Tips & Trick

Cara Membersihkan Casing HP Semua Jenis

59
×

Cara Membersihkan Casing HP Semua Jenis

Share this article
cara membersihkan casing hp

Seberapa sering Anda membersihkan casing HP? Jika jarang, bisa dipastikan casing HP Anda sekarang sudah sangat kotor dan muncul noda kuning. Padahal, ada banyak cara membersihkan casing HP yang mudah.

Membersihkan softcase atau hardcase secara rutin itu penting supaya ini tidak jadi sumber kuman untuk Anda. Kalau bersih, softcase handphone Anda juga lebih enak dipandang.

Supaya casing smartphone Anda kembali bersih seperti baru, Anda bisa simak pembahasan berikut ini!

Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor

cara membersihkan casing hp yang kotor

Sandal karet yang Anda gunakan bertahun-tahun, lama-kelamaan pasti akan kotor. Muncul bercak, noda dan sebagainya. Sama halnya dengan casing handphone Anda.

Bertahun-tahun bersentuhan dengan tangan, telinga, meja dan sebagainya, jelas akan membuat casing menjadi kotor. 

Beberapa juga ada yang menguning, seperti softcase atau hardcase berbahan bening. Supaya kembali bersih, Anda bisa lakukan cara-cara berikut ini!

1. Lap dengan Alkohol 70%

alkohol dapat membersihkan casing hp

Tanpa Anda sadari, softcase atau hardcase HP cukup sering terkontaminasi. Kenapa bisa? Hal ini karena casing handphone sering menempel di berbagai tempat, yang mana belum tentu bersih.

Ini juga yang membuatnya cepat kotor. Karena itu, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin membersihkan atau mengelap casing Anda dengan alkohol 70%. 

Ini penting supaya kuman yang ada hilang dan tidak menempel lagi di casing. Kalau tidak ada alkohol 70% di rumah, Anda bisa gunakan handsanitizer.

2. Cuci dengan Sabun

membersihkan casing hp dengan sabun

Menggunakan alkohol 70% memang dapat membersihkan casing HP. Namun, terkadang ini tidak bisa menghilangkan noda tertentu.

Jika seperti ini, cara membersihkan casing HP karet maupun hardcase bisa dengan merendamnya dalam air hangat dan sabun cuci piring.

Cukup rendam case HP selama beberapa menit untuk meluruhkan noda. Lalu, gosok casing hingga nodanya hilang dan bilas. Cukup mudah, bukan?

3. Gosok dengan Minyak Kayu Putih

 membersihkan casing hp dengan minyak kayu putih

Selain sabun cuci piring, minyak kayu putih atau baby oil juga bisa membersihkan beberapa kotoran di casing. Misalnya seperti bekas lem atau noda lain yang sedikit tebal.

Cara membersihkan casing HP dengan minyak kayu putih ini sangat mudah. Anda hanya perlu tuangkan minyak kayu putih atau baby oil secukupnya ke kapas. 

Lalu, gosokkan pada bagian yang kotor. Lakukan berulang kali hingga kotoran hilang.

Baca Juga: 3 Cara Cek LCD Realme untuk Semua Seri

4. Gunakan Campuran Baking Soda dan Cuka

 campuran baking soda dan cuka dapat membersihkan casing hp

Jika casing Anda bening, biasanya sabun maupun minyak kayu putih sulit meluruhkan noda kuning yang menempel.

Untuk itu, cara membersihkan casing HP bening yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan cuka.

Sifat asam pada cuka dan basa pada soda kue, dapat meluruhkan kotoran yang ada di casing.[1] Anda hanya perlu membiarkannya beberapa menit dan menggosoknya hingga bersih.

5. Gosok dengan Garam dan Pasta Gigi

membersihkan casing hp dengan pasta gigi dan garam

Memang, tidak semua orang memiliki bahan pada poin ke-4 di rumah. Kalau seperti ini, cara membersihkan casing HP yang menguning bisa dengan campuran garam dan pasta gigi.

Garam seringkali digunakan sebagai pembersih karena sifatnya yang abrasif, begitu pula dengan pasta gigi. Sehingga, campuran keduanya bisa ampuh untuk meluruhkan noda kuning pada casing bening.

Cara menggunakannya tidaklah sulit. Cukup gosokkan campuran garam dan pasta gigi pada casing. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, gosok dan bilas hingga bersih.

6. Rendam dalam Air Hangat dan Pemutih

membersihkan case hp dengan pemutih

Cara terakhir untuk membersihkan softcase maupun hardcase HP Anda adalah dengan merendamnya dalam air hangat dan pemutih.

Sebetulnya, cara ini tidak terlalu dianjurkan oleh banyak pihak karena sifat abrasifnya bisa merusak bahan casing. Namun, bila konsentrasinya tidak terlalu tinggi, Anda bisa mencoba cara ini.

Anda hanya perlu mencampurkan pemutih secukupnya ke dalam air hangat, lalu rendam casing handphone Anda. Setelah beberapa saat, Anda bisa gosok dan bilas hingga bersih.

Bersihkan Casing secara Rutin!

Meskipun sudah Anda bersihkan, casing pasti akan kotor lagi setelah Anda gunakan. Karena itu, jangan malas untuk membersihkannya supaya nodanya tidak menumpuk.

Anda bisa coba salah satu cara membersihkan casing HP di atas. Setidaknya, rutin lap casing dengan alkohol atau handsanitizer untuk membasmi kuman yang menempel.

Jika alkohol kurang bersih, barulah Anda coba cara lainnya untuk membersihkan. Dengan begitu, casing selalu bersih dan handphone jadi lebih nyaman untuk Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *