Tips & Trick

Cara Restart HP Realme, Bisa Tanpa Tombol Power

866
×

Cara Restart HP Realme, Bisa Tanpa Tombol Power

Share this article
cara restart HP realme

Mengetahui cara restart HP realme merupakan hal yang penting. Pasalnya, proses restart atau memulai ulang perangkat bisa memperbaiki beberapa isu yang kerap kali terjadi terhadap HP yang dipakai terlalu lama, entah karena HP nge-lag atau terkena galat. 

Biasanya, proses tersebut dilakukan dengan cara menekan tombol power agak lama hingga muncul pilihan untuk mematikan atau memulai ulang perangkat. Restart HP sendiri biasanya dikategorikan sebagai soft/warm restart yang merupakan cara restart pada umumnya dan hard/cold restart yang merupakan restart secara paksa. 

Pilihan kedua berguna di saat-saat emergensi seperti HP yang sedang error atau karena tombol power tiba-tiba tak berfungsi. Jika hal tersebut terjadi kepada Anda, jangan khawatir, karena ada juga beberapa alternatif cara memulai ulang HP realme tanpa bantuan tombol power. Ikuti langkah-langkahnya di artikel ini! 

Cara Restart HP Realme Tanpa Tombol Power

Salah satu fitur Realme yang paling bermanfaat ketika tombol power bermasalah adalah fitur aksesibilitas dan bola pintas yang bisa Anda aktifkan melalui pengaturan. Terlepas dari model Realme yang Anda gunakan, biasanya cara mengaktifkan fitur ini kurang lebih sama. Berikut langkah-langkahnya. 

Aktifkan Fitur Bola Pintas di Setelan/Pengaturan

Di Realme, Anda bisa mengaktifkan fitur bola melayang atau bola pintas yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif navigasi beberapa opsi esensial HP, termasuk tombol on/off. Fitur ini tidak memerlukan tombol untuk Anda gunakan, jadi bermanfaat di kala-kala tombol power rusak. Caranya cukup mudah. 

  • Pertama, buka Pengaturan atau Setelan > Setelan Tambahan. 
  • Dari situ, tinggal centang opsi “Hidupkan bola pintas.” 

cara restart HP realme

  • Efeknya Anda akan melihat tombol melayang di sisi kanan layar yang bisa Anda ketuk kapan saja jika perlu restart HP Realme tanpa tombol

Aktifkan Fitur Aksesibilitas di Pengaturan

Kekurangan bola pintas adalah tampilannya yang melayang di sisi layar. Ini kadang bisa mengganggu jika Anda sedang scrolling atau beraktivitas di layar. Jika Anda ingin fitur lain yang secara visual lebih non-intrusif, Anda bisa gunakan metode alternatif yang satu ini. 

  • Masih di Setelan, gulir layar Anda ke bawah hingga menemukan opsi Aksesibilitas. 
  • Setelahnya, buka Menu Aksesibilitas > Pintasan menu aksesibilitas. 

Aktifkan Fitur Aksesibilitas di Pengaturan

  • Aktifkan dan pilih izinkan ketika muncul popup-nya. 
  • Setelah muncul bola pintasan dengan motif orang, Anda bisa drag and drop bolanya sampai puas dengan posisinya. 

Anda juga bisa atur supaya pilihan aksesibilitasnya berada di pojok navigasi di bagian bawah layar dengan mengubah setelannya di Lokasi. Kerjanya sama seperti bola pintas, Anda bisa tap fitur ini tiap mau restart HP.

Cara Restart HP Realme Dengan Aplikasi 

Jika Anda tidak bisa menemukan opsi bola pintas navigasi secara default, Anda juga bisa instal aplikasi tambahan seperti Assistive Touch yang bisa di-download di Google Play. 

Cara Restart HP Realme Dengan Aplikasi

Setelah Anda memasang aplikasinya, akan muncul bola pintas di sisi layar. Gunakan fitur ini seperti sebelumnya jika ingin restart HP Realme tanpa tombol.

Cara Restart HP Realme lewat Laptop 

Metode ini termasuk cara yang paling ribet di antara solusi lain, karena harus mengaktif Developer Mode Android dan instal Android Debug Bridge. Namun, kami tetap masukkan ke artikel ini sebagai langkah alternatif yang bisa Anda pilih jika Anda mencari cara restart Realme lewat laptop secara aman dan praktis. 

Ikuti langkah-langkahnya secara seksama! 

  • Aktifkan Developer Mode lewat Pengaturan 

Di Setelan/Pengaturan, gulir hingga menemukan opsi Tentang HP. Dari situ Anda akan melihat opsi namanya Baseband & Kernel, atau yang juga dinamai sebagai Versi/Version di beberapa model HP Realme. 

Silahkan ketuk opsinya, cari Build Number dan tekan tujuh kali sampai muncul pilihan memasukan kata kunci atau pola buat unlock HP. Anda akan mengaktifkan Developer Mode dengan cara ini, yang akan terlihat dari pesan di bagian bawah layar. 

  • Aktifkan USB Debugging

Kembali ke laman Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Opsi Pengembang atau Developer Options. Setelah memasuki bagian ini, silahkan scroll hati-hati sampai menemukan USB Debugging. Klik OK ketika ditanya izin mengaktifkan. 

Lalu, download dan pasang Android Debug Bridge di laptop Anda. Jangan lupa download driver Realme-nya juga. 

Cara Restart HP Realme lewat Laptop

  • Sambungkan HP Realme Anda ke Laptop dengan USB

Dari sini, Anda bisa menyambungkan HP Anda terlebih dahulu ke PC menggunakan kabel USB. Setelah tersambung secara benar, buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows+R > Ketik “CMD” di kotak pencarian. 

Di kotak prompt, tulis ADB Devices untuk memastikan HP Anda sudah terhubung. Jika sudah, lanjut dengan mengetik ADB Reboot, dan HP Anda akan restart secara otomatis.

Kesimpulan

Restart perangkat merupakan salah satu solusi mudah untuk memperbaiki beberapa error yang HP Anda alami. Selain itu, restarting juga dapat menghapus “sampah” proses perangkat dan menjaga performanya agar tidak melambat seiring waktu. 

Jika tombol power Realme Anda bermasalah, beberapa cara restart HP Realme tanpa tombol power di atas akan membantu. Setelah ini, Anda juga bisa mengecek panduan cara menghidupkan hp tanpa tombol power  dan cara menghidupkan hp yang mati total jika membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *