Tips & Trick

3 Cara Cek LCD Realme untuk Semua Seri

72
×

3 Cara Cek LCD Realme untuk Semua Seri

Share this article
Cara Cek LCD realme

zLCD (Liquid Crystal Display) adalah komponen kunci dalam smartphone, termasuk perangkat Realme. Mengetahui cara cek LCD realme dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah potensial dan memastikan pengalaman pengguna yang optimal. 

Artikel ini akan memberikan panduan praktis tentang cara cek LCD Realme agar Anda dapat dengan mudah menentukan apakah layar perangkat Anda dalam kondisi baik atau memerlukan perhatian lebih lanjut.

Cara Cek Kondisi LCD realme 

Cara Cek LCD realme

Pemeriksaan kondisi layar sentuh pada ponsel Realme dapat Anda lakukan melalui fitur bawaan yang telah tersedia di perangkat. Sebagai alternatif, Anda dapat memeriksa layar sentuh HP Realme dengan menggunakan aplikasi tambahan yang khusus untuk membantu pengguna ponsel pintar modern.

Secara lebih lengkap, berikut adalah langkah-langkah mengecek kondisi LCD realme secara fisik, menggunakan kode rahasia, dan juga menggunakan aplikasi tambahan.

Baca Juga: 4 Cara Cek IMEI Realme Asli atau Tidak, Semua Tipe

1. Cara Cek Kondisi LCD Secara Fisik

Cara Cek LCD realme

Cara test touch screen Realme ini sangatlah mudah dan bisa Anda lakukan tanpa mengakses apa pun. Mengecek kondisi LCD secara fisik dapat Anda lakukan dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Perhatikan Tanda-tanda Fisik

Periksa layar secara menyeluruh untuk melihat adanya retak, goresan, atau bintik yang tidak biasa. Tanda-tanda fisik ini dapat memberikan indikasi awal tentang kondisi LCD.

  • Uji Layar Sentuh

Sentuh setiap bagian layar untuk memastikan respons yang baik. Jika ada area yang tidak merespons atau merespons dengan lambat, itu bisa menjadi tanda masalah dengan LCD atau layar sentuh.

  • Perhatikan Warna dan Kecerahan

Buka gambar dengan berbagai warna dan intensitas cahaya. Perhatikan apakah semua warna muncul dengan jelas dan apakah kecerahan layar sesuai dengan pengaturan yang telah diatur.

  • Periksa Sudut Pandang

Putar ponsel dalam berbagai sudut untuk memastikan tampilan layar tetap jelas. LCD yang baik seharusnya tidak mengalami perubahan signifikan dalam kualitas tampilan saat Anda lihat dari sudut yang berbeda.

2. Cek Kondisi LCD Menggunakan Kode Rahasia Realme

Realme menyediakan beberapa kode rahasia yang dapat memberikan informasi detail tentang perangkat, termasuk kondisi layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi panggilan pada ponsel dan masukkan kode rahasia realme `*#*#899#*#*`
  • Setelah memasukkan kode tersebut, Anda akan diarahkan ke menu pengujian. Pilih opsi “Manual Test” untuk menampilkan pilihan pengujian layar.

Kode Rahasia Realms

  • Di dalam menu pengujian, cari dan pilih opsi “Screen Unit Test” yang terletak di halaman Assembly Test. Ini akan memungkinkan Anda untuk memeriksa berbagai aspek dari layar, termasuk warna, piksel mati, dan respons sentuhan.   
  • Selanjutnya, untuk melakukan test touchscreen, pergi ke halaman Device Debugging, kemudian pilih Touchscreen.

Jika ada warna yang tidak muncul dengan benar atau ada area layar yang tidak merespons, itu bisa menandakan ada masalah dengan LCD. 

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme Semua Seri

3. Cek LCD melalui Aplikasi di Google Play Store

Google Play Store menyediakan beragam aplikasi untuk memeriksa kondisi layar sentuh pada ponsel Realme. Secara keseluruhan, cara penggunaan serupa, meskipun ada perbedaan dalam kelengkapan pengujian antara satu aplikasi dengan yang lainnya.

Beberapa contoh aplikasi yang dapat Anda gunakan yaitu Multi Touch Screen, Fix Dead Pixels, Touchscreen Test, dan Display Tester. Di sini, kami akan merekomendasikan Display Tester.

Kelebihan Display Tester adalah bisa digunakan di berbagai jenis layar, seperti AMOLED, LCD, maupun OLED.

Berikut adalah langkah-langkah cek layar hp realme C2 dan tipe lainnya menggunakan aplikasi Display Tester

  • Pertama-tama, unduh aplikasi Display Tester melalui Google Play Store.

Cara Cek Layar Hp realme C2

  • Pastikan aplikasi dapat terinstal di ponsel Realme Anda.
  • Buka aplikasi dan pilih menu pengecekan Touchscreen.
  • Selanjutnya, ikuti langkah-langkah pengecekan.

Jika hasilnya normal, Anda akan menerima notifikasi bahwa semuanya berjalan dengan baik. Namun, jika ada masalah, aplikasi biasanya akan memberikan informasi tentang jenis kerusakan yang terdeteksi.

Kesimpulan

Memeriksa kondisi LCD Realme secara fisik dan dengan menggunakan kode rahasia adalah langkah penting untuk memastikan kinerja optimal perangkat. 

Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk menjaga kualitas tampilan dan fungsionalitas layar ponsel Realme Anda. Jika Anda menemukan masalah atau memiliki kekhawatiran, segera hubungi pusat layanan resmi Realme untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dengan memahami cara cek LCD realme ini, tentunya pengguna dapat mendeteksi potensi masalah lebih awal dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk pemeliharaan atau perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *