Tips & Trick

3 Cara Membersihkan Jamur di HP Tanpa Bongkar

225
×

3 Cara Membersihkan Jamur di HP Tanpa Bongkar

Share this article
cara membersihkan jamur di HP

HP merupakan perangkat yang kita gunakan hampir setiap waktu. Seiring meningkatnya frekuensi penggunaan, semakin tinggi risiko tumbuhnya mikroorganisme seperti jamur. Untungnya, ada banyak cara membersihkan jamur di HP secara mudah tanpa perlu membongkar casing.

Simak langkah-langkahnya dari awal hingga akhir berikut ini!

Cara Membersihkan Jamur di HP secara Ampuh

Cara Membersihkan Jamur di HP Tanpa Bongkar 4

Ada beberapa alasan mengapa HP bisa berjamur. Salah satunya adalah tingkat kelembapan berlebihan dan juga kuman yang disebabkan oleh penggunaan sehari-hari. Alasan kedua adalah kontak HP dengan beberapa cairan seperti air, minyak, dan keringat. 

Apapun alasannya, jamur yang tumbuh di sekitar permukaan HP dapat berdampak negatif terhadap kesehatan perangkat ponsel Anda. Itulah mengapa Anda perlu membersihkan permukaan HP Anda dari waktu ke waktu.

Jika jamur sudah terlanjur tumbuh, jangan panik, ada banyak cara ampuh untuk membersihkannya dengan menggunakan alat yang bisa Anda temukan sehari-hari. Simak cara selengkapnya di bawah ini!

Cara Membersihkan Jamur di HP dengan Tisu Basah 

Metode yang satu ini merupakan cara yang paling umum dan paling mudah untuk membersihkan jamur di HP. Tidak sulit untuk mendapatkan tisu basah, Anda bisa membelinya di berbagai minimarket atau toko terdekat. 

Salah satu alasan mengapa tisu basah efektif untuk membasmi jamur di HP adalah karena berbeda seperti tisu kering, tisu bersih memiliki kandungan alkohol desinfektan yang ampuh untuk memberantas kuman dan mikroorganisme lain, termasuk jamur. 

Begini cara mudah membersihkan HP Anda dari jamur dengan tisu basah. 

  • Siapkan Tisu Basah 

Jenis tisu basah apapun bisa Anda gunakan untuk membersihkan HP Anda dari jamur. Tapi, kami merekomendasikan tisu basah yang memang dibuat untuk membersihkan lensa dari bakteri dan mikroorganisme lain. 

Anda juga bisa menggunakan tisu basah bayi untuk menjaga sensitivitas LCD jika banyak jamur muncul di atas layar. 

  • Usap Bagian yang Terkena Jamur Menggunakan Tisu

Pastikan Anda sudah membuka pelindung HP jika ada, kemudian matikan perangkat agar HP tidak konslet ketika Anda bersihkan. 

Gunakan tisu basah secara menyeluruh di permukaan HP hingga semua kotoran dan jamur sudah tergosok. Hati-hati ketika menggosok bagian layar agar tidak lecet.

Cara Membersihkan Jamur di HP Tanpa Bongkar 2 

  • Tunggu Sampai Kering 

Setelah Anda yakin semua jamur sudah bersih, silahkan tunggu hingga ponsel mengering. Setelah itu, seka lagi seluruh permukaan ponsel dengan tisu kering agar semakin bersih. 

Cara Membersihkan Jamur di HP dengan Hand Sanitizer

Penyanitasi tangan, atau hand sanitizer, merupakan alat lain yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan jamur di HP Anda. 

Cara kerjanya mirip dengan tisu basah. Namun, kali ini Anda perlu menyediakan lap, sapu tangan, atau tisu kering untuk mengaplikasikan cairan hand sanitizer ke permukaan HP. 

Kami menyarankan kain dengan serat halus untuk metode ini untuk mengurangi risiko friksi atau lecet. Bisa menggunakan kain lap kacamata jika tidak ada kain berserat halus lain. 

Seperti sebelumnya, pastikan HP sudah dalam keadaan mati ebelum mengikuti langkah-langkah berikut. 

  • Semprot Cairan Penyanitasi Tangan ke Kain 

Semprot hand sanitizer ke tisu atau lap atau kain yang sudah Anda persiapkan. Hindari menyemprot cairan secara langsung ke atas permukaan HP. Hal ini bisa berisiko merusak hardware-nya. 

  • Lap Semua Permukaan yang Terkontaminasi Jamur

Usap semua bagian HP sampai Anda tidak melihat jamur lagi. Lap sisa-sisa cairan hand sanitizer yang masih menempel dengan kain kering. 

Cara Membersihkan Jamur di HP Tanpa Bongkar 3

Cara Membersihkan Jamur di HP dengan Minyak Kayu Putih 

Tahukah Anda bahwa minyak kayu putih memiliki properti antibakteri dan antijamur yang cukup ampuh? Inilah alasan mengapa minyak kayu putih sering digunakan untuk membersihkan jamur di HP. 

Sama seperti cara sebelumnya, siapkan tisu atau kain dan pastikan HP mati sebelum mengikuti panduan berikut. 

  • Teteskan Sedikit Minyak Kayu Putih ke Kain 

Tidak perlu terlalu banyak, cukup setetes saja sebenarnya sudah cukup. Tambahkan cairannya jika dirasa kurang seiring pemakaian. 

  • Gosok Kain yang Sudah Berlumur Minyak Kayu Putih ke HP

Pastikan untuk menggosok bagian yang terkena jamur secara menyeluruh. Keringkan dengan tisu atau kain kering setelah selesai. 

Cara Membersihkan Jamur di HP Tanpa Bongkar 1

Sekian penjelasan beberapa cara membersihkan jamur di HP yang ampuh dan mudah Anda ikuti di rumah dengan perlengkapan sehari-hari yang gampang ditemukan. Semua metode ini bisa Anda lakukan tanpa membongkar perangkat HP, cukup mudah, bukan? 

Setelah membersihkan jamur di HP, ketahui juga cara menghilangkan embun di kamera hp untuk memastikan semua perangkat ponsel Anda aman dan nyaman saat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *