Tips & Trick

Akurat! 5 Cara Cek Umur HP Iphone dan Android yang Praktis

125
×

Akurat! 5 Cara Cek Umur HP Iphone dan Android yang Praktis

Share this article
cara cek umur hp

Sudahkah Anda tahu cara cek umur HP Anda sendiri? Jika belum, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai habis.

Mungkin tak banyak orang yang tahu bagaimana cara cek usia HP masing-masing, karena ini memang bukan hal yang cukup penting.

Tapi, misal Anda beli HP seken, cukup penting untuk tahu sejak kapan HP tersebut dipakai.

Artikel ini akan menunjukkan Anda bagaimana cara cek umur HP Iphone serta android berbagai merek. Simak infonya dan buktikan langsung ke HP Anda.

Cek Umur HP Pakai Kode Dial

Kalau mau cek umur HP Samsung, dengan cepat, rekomendasi terbaik yaitu pakai kode dial.

Jadi, Anda cukup mengetikkan kode seperti saat mau cek pulsa. Hasilnya langsung terlihat dengan cepat di layar.

Kode dial untuk cek umur pemakaian HP yaitu: *#12580*369#.

Masukkan kode di atas pada menu dial, lalu layar akan menampilkan info tentang smartphone Anda.

cek umur hp samsung kode dial

Di antara info tersebut terdapat kode bertuliskan RF Cal. Pada contoh di atas, RF Cal: 2020.06.22, berarti HP tersebut dibuat pada 22 Juni 2020.

RF Cal berarti Radio Frequency Calibration, yang artinya waktu di mana frekuensi radio HP tersebut dikalibrasi. Proses kalibrasi ini biasanya terjadi saat proses produksi atau quality control (QC).

Kekurangan metode ini, belum tentu kode dial tersebut cocok untuk tipe ponsel Anda. Dari hasil pengujian, kode ini hanya berlaku di HP Samsung, tidak bekerja di HP Asus dan Infinix, serta belum dites di HP lainnya.

Untuk merek HP lainnya, bisa pakai cara selanjutnya.

Baca Juga: Apa Itu IP Rating pada HP? Standar Perlindungan Perangkat

Cek Tahun Pembuatan HP Pakai Aplikasi

Kalau HP Anda tidak bisa menggunakan kode dial di atas, maka cara selanjutnya yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi.

Pakai aplikasi ini sangat cocok untuk cek umur hp Oppo, Vivo, Infinix, dan berbagai merek lain.

Rekomendasi aplikasi cek umur HP terbaik untuk Android yaitu Phone Info dari Uax.io. Aplikasi ini gratis,  berukuran kecil (kurang dari 1MB), dan hanya memuat iklan yang sangat minim.

Pasang aplikasi di perangkat Anda, lalu nyalakan. Tidak perlu login, hanya perlu memberikan izin tertentu.

Pada tab “Device”, Anda bisa menemukan baris “First seen”. Itu bukan waktu rilis HP, tapi bulan dan tahun perangkat Anda terdaftar.

cek umur hp android

Sebagai contoh, pada pengujian di HP ASUS Zenfone Max Pro M1 yang rilis di Indonesia bulan April 2018, data aplikasi menunjukkan “First seen: May 2018. Berarti HP yang sedang dalam pengujian ini diproduksi sebulan setelah rilis.

Aplikasi ini bisa Anda pakai untuk segala merek dan tipe HP, tapi hanya ada di Android Playstore. Jadi, untuk Anda yang menggunakan Iphone, bisa mencoba cara berikutnya.

Cek Manufacturing Date Pakai Serial Number

Cek umur HP Iphone bisa dengan menggunakan serial number untuk mengetahui tanggal pembuatan.

Untuk mendapatkan nomor seri Iphone, Anda bisa masuk ke menu Setting > General > About. Di layar bagian atas langsung tertera serial number yang Anda cari.

Catat atau tekan dan tahan tepat di nomor seri tersebut untuk menyalinnya. Kemudian, kunjungi website SNDeep.info.

Masukkan nomor seri yang Anda salin lalu tekan tombol “Check”.

Di halaman hasil, gulirkan halaman sampai ke bagian “Manufacture Information” dan lihat “Estimated Production Date” atau tanggal perkiraan produksi.

cek umur hp lewat serial number

Website ini bekerja sangat baik untuk Iphone, tapi untuk HP Android, sering tidak bisa memberikan data lengkap, termasuk tanggal produksi.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan cara selanjutnya.

Baca Juga: 7 Perbedaan Layar IPS dan AMOLED HP, Mana yang Lebih Bagus?

Cek Umur HP lewat Masa Garansi

Mengetahui umur HP lewat masa garansi termasuk cara yang spesifik, tergantung merek HP masing-masing. Tapi, langkah intinya tetap sama.

Pertama, temukan tanggal terakhir masa berlaku garansi lewat IMEI atau nomor seri HP tersebut. Caranya, Anda bisa cek ke menu Setting > About Phone atau System.

Bisa juga dengan kode dial *#06# yang berlaku untuk semua HP Android.

Selanjutnya, pergi ke halaman cek garansi masing-masing merek. Untuk itu, Anda perlu pakai Google. Masukkan keyword “Check warranty [MERK HP] Indonesia.

cek umur hp lewat masa garansi

Pilih yang resmi atau official. Misal, kalau HP Anda Asus, akan muncul halaman cek garansi resmi dari ASUS. Tapi, kalau HP Anda Infinix, Itel, atau Techno, maka muncul halaman cek garansi resmi dari Carlcare.

Pergi ke halaman tersebut dan masukkan IMEI atau serial number (S/N) HP Anda. Di laman hasil, Anda bisa menemukan tanggal habis masa garansi.

Garansi HP biasanya berlaku hingga 1 tahun. Jadi, kalau di contoh, tanggal habis garansi = 12 Oktober 2022, maka waktu aktivasi ponsel = 12 Oktober 2021. Jadi, misal sekarang Desember 2023, maka usia HP aktif = 2 tahun lebih.

Cek Tanggal Produksi HP di Label dan Kemasan

Pada HP tertentu, biasanya tanggal produksi sudah ikut tercantum dalam label atau stiker pada HP saat pembelian atau di kardus kemasan.

Ada beberapa kode yang biasanya produsen gunakan, di antaranya: MFD, Mfg Date, Date of Mfg, DOM, Production Date, dan lainnya. Semuanya merujuk pada tanggal pembuatan/perakitan.

cek tanggal produksi hp

Cara ini sangat akurat. Sayangnya, tidak semua HP mencantumkan tanggal produksi dalam label atau kardus kemasan.

Selain itu, cukup jarang orang yang menyimpan label dan kemasan kembali dengan rapi setelah melakukan unboxing. Jadi, cara ini tidak terlalu disarankan.

Cara cek umur HP di atas sudah teruji semua dan terbukti akurat. Jadi, tak perlu bingung lagi harus apa kalau mau tahu sudah seberapa tua HP Anda.

Ingin mendapatkan info terkini dan akurat lainnya soal gadget dan teknologi terkini? Kunjungi TabloidSelular.com untuk informasi update dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *