Tips & Trick

5 Cara Mengeluarkan Air dari HP untuk Semua Merek

63
×

5 Cara Mengeluarkan Air dari HP untuk Semua Merek

Share this article
cara mengeluarkan air dari hp

HP Anda tidak sengaja jatuh ke dalam air? Jangan panik apalagi risau karena ada banyak cara mengeluarkan air dari HP yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Namun, tentunya ini tidak bisa Anda lakukan secara asal-asalan. Karena kalau salah, Anda komponen penting di dalam HP bisa saja mengalami kerusakan. 

Lantas, bagaimana cara mengeluarkan air dari HP yang tepat? Simak selengkapnya dalam pembahasan di bawah ini!

Masuknya air ke dalam handphone dapat menimbulkan kerusakan pada bagian kamera, speaker, port jack dan komponen internal HP. 

Cara Mengeluarkan Air dari dalam HP

cara mengeluarkan air dari HP

Meskipun mayoritas handphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi waterproof, tetap saja air yang masuk dapat merusak HP.

Kerusakan ini bisa saja menyebabkan kamera HP menjadi buram, speaker tidak dapat bekerja dengan baik dan rusaknya LCD. Bahkan, pada beberapa kasus, air yang masuk dapat menyebabkan HP mati total.

Karena itu, jika Anda tidak sengaja menjatuhkan HP ke dalam air, Anda bisa lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Langsung Matikan HP

matikan hp saat terendam air

Saat air masuk ke dalam HP, komponen internal di dalam handphone bisa saja mengalami konslet. Hal ini karena ada aliran listrik di dalam handphone Anda.

Karena itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah langsung mematikan HP Anda. Langkah ini penting untuk memutus aliran listrik yang dapat merusak HP Anda lebih parah.

2. Lepas Baterai HP dan Keringkan

cara mengeluarkan air dengan melepas baterai hp

Sesaat setelah HP Anda mati, segera lepaskan baterai untuk memutus daya listrik yang berasal dari handphone. Lepaskan pula memory card dan kartu SIM Anda.

Jika semua bagian penting sudah Anda lepas, gunakan kain bersih atau tisu untuk mengeringkan HP Anda. Ingat, hanya boleh dengan kain, jangan gunakan hairdryer!

Pastikan pula kain atau tisu yang Anda gunakan bersih dan tidak berbulu. Selain itu, jangan gosok atau usap bagian dalam handpone karena ini bisa merusak komponen yang ada. Cukup tempelkan kain atau tisu di bagian yang basah.

Baca Juga: Cara Membersihkan Casing HP Semua Jenis

3. Simpan di dalam Beras Kering atau Ruangan Terbuka

mengeluarkan air dari hp dengan beras kering

Cara di atas memang tidak berlaku pada handphone dengan baterai tanam. Cara mengeluarkan air dari HP baterai tanam yang bisa Anda lakukan adalah menyimpannya di dalam beras kering selama 24 jam. 

Selain itu, Anda juga bisa simpan HP di ruangan terbuka. Kedua cara ini memang tidak bisa mengeluarkan seluruh air yang ada di dalam HP. Namun, setidaknya ini bisa sedikit membantu menyerap air yang ada.

4. Gunakan Suara untuk Mengeluarkan Air dari Speaker

mengeluarkan air dari speaker hp

Saat air terjatuh ke dalam air, biasanya speaker handphone juga akan bermasalah. Hal ini membuat suara yang keluar dari speaker menjadi tidak jelas.

Jika ini terjadi pada handphone Anda, cara mengeluarkan air dari speaker HP yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan suara. Anda bisa putar lagu yang up-beat dengan volume maksimal.

Suara ini nantinya akan menghasilkan getaran yang dapat mendorong air di dalam speaker HP untuk keluar. 

5. Bawa HP ke Service Center

keluarkan air dari hp di service center

Apabila keempat cara di atas tidak ada yang berhasil mengatasi handphone Anda, sebaiknya segera bawa HP ke service center.

Kembali lagi, keempat cara di atas belum tentu efektif untuk mengeluarkan seluruh air yang ada di handphone. Terutama bagian tertutup seperti kamera dan komponen di dalam HP.

Untuk itu, cara mengeluarkan air dari kamera HP dan bagian dalam yang terakhir adalah dengan membawanya ke service center.

Gunakan HP dengan Hati-Hati!

Cara mengeluarkan air dari HP di atas memang tidak sepenuhnya bisa menyelamatkan handphone dari kerusakan. Terutama, apabila jumlah air yang masuk cukup banyak.

Namun, setidaknya cara-cara di atas dapat membantu mengurangi kadar air yang masuk. Meski masih bisa diselamatkan, ada baiknya Anda menghindari air saat menggunakan handphone.

Selain itu, jangan simpan handphone di tempat yang bisa terkena air. Dengan begitu, Anda bisa menjaga handphone Anda agar tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *