Tips & Trick

5 Tips Membeli Memory Card HP Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

116
×

5 Tips Membeli Memory Card HP Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Share this article
Tips Membeli Memory Card HP Agar Awet

Tabloidselular.com – Smartphone keluaran baru sudah memiliki kapasitas penyimpanan internal yang besar. Namun, jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih, tambahkan saja MicroSD card. Karena banyaknya pilihan MicroSD card, ikuti tips membeli memory card HP agar menemukan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pemilihan MicroSD card harus Anda lakukan secara selektif. Ini karena banyaknya produk palsu. Memangnya apa dampak buruknya? Kartu memori palsu tersebut mungkin memiliki kecepatan baca yang rendah atau bahkan tidak terbaca di HP Anda.

Untuk itu, terapkan cara memilih memory card HP yang bagus berikut ini.

1. Pilih Tipe Memory Card

 Tips Membeli Memory Card HP dengan Memilih Tipe Memory

Orang awam mungkin menganggap bahwa semua MicroSD yang ada di pasaran itu sama. Namun, ternyata MicroSD terdiri dari 3 tipe yaitu SDSC, SDHC, dan SDXC.

SDSC atau Secure Standard Capacity merupakan kartu dengan memori penyimpanan kecil sehingga harganya sangat murah. Sedangkan SDHC atau Secure Digital High Capacity mendukung penyimpanan mulai 4GB hingga 32GB.

Sementara itu, SDXC atau Secure Digital Extended Capacity merupakan MicroSD dengan kapasitas besar yaitu mulai 64GB hingga 2TB. Perlu Anda ketahui bahwa setiap smartphone hanya bisa menerima MicroSD dengan tipe tertentu.

Jadi, tips membeli memory card HP adalah dengan memilih tipe atau kapasitas MicroSD yang sesuai dengan smartphone Anda.

2. Kapasitas Perangkat

Jangan hanya memilih MicroSD berkapasitas besar. Apalagi jika Anda tidak menyesuaikannya dengan kapasitas HP Anda. Karena belum tentu HP Anda mendukung penggunaan MicroSD kapasitas besar.

Cari tahu berapa kapasitas memory external yang bisa terbaca di smartphone Anda. Jangan paksakan membeli memori dengan kapasitas 2TB padahal HP Anda hanya bisa membaca MicroSD berkapasitas maksimal 128GB.

MicroSD yang tidak sesuai tidak akan bisa digunakan. Ini akan membuat Anda merugi. Semakin besar kapasitas maka harga MicroSD akan semakin mahal. Jadi, pilihlah memory card terbaik untuk HP sesuai kapasitas yang didukung.

3. Perhatikan Kecepatan Memory Card

Selain mempertimbangkan kapasitas, perhatikan juga kecepatan MicroSD. Ini juga merupakan tips memilih memory card HP yang paling penting. Kartu memori yang diperjualbelikan memiliki tingkat kecepatan untuk membaca data yang berbeda.

Tingkat kecepatan ini ditandai dengan simbol C atau Class yang tertera di kartu. Tingkat terendah adalah Class 2. Sedangkan level kecepatan lainnya adalah class 4, 6, dan 10.

Sebaiknya pilih Class 6 atau 10 untuk HP Android. Semakin tinggi tingkatan class berarti kualitas MicroSD tersebut akan semakin baik.

Sedangkan, jika ingin memiliki MicroSD yang lebih cepat, pilihlah memory card UHS dengan kode 1, 2 atau 3.

4. Pertimbangkan Fitur MicroSD

Tips Membeli Memory Card HP dengan Mempertimbangkan Fitur

Tips membeli memory card HP yang bagus adalah mempetimbangkan fiturnya. Beberapa merek memory card memiliki beberapa fitur yang akan memudahkan Anda mengelola dan menyimpan file di HP.

Misalnya, pilihlah MicroSD dengan fitur andalan, seperti Fast Access, BackUp Protection, dan juga Easy Management.

Fitur Fast Access adalah kemampuan membaca file dengan cepat. Sedangkan BackUp Protection penting untuk melindungi file agar tidak hilang. Sementara itu, Easy File Management memudahkan Anda untuk mengelola semua data yang tersimpan.

5. Pilih MicroSD Bergaransi

Tips Membeli Memory Card HP dengan Memiliki MicroSD yang Bergaransi

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kartu rusak atau tidak terbaca, pilihlah MicroSD bergaransi. Beberapa merek kartu memori ternama memberikan garansi antara 1 hingga 3 tahun.

Jadi, jika terjadi kerusakan dalam masa garansi, Anda bisa mendapat ganti kartu baru. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Itulah lima tips membeli memory card HP yang berkualitas. Pastikan Anda menerapkan tips pembelian ini agar memperoleh MicroSD yang bisa membaca file dengan cepat. Selain itu, belilah di toko yang kredibel untuk menghindari MicroSD palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *