Tips & Trick

5 Cara Cek IMEI Xiaomi, Terdaftar atau Tidak

144
×

5 Cara Cek IMEI Xiaomi, Terdaftar atau Tidak

Share this article
cara cek IMEI Xiaomi

Baru saja membeli HP Xiaomi baru? Pahami dulu cara cek IMEI Xiaomi agar yakin bahwa HP yang Anda beli adalah perangkat asli dan sudah terdaftar resmi.

Pasalnya, pemerintah mengharuskan semua perangkat telekomunikasi terdaftar melalui IMEI untuk mencegah peredaran ponsel ilegal.[1] Simak cara cek IMEI Xiaomi terdaftar atau tidak di bawah ini.

Cara Memeriksa IMEI Xiaomi

Ini dia beberapa metode untuk memeriksa IMEI Xiaomi Redmi Note 12 Pro atau tipe lainnya.

Melalui Panggilan

Cara cek IMEI Xiaomi garansi resmi yang paling praktis adalah melalui kode panggilan. Hanya dalam hitungan detik, Anda sudah dapat mengetahui IMEI ponsel Xiaomi Anda.

Berikut adalah panduannya.

  • Bukalah fitur panggilan terlebih dahulu.
  • Masukkan kode *#06#.

cara cek IMEI Xiaomi garansi resmi

  • Nomor IMEI Xiaomi akan langsung terpampang pada layar.

cara cek IMEI ponsel Xiaomi

  •  Apabila ponsel Anda memiliki 2 slot kartu SIM, maka akan muncul IMEI1 dan IMEI2 pada layar.

Baca Juga: Cara Melihat IMEI iPhone Resmi Terdaftar atau Tidak

Lewat Setelan

Kemudian, ada juga metode cek IMEI lainnya yakni melalui menu Setelan. Walaupun tampak lebih ribet daripada cara sebelumnya, tapi metode ini layak untuk Anda coba.

  • Bukalah dulu Setelan ponsel Xiaomi (ikon Gear)
  • Klik opsi Tentang Telepon.

 cek IMEI melalui Setelan

  • Menu tersebut memuat berbagai informasi mengenai ponsel Anda seperti Versi MIUI, RAM, CPU, status, penyimpanan internal, dan lainnya.
  • Untuk memeriksa IMEI, pilihlah opsi Status.
  • Lalu, klik Informasi IMEI.
  • Layar akan menampilkan informasi IMEI slot 1 dan slot 2.

cara cek IMEI ponsel Xiaomi

Temukan IMEI pada Box Ponsel

cara cek IMEI ponsel Xiaomi pada box

Setiap pembelian HP Xiaomi baru maupun bekas, pasti Anda akan memperoleh box yang berisi ponsel, charger, dan juga garansi. Selain itu, pada bagian belakang box ini juga terdapat informasi mengenai ponsel tersebut.

Misalnya, Anda bisa memeriksa spesifikasi beserta IMEI ponsel Xiaomi Anda. Jika Anda membeli ponsel bekas, cobalah cek apakah no IMEI yang tertera pada box sama dengan nomor yang tertera pada ponsel.

Tentunya, Anda bisa mencocokkan melalui metode di atas. Jika ternyata tidak sama, mungkin saja ponsel yang Anda beli adalah HP rekondisi.

Baca Juga: 7 Cara Cek Tipe HP OPPO di Pengaturan Hingga Kode

Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu

Untuk memastikan bahwa ponsel Xiaomi Anda asli, periksalah melalui website resmi Xiaomi. Inilah panduan untuk pengecekan keaslian ponsel Anda.

  • Gunakan browser di ponsel atau laptop untuk mengakses website resmi Xiaomi. Gunakan link ini untuk masuk ke halaman verifikasi IMEI.

cara cek IMEI Xiaomi asli atau palsu

  • Input no IMEI ponsel Xiaomi Anda pada kotak yang tersedia.
  • Selanjutnya, ketikkan captcha atau kode verifikasi yang terdiri dari 4 digit. Jika huruf atau angkanya nya tidak jelas, gunakan ikon panah (Refresh) untuk mendapatkan kode baru.
  • Terakhir, klik tombol Verify.

Jika nomor IMEI yang Anda masukkan valid, halaman tersebut akan menampilkan informasi lengkap mengenai ponsel Xiaomi yang Anda miliki.

Cara Cek IMEI Xiaomi di Kemenperin

Selanjutnya, cobalah periksa apakah ponsel Xiaomi Anda telah terdaftar pada database Kementerian Perindustrian. Jika terdaftar artinya ponsel Anda legal dan tidak termasuk barang dari black market.

Anda perlu mewaspadai karena sekarang banyak beredar ponsel ilegal. Jika ponsel Anda termasuk perangkat yang ilegal, hal ini berisiko pada pemblokiran IMEI.

Sehingga, ponsel Anda tidak akan bisa terhubung dengan jaringan operator. Hal ini berakibat ponsel tidak akan bisa Anda pakai untuk menelpon atau menggunakan data internet.[2]

Berikut adalah panduan untuk cek IMEI di situs Kemenperin.

  • Gunakan aplikasi browser di ponsel atau komputer untuk mengakses imei.kemenperin.go.id.
  • Input no IMEI ponsel Xiaomi Anda pada kotak yang tersedia.
  • Selanjutnya, klik tombol Search.
  • Situs tersebut akan menginformasikan apakah IMEI ponsel Xiaomi Anda sudah terdaftar atau tidak pada database.

cara cek IMEI Xiaomi di Kemenperin

“Catatan: pada saat artikel ini dibuat, cek IMEI pada situs Kemenperin aksesnya ditutup untuk publik. Jadi, situs tersebut hanya bisa diakses oleh perusahaan atau importir handphone dan tablet.”

Untuk memastikan HP Xiaomi Anda terdaftar pada Kemenperin, pastikan Anda membeli ponsel tersebut di Mi Store atau distributor resmi Xiaomi.

Setelah memahami cara cek IMEI Xiaomi, Anda tidak perlu was-was lagi apakah ponsel yang Anda beli asli dan terdaftar. Langsung saja praktikkan panduan di atas untuk memastikan keaslian dan legalitas perangkat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *