Tips & Trick

5 Tips Membeli Laptop Bekas dengan Performa Bagus

97
×

5 Tips Membeli Laptop Bekas dengan Performa Bagus

Share this article
Tips Membeli Laptop Bekas yang Benar

Tabloidselular.com – Laptop menjadi barang wajib bagi mahasiswa maupun karyawan. Namun, karena keterbatasan dana, beberapa orang memilih untuk membeli laptop second. Proses pembelian ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merugi nantinya. Oleh karena itu, simak tips membeli laptop bekas di bawah ini.

1. Tentukan Budget dan Spesifikasi Laptop

Tips Membeli Laptop Bekas  Sesuai Budget

Sebelum membeli laptop, tentukan dulu budget Anda. Misalnya, Anda menginginkan laptop bekas dengan harga Rp4 jutaan. Kemudian, Anda bisa melakukan riset tentang merek dan tipe laptop di range harga tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui harga pasaran untuk jenis laptop yang ingin Anda beli. Ini akan memudahkan Anda saat nego harga dengan penjual.

Tips membeli laptop bekas untuk mahasiswa atau karyawan adalah dengan menentukan spesifikasi yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda menggunakan perangkat tersebut untuk edit video atau game, Anda membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Lalu, sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

2. Pilih Penjual Terpercaya

Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Ketipu

Meskipun bekas, harga laptop masih di angka jutaan rupiah. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih penjual atau toko agar tidak tertipu.

Untuk memperkecil resiko penipuan, Anda harus melakukan transaksi di toko yang kredibel. Jika Anda lebih suka berbelanja online, pastikan untuk bertransaksi melalui e-commerce. Dengan begitu, Anda bisa mengembalikan barang jika kondisi laptop berbeda dengan apa yang ditawarkan.

Selain itu, tips membeli laptop bekas online selanjutnya adalah dengan mengecek ulasan toko tersebut. Sebenarnya, membeli laptop second secara online terlalu berisiko. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membelinya secara offline. Sehingga bisa memeriksa kondisi laptop secara langsung sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. Periksa Kondisi Fisik Laptop

Tips beli laptop bekas untuk memastikan kualitasnya adalah dengan memeriksa kondisi fisiknya. Pertama, cek kondisi layar laptop. Pastikan layar berfungsi dengan baik.

Kemudian, Anda juga perlu memeriksa semua tombol keyboard untuk memastikan semua tombol berfungsi. Selain itu, cek juga bagian touchpad.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan semua port yang ada pada laptop tersebut. Misalnya, periksalah port USB, HDMI, headphone, ethernet, dan input lain.

Komponen lain yang harus Anda cek kinerjanya adalah speaker. Cobalah laptop tersebut untuk memutar video atau musik. Dengarkan secara seksama untuk memastikan tidak ada masalah pada speaker.

4. Cek Baterai

Baterai adalah komponen terpenting di laptop. Namun, komponen ini juga mudah rusak. Jadi, saat membeli laptop second, Anda harus memeriksa Kesehatan baterai laptop tersebut.

Mungkin saja pengguna sebelumnya tidak merawat baterai dengan baik sehingga kondisi baterai tidak sehat. Hal ini akan membuat baterai laptop cepat habis dan tidak bisa mengisi daya secara optimal.

Oleh sebab itu, pemeriksaan baterai adalah salah satu tips beli laptop second yang tidak boleh Anda lewatkan. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memeriksa charger laptop untuk memastikan bahwa pengisian daya berjalan dengan normal.

5. Coba Laptop

Coba Laptop Terlebih Dahulu Ketika Membeli Laptop Bekas

Lantas, bagaimana tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu? Untuk mengetahui kinerja laptop, Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Misalnya, Anda bisa memeriksa koneksi internet dan performa laptop dengan membuka browser.

Lalu, jika Anda membeli laptop dengan spesifikasi untuk desain grafis, cobalah untuk membuka aplikasi desain untuk mengetahui bagaimana kecepatan loading laptop tersebut.

Jika laptop tersebut bisa Anda gunakan untuk membuka beberapa program sekaligus dengan lancar, artinya kondisi laptop tersebut masih bagus dan layak untuk Anda beli.

Demikianlah tips membeli laptop bekas yang berkualitas. Selain menerapkan tips di atas, Anda juga perlu menanyakan tentang garansi toko atau refund. Dengan begitu, Anda bisa meminta pertanggungjawaban toko jika terjadi masalah pada laptop tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *