Tips & Trick

4 Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Bongkar

245
×

4 Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Bongkar

Share this article
cara membersihkan speaker HP tanpa bongkar

Speaker merupakan bagian HP yang seringkali lupa dibersihkan. Padahal, seiring waktu, speaker HP juga bisa kotor dengan meningkatnya frekuensi pemakaian. Padahal, membersihkan speaker HP tidak perlu ribet, ada beberapa cara membersihkan speaker HP tanpa bongkar secara mudah. 

Membersihkan speaker HP dapat menyelesaikan beragam permasalahan audio yang kadang perangkat elektronik tersebut alami dan juga menjaga perangkat HP Anda lebih awet dan tahan lama. 

Jadi, mulai bersihkan HP Anda dengan langkah-langkah mudah berikut ini. 

Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Bongkar Secara Aman

Pertama-tama, pastikan HP Anda mati secara total untuk jaga-jaga agar ponsel tidak konslet saat Anda bersihkan. Selain itu, hindari juga penggunaan alat seperti jarum, cairan, pengering rambut atau kipas angin, dan juga serbuk pembersih. 

Hal ini karena alat-alat tersebut berisiko dapat merusak bagian dalam speaker atau mendorong debu dan kotoran masuk lebih dalam. 

Jika Anda ingin membersihkan speaker HP tanpa bongkar, cara-cara di bawah ini lebih aman. 

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Air dari HP untuk Semua Merek

Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Bongkar dengan Sikat Gigi

Ini adalah cara paling umum untuk membersihkan speaker HP secara aman tanpa bongkar. Yang Anda perlukan hanyalah menyediakan alat sikat kecil dengan bulu lembut, seperti sikat gigi atau kuas rias. Pastikan untuk menggunakan sikat atau kuas yang bersih dan belum terpakai. Setelah itu, ikuti panduan berikut dari awal hingga akhir. 

  • Lepaskan Pelindung atau Casing HP Jika Punya

Agar bisa leluasa membersihkan speaker HP, Anda perlu melepas casing atau pengaman HP terlebih dahulu. 

Cara Membersihkan Speaker HP 3

  • Gunakan Kuas yang Sudah Disediakan untuk Membersihkan Perangkat

Agar mudah melihat bagian yang harus dibersihkan, Anda mungkin bisa menggunakan senter. Bersihkan perangkat secara perlahan-lahan dan jangan lupa untuk menggoyang-goyangkan kuas juga di tengah-tengah proses pembersihan agar debu yang sudah disapu tidak masuk lagi. 

Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Bongkar dengan Selotip

Cara kedua untuk membersihkan speaker HP adalah dengan menggunakan selotip. Pastikan untuk memakai selotip yang daya lengketnya kuat. Seperti sebelumnya, pastikan sudah mencabut casing HP dan mematikan ponsel secara penuh. 

  • Cabut Sehelai Selotip dan Bentuk Menjadi Silinder

Pastikan untuk membuat ujungnya “runcing” dengan cara memelintir sisi yang akan Anda gunakan untuk membersihkan lubang speaker. Jangan lupa juga untuk mengarahkan bagian yang lengket ke sisi luar agar debu-debunya menempel ke selotip dan dapat tersapu bersih. 

  • Sapukan Selotip Perlahan-lahan ke Dalam Lubang Speaker

Lakukan secara hati-hati dan jangan sampai terlalu menekan selotipnya agar tidak merusak bagian dalam speaker

  • Cek Apakah Perlu Mengganti Selotip 

Jika speaker-nya kotor sekali, Anda mungkin perlu mengulangi langkah ini beberapa kali hingga semuanya bersih. Jangan lupa untuk secara konsisten mengecek apakah selotip yang Anda gunakan sudah terlalu penuh debu. Gunakan helai selotip baru jika diperlukan. 

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Speaker iPhone Tanpa Bongkar

Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Bongkar dengan Audio Khusus

Tahukah Anda bahwa beberapa audio dengan frekuensi tertentu dapat berguna sebagai “pembersih” speaker? Audio ini berfungsi sebagai pembersih dengan cara mendorong debu atau air keluar menggunakan getaran dari frekuensi khususnya. 

Metode ini mungkin tidak akan berguna untuk semua model HP, namun tetap bagus untuk dicoba! 

  • Cari “Audio Pembersih Speaker” di YouTube

Cara Membersihkan Speaker HP 5

Anda akan menemukan beberapa hasil pencarian audio pembersih beserta tutorial cara menggunakannya. Gunakan saja temuan pertama dengan views terbanyak yang Anda lihat. Ikuti instruksinya dan pastikan untuk HP tidak tersambung headset ketika audio ini dinyalakan agar audionya keluar lewat speaker

  •  Hadapkan Speaker ke Posisi Bawah 

Kemudian, mainkan audio dengan volume maksimum. Ulangi sampai kualitas suara terdengar jernih. Setelah itu, restart HP dan cek suara speaker lagi dengan lagu atau file audio lain. 

Cara Membersihkan Speaker HP Tanpa Bongkar dengan Tusuk Gigi dan Tisu

Cara yang ini agak sedikit berisiko karena memerlukan alat dengan ujung yang tajam. Namun, hal ini bisa Anda akali dengan membalut ujung tajamnya menggunakan tisu dan karet kecil . Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut.

  • Masukan sisi runcing tusuk gigi ke dalam lubang speaker.

Cara Membersihkan Speaker HP 4

  • Seperti alat lain, pastikan untuk tidak menekan terlalu dalam. 
  • Bersihkan debu dan kotoran secara pelan-pelan dan teliti dengan gerakan menyamping dan ke atas agar tidak merusak perangkat. 
  • Ganti tisu secara berkala jika mulai kotor dan ulangi prosesnya sampai tidak ada kotoran lagi terlihat di tisu. 

Jadi, itu dia beberapa cara membersihkan speaker handphone tanpa bongkar secara mudah dan aman. Membersihkan berbagai perangkat HP merupakan salah satu cara untuk merawat ponsel agar bisa berfungsi baik dalam jangka panjang. 

Selain speaker, dua bagian HP lain yang orang sering abaikan adalah kamera dan pelindung HP. Padahal kedua bagian ini bisa mengakumulasi kotoran dan jamur seiring waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *