Tips & Trick

5 Tips Beriklan di Facebook Ads agar Bisnis Laris Manis

117
×

5 Tips Beriklan di Facebook Ads agar Bisnis Laris Manis

Share this article
Panduan Beriklan di Facebook Ads Agar Optimal

Tabloidselular.com – Sebagai salah satu medsos dengan pengguna aktif terbanyak, Facebook bisa menjadi platform yang menjanjikan untuk mengiklankan bisnis Anda. Dengan memanfaatkan FB Ads, Anda bisa mempromosikan bisnis ke masyarakat. Agar promosi sukses, Anda membutuhkan tips beriklan di Facebook Ads.

Karena fitur Facebook Ads tidak gratis, Anda harus bisa menyiapkan strategi yang matang untuk beriklan. Jika tidak, Anda akan menghabiskan banyak uang untuk iklan namun tidak balik modal. Lantas, bagaimana tips beriklan di FB Ads agar efektif menaikkan konversi?

Coba ikuti panduan beriklan berikut.

1. Tentukan Tujuan dari Penggunaan FB Ads

Tips iklan di Facebook Ads yang pertama adalah menentukan tujuan kampanye ini. Hal ini karena Facebook akan menanyakan apa tujuan iklan saat pertama kali Anda mendaftar FB Ads.

Ada tiga pilihan tujuan marketing melalui FB Ads yaitu kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, pilihlah opsi Kesadaran.

Sementara itu, pilih tujuan pertimbangan jika Anda ingin meningkatkan trafik ke website atau interaksi dengan audiens. Kemudian, jika tujuan Anda adalah untuk memaksimalkan penjualan, pilihlah opsi Konversi.

2. Siapa Target Pasar Anda?

Agar bisa menjangkau audiens yang tepat, Anda harus mengetahui cara iklan Facebook Ads tertarget. Artinya, Anda harus menentukan sasaran promosi Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis toko perlengkapan bayi di kota Bandung. Maka target pasar Anda adalah ibu-ibu berusia 25 hingga 35 tahun yang berdomisili di Bandung. Selain usia dan lokasi, Anda juga bisa menargetkan perilaku konsumen dan minat mereka.

Semakin spesifik target Anda, maka kemungkinan iklan sukses akan semakin besar. Gunakanlah Persona Research, Facebook Pixel, dan Google Analytics untuk membantu menentukan target audiens.

3. Buatlah Konten Iklan yang Menarik

Buat Konten yang Menarik Ketika Beriklan di Facebook Ads

Tips iklan di Facebook selanjutnya adalah dengan membuat konten yang unik dan menarik. Kualitas konten sangat berpengaruh terhadap kesuksesan iklan Anda.

Jika konten tidak menarik, pengguna FB akan melewatkannya begitu saja. Lalu, bagaimana cara agar konten Anda menarik?

Pertama, buatlah iklan dengan visual yang menarik. Anda bisa menggunakan foto atau video. Lalu, tambahkan headline yang bisa memikat audiens. Selain itu, deskripsi pada iklan juga harus jelas dan diakhiri dengan Call to Action.

4. Gunakan Format Iklan yang Sesuai

Ketika Beriklan di Facebook Ads, Gunakan Format Iklan yang Sesuai

Selanjutnya, cara iklan FB Ads tertarget adalah menentukan format iklan. Pemilihan format ini harus didasarkan pada tujuan pembuatan iklan.

Ada empat format yang bisa Anda pilih: gambar tunggal, video tunggal, slide, dan carousel. Jika Anda ingin meningkatkan trafik dan brand awareness, Anda bisa menggunakan gambar tunggal.

Namun, jika tujuan Anda adalah membangun interaksi dengan target iklan, maka gunakanlah format video. Selanjutnya, jika bingung menentukan format, gunakan saja tayangan slide. Ini karena format ini sesuai untuk semua jenis iklan.

Iklan dengan carousel juga cocok untuk berbagai tujuan iklan. Selain itu, Anda bisa memilih untuk menggunakan gambar atau video.

5. Optimalkan Iklan dengan Fitur FB Ads

Manfaatkan Fitur Saat Beriklan di Facebook Ads

Agar iklan bisa menjangkau lebih banyak audiens, manfaatkan fitur yang tersedia di FB Ads. Fitur tersebut meliputi custom audience, retargeting, lookalike audience, dan juga conversion tracking.

Custom Audience memudahkan Anda untuk mengetahui pengguna Facebook melalui data email customer. Sementara itu, fitur retargeting berguna untuk mengetahui siapa saja yang pernah mengakses website Anda.

Selanjutnya, fitur conversion tracking adalah untuk memonitor aktivitas audiens. Misalnya, Anda bisa mengetahui siapa yang telah mengisi formulir online atau menambahkan produk Anda ke keranjang belanja.

Sedangkan fitur lookalike audience berguna untuk menentukan target pasar yang baru. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengelompokkan target dengan mudah.

Itulah lima tips beriklan di Facebook Ads yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan konversi. Dengan iklan ini, bisnis Anda akan lebih dikenal banyak orang. Sehingga, iklan FB ini bisa menarik perhatian audiens agar membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *