Tips & Trick

4 Cara Cek IMEI Realme Asli atau Tidak, Semua Tipe

73
×

4 Cara Cek IMEI Realme Asli atau Tidak, Semua Tipe

Share this article
Cara Cek IMEI realme

Pada era teknologi seperti sekarang, smartphone menjadi salah satu kebutuhan pokok. Bagi pengguna Realme, mengetahui cara cek IMEI Realme menjadi penting. 

Mengecek IMEI langkah penting untuk memastikan keaslian perangkat dan keamanan penggunaan. 

Artikel ini akan membahas cara mudah dan cepat untuk melakukan pengecekan IMEI pada perangkat Realme. Namun sebelum itu, pahami terlebih dahulu mengapa cek IMEI sangatlah penting.

Pentingnya Cek IMEI pada Ponsel

Cek IMEI realme

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap perangkat mobile. Pentingnya cek IMEI pada perangkat mobile, seperti smartphone, tidak dapat Anda abaikan karena melibatkan aspek keamanan dan legalitas. 

Mengecek IMEI Realme bukan hanya sekadar formalitas, tetapi juga untuk keamanan pengguna. 

Dengan mengetahui nomor IMEI, pengguna dapat memastikan bahwa perangkat yang digunakan bukanlah produk ilegal atau terlibat dalam aktivitas ilegal. 

Selain itu, pengecekan IMEI juga dapat membantu melacak perangkat yang hilang atau dicuri. Dengan mengetahui nomor IMEI, pengguna dapat bekerja sama dengan penyedia layanan atau pihak berwenang untuk melacak dan mengambil kembali perangkat mereka.

Dalam keseluruhan, cek IMEI adalah langkah proaktif yang dapat diambil oleh setiap pemilik perangkat mobile untuk memastikan keamanan, keaslian, dan perlindungan data pribadi mereka. 

Hal ini juga berkontribusi pada upaya penyelidikan dan penanganan perangkat yang terlibat dalam kegiatan ilegal. Dengan demikian akan memberikan dampak positif pada keamanan dan integritas ekosistem perangkat mobile secara keseluruhan.

Pengecekan IMEI juga dapat membantu pengguna mendapatkan dukungan teknis yang tepat dan memastikan bahwa perangkat masih berada dalam masa garansi. Produsen dan penyedia layanan dapat merespons lebih baik ketika nomor IMEI yang valid tersedia.

Baca Juga: Cara Kunci 4G Realme untuk Semua Tipe

Cara Cek IMEI Realme Terdaftar

Terdapat berbagai opsi yang dapat Anda pilih untuk melakukan cek IMEI realme sebelum melakukan pembelian. Berikut beberapa pilihan cara yang dapat Anda pilih.

1. Cek di Pengaturan

Cara pertama yaitu menggunakan menu “Pengaturan” di mana Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk mengeceknya.

  • Buka menu “Pengaturan”.
  • Pilih opsi “Tentang Perangkat.

Cara Cek IMEI realme

  • Cari dan ketuk pada opsi “Status.”

Cara Cek IMEI realme

  • Di sini, Anda akan menemukan nomor IMEI perangkat.

Jika Anda belum juga yakin, Anda bisa cek nomor IMEI tersebut ke https://www.realme.com/id/support/phonecheck. Kemudian, lihat apakah informasi yang tertera sudah sesuai dengan ponsel Anda atau belum.

2. Cek di Kotak Perangkat

Jika Anda masih menyimpan kotak perangkat Realme, cek bagian belakang atau samping kotak. Nomor IMEI biasanya tercetak dengan jelas di sana.

Cara Cek IMEI realme

Setelah menemukan nomor IMEI yang terdiri dari 15 digit, Anda dapat segera mengunjungi situs https://www.realme.com/id/support/phonecheck. Di laman tersebut, arahkan perhatian pada kolom “Masukkan Nomor IMEI atau SN”. 

Masukkan seluruh nomornya dengan lengkap dan jelas, hindari kesalahan. Setelah itu, klik “Cek”. Tunggu sejenak, dan informasi tentang ponsel Anda akan muncul secara langsung.

Baca Juga: Cara Merekam Layar di HP Realme Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Menggunakan Dial Number

Setiap jenis ponsel dan merek memiliki kode khusus yang harus dimasukkan pada saat mengecek kode IMEI. Untuk ponsel realme, Anda dapat memasukkan kode *#06#. 

Secara lebih lengkap, langkah-langkahnya mengecek kode IMEI dengan kode khusus, yaitu:

  1. Pastikan ponsel dalam keadaan hidup atau aktif terlebih dahulu.
  2. Masuk ke menu dial up atau nomor yang biasanya digunakan untuk menelepon orang.
  3. Masukkan atau ketikkan kode *#06# pada papan tombol.

Cara Cek IMEI realme

Tunggu beberapa saat, dan informasi mengenai IMEI ponsel Anda secara otomatis akan muncul di layar.

4. Cek IMEI dari Kartu Garansi

Anda juga bisa cek nomor IMEI melalui kartu garansi. Cara ini tidak hanya untuk ponsel baru saja, tetapi juga ponsel lama/bekas, selama kartu garansi tersebut tidak hilang.

Untuk melihat nomor IMEI di kartu garansi, cek pada bagian yang berisi keterangan dan spesifikasi ponsel. Nomor IMEI biasanya akan tertera di sana.

Cara Cek IMEI realme

Jika Anda sudah menemukan, Anda bisa cek keakuratan nomor IMEI tersebut melalui website https://www.realme.com/id/support/phonecheck. Kemudian, cek apakah informasi yang tertera sudah sesuai dengan ponsel Anda atau belum.

Kesimpulan

Dengan cara-cara sederhana di atas, pengguna Realme dapat dengan mudah melakukan pengecekan IMEI perangkat mereka. Penting untuk diingat bahwa langkah ini bukan hanya tentang memastikan keaslian perangkat, tetapi juga melibatkan keamanan penggunaan. 

Dengan rutin melakukan pengecekan IMEI dengan cara mengecek IMEI realme di atas, pengguna dapat merasa lebih aman dalam menggunakan perangkat realme mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *