Tips & Trick

5 Tips Merakit PC Gaming Murah Tapi Tetap Ngebut

80
×

5 Tips Merakit PC Gaming Murah Tapi Tetap Ngebut

Share this article
Tips Merakit PC Gaming Murah Agar Sesuai Kebutuhan

Tabloidselular.com – Beberapa jenis game dengan grafis kualitas tinggi tentu tidak bisa Anda mainkan di laptop atau komputer biasa. Namun, dengan budget terbatas, Anda mungkin tidak bisa membeli laptop gaming berharga puluhan juta. Sebagai solusinya, ikuti tips merakit PC gaming murah berikut.

Anda hanya perlu menyiapkan komponen untuk merakit PC gaming. Misalnya, Anda memerlukan HDD, VGA, prosesor, dan RAM. Setelah itu, Anda bisa merakit sendiri perangkat tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda perlu memperhatikan tips rakit PC gaming murah berikut ini.

1. Tentukan Budget

Tips Merakit PC Gaming Murah Budget Murah

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai perakitan PC adalah dengan menentukan budget. Misalnya, Anda mungkin ingin rakit PC gaming murah Rp5 jutaan atau Rp7 jutaan.

Budget sangat penting dalam menentukan spesifikasi komponen yang Anda butuhkan. Jika Anda tidak membatasi anggaran, mungkin saja Anda bisa menghabiskan belasan juta untuk membuat PC ini.

Jadi, Anda perlu membuat rancangan tentang model dan juga komponen yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Jika ternyata anggaran belum cukup, Anda bisa memilih komponen dengan harga yang lebih murah.

2. Tentukan Tujuan

Tips Merakit PC Gaming Murah yang Benar

Selanjutnya, tentukan apa tujuan Anda dalam merakit PC. Misalnya, tentukan jenis game apa yang ingin Anda mainkan nantinya.

Ini karena setiap game membutuhkan spesifikasi perangkat yang berbeda. Pertimbangkan juga apakah game tersebut akan di upgrade beberapa tahun ke depan.

Faktor ini akan memudahkan Anda untuk menentukan spesifikasi dari PC yang akan Anda rakit. Pastikan bahwa spek PC tersebut masih bisa Anda gunakan untuk tiga hingga 5 tahun ke depan. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan upgrade terhadap PC tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda ingin bermain game dengan grafik medium atau kurang dari 60 FPS, Anda mungkin hanya perlu membeli komponen dengan harga di bawah Rp7 juta.

3. Bandingkan Harga Komponen

Setelah menentukan anggaran dan target, Anda bisa memilih komponen yang tepat dengan sangat mudah. Namun, ada banyak hal lain yang perlu Anda pertimbangkan.

Misalnya, selain memperhatikan harga, Anda juga perlu mempertimbangkan kesesuaian dan spesifikasi komponen PC. Komponen dengan spesifikasi sama namun dengan merek berbeda harganya juga tentu berbeda.

Jadi, diperlukan kejelian dalam membandingkan merek satu dengan merek lainnya. Sehingga, Anda bisa memperoleh komponen dengan harga terjangkau sesuai budget.

4. Pilih Komponen Berkualitas

Tips Merakit PC Gaming Murah Menggunakan Komponen Berkualitas

Cara merakit PC gaming murah selanjutnya adalah menentukan komponen. Apa saja komponen yang Anda butuhkan? Pertama, Anda memerlukan processor.  Ada 2 pilihan prosesor untuk PC yaitu Intel dan AMD. Pertimbangkan score benchmark dalam memilih prosesor.

Selanjutnya, Anda juga memerlukan VGA Card dan Motherboard. Lakukan riset untuk memilih VGA card berkualitas dengan harga yang terjangkau. Lalu, saat memilih Motherboard, pertimbangkan beberapa aspek seperti banyaknya slot RAM dan juga adanya kipas.

Komponen lain yang cukup penting adalah RAM. Pastikan RAM yang Anda beli sesuai dengan socket motherboard. Kemudian, Anda memerlukan Hardisk untuk penyimpanan. Jika dirasa kurang, Anda bisa mengkombinasikan HDD dan SSD.

5. Hitunglah Beban Daya

Setelah proses pemilihan komponen selesai, Anda perlu menghitung beban daya. Agar lebih mudah, gunakanlah aplikasi untuk menghitung daya yang dibutuhkan setiap komponen PC.

Aplikasi tersebut bisa menampilkan besar Watt secara total. Sehingga, Anda bisa memilih power supply yang cocok.

Sebagai contoh, jika daya total dari PC rakitan adalah 400 Watt, Anda memerlukan Power Supply yang lebih besar yakni sekitar 500 Watt.

Itulah tips merakit PC gaming murah namun tetap berkualitas. Pastikan Anda berpatokan pada budget yang telah Anda tentukan. Jangan lupa untuk membandingkan harga komponen sebelum membelinya. Sehingga Anda bisa mendapatkan barang yang paling murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *