunggulan perangkat Reno. Hal ini sudah ditunjukkan sejak HP Oppo Reno dan Reno 10X Zoom pertama rilis hingga perangkat terbaru dari Oppo. Pada kamera selfie-nya, Oppo Reno pertama ini dilengkapi kamera 16 MP. Uniknya, Oppo menggunakan mekanisme kamera pop-up. Desain ini membuat HP tersebut kehilangan notch atau poni sehingga layar smartphone terlihat semakin luas.

Oppo Reno 2 dan Reno 2F ternyata tidak memiliki banyak perubahan ihwal teknologi kamera depannya. Kedua HP tersebut dilengkapi kamera 16 MP yang juga masih menggunakan mekanisme pop-up. Kedua perangkat tersebut disebut sudah mampu mengambil video dalam kualitas FHD.

Berbeda dari pendahulunya, Oppo Reno 3 dan Reno 3 Pro kompak meninggalkan mekanisme pop-up dan beralih ke desain notch. Teknologi kamera depan yang disematkan juga mendapatkan upgrade yang luar biasa.

Kamera depan Oppo Reno 3 dilengkapi dengan kamera beresolusi 44 MP. Sementara untuk Reno 3 Pro, dua kamera dengan resolusi 44 MP dan depth sensor 2 MP disematkan. Ini adalah dual-camera selfie pertama yang digunakan Oppo untuk perangkat seri Reno.

Sementara HP Oppo Reno 4, hingga hari ini belum ada bocoran ihwal teknologi kamera depannya. Namun tentu amat menarik untuk menunggu teknologi terbaru apa yang akan diberikan Oppo pada perangkat terbarunya tersebut.

Kamera Belakang

Tidak hanya untuk selfie, kamera belakang dari Oppo seri Reno juga selalu memberikan teknologi yang mumpuni. Setidaknya dua kamera selalu disematkan pada bagian belakang HP seri Reno. Oppo Reno pertama memiliki dua buah kamera belakang 48 MP dan 5 MP depth sensor. Sementara untuk Reno 10X Zoom, sesuai namanya HP ini memiliki kemampuan unik untuk melakukan pembesaran objek hingga 10 kali.

Untuk memperoleh kemampuannya itu, Oppo Reno 10X Zoom dilengkapi dengan lensa telephoto 13 MP. Selain itu, ada juga kamera utama 48 MP dan 8 MP wide-angle yang melengkapi kamera belakang Oppo Reno 10X Zoom.

Perangkat Oppo Reno 2 dan 2F menambah jumlah kamera belakangnya hingga empat buah kamera. Oppo Reno 2F dilengkapi kamera beresolusi 48 MP wide, 8 MP ultra-wide, 2 MP B/W, dan 2 MP depth sensor.

Sementara itu, Oppo Reno 2 dilengkapi kamera utama 48 MP, 8 MP ultra-wide, 2 MP portrait, dan lensa telephoto 13 MP. Lensa telephoto tersebut memiliki kemampuan hybrid zoom 5 kali dan digital zoom hingga 20 kali. Kedua smartphone ini sudah mampu merekam video berkualitas hingga 4K.

Perangkat Oppo Reno 3 dan Reno 3 Pro kembali mendobrak lewat teknologi fotografi yang ditawarkan. Melalui HP ini, Oppo memperkenalkan mode pemotretan Ultra Clear Mode 108 MP. Oppo Reno 3 dilengkapi kamera utama 48 MP, ultra-wide 8 MP, telephoto 13 MP (hybrid zoom 5 kali), dan depth sensor 2 MP. Adapun Oppo Reno 3 Pro menggunakan kamera utama 64 MP, ultra-wide 8 MP, telephoto 13 MP (hybrid zoom 20 kali), serta depth sensor 2 MP.

System on Chip (SoC)

Untuk urusan dapur pacu, Oppo juga tidak pernah main-main dalam melengkapi smartphone buatannya. Pabrikan China ini selalu memberikan prosesor terbaik untuk kelas perangkat seri Reno-nya.

Oppo Reno generasi pertama dibekali sebuah prosesor terbaik untuk kelas middle-to-high end pada masanya, Qualcomm Snapdragon 710. Sementara Oppo Reno 10x Zoom diberikan prosesor terbaik pada tahun 2019 yaitu Qualcomm Snapdragon 855.

HP Reno 2 dan 2F juga tidak ketinggalan menggunakan prosesor terbaik. Qualcomm Snapdragon 730 G menjadi prosesor perangkat Oppo Reno 2. Sementara Oppo Reno 2F menggunakan prosesor MediaTek Helio 70 untuk dapur pacunya.

Oppo kemudian beralih seluruhnya kepada prosesor MediaTek untuk perangkat Reno 3 dan Reno 3 Pro. Tercatat MediaTek Helio P90 dan P95 menjadi prosesor pilihan Oppo untuk melengkapi dapur pacu smartphone Oppo Reno 3 dan Reno 3 Pro.

Informasi ihwal prosesor apa yang pada akhirnya akan melengkapi Oppo Reno 4 belum mengemuka di publik. Pengguna setia Oppo masih harus menunggu beberapa pekan ke depan untuk mengetahuinya.

Baterai dan Pengisian Daya

Baterai teknologi fast charging juga menjadi salah satu aspek yang konsisten digunakan oleh Oppo. Hampir seluruh perangkat Reno mulai dari Oppo Reno hingga Oppo Reno 3 menggunakan teknologi fast charging VOOC 3.0 20 Watt.

Sementara untuk baterai, Oppo Reno pertama dibekali baterai 2.765 mAh yang sedikit lebih kecil dibandingkan baterai Oppo Reno 10x Zoom, 4.065 mAh. Sementara itu, Oppo Reno 2 dan 2F dibuat oleh Oppo dengan kapasitas baterai yang sama yaitu 4.000 mAh.

Pada perangkat Oppo Reno 3 dan Reno 3 Pro, kapasitas baterai keduanya ditambah menjadi 4.025 mAh. Dari aspek pengisian daya, ada perbedaan antara Oppo Reno 3 Pro dengan HP seri Oppo Reno sebelumnya.

Oppo Reno 3 Pro menjadi HP seri Reno pertama yang menggunakan fast charging VOOC 4.0 berdaya 30 Watt. Teknologi yang sama sudah dipastikan akan digunakan pada Oppo Reno 4. Meski begitu, Oppo juga membuka kemungkinan penggunaan teknologi VOOC berdaya 65 Watt.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *