Tips & Trick

Cara Download Aplikasi di iPhone untuk Pengguna Baru

85
×

Cara Download Aplikasi di iPhone untuk Pengguna Baru

Share this article
Cara Download Aplikasi di iPhone untuk Pengguna Baru

Apakah Anda baru saja membeli iPhone dan ingin mengisinya dengan aplikasi-aplikasi yang menarik dan terkini? Pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada Anda bagaimana cara download aplikasi di iPhone untuk para pengguna baru.

Dengan mengunduh aplikasi di iPhone, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh perangkat Apple dan juga akan meningkatkan pengalaman penggunaan iPhone Anda.

Mari kita mulai!

Cara Download Aplikasi di iPhone

Pada dasarnya, mendownload dan menginstal aplikasi di iPhone sangat mudah. Anda hanya perlu membuat akun Apple ID dan mencari aplikasi yang Anda inginkan. 

Lalu, apakah download aplikasi di iPhone bayar? 

Aplikasi yang tersedia di App Store ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Jadi, pastikan hal ini sebelum Anda menginstall aplikasi yang Anda inginkan ya!

Simak cara download aplikasi di iPhone baru dengan mudah dan cepat di bawah ini: 

1. Membuat Apple ID

Dengan Apple ID maka semua data dan setting pada device Anda akan tersimpan.

Sebelum Anda bisa mengunduh aplikasi di iPhone, pertama-tama Anda perlu memiliki akun Apple ID. 

Apple ID adalah identitas yang digunakan untuk mengakses layanan-layanan Apple, seperti iCloud, iTunes, App Store, dll. Dengan Apple ID, Anda dapat menyimpan data dan pengaturan ponsel Anda pada cloud, membeli musik dan film, dan tentu saja, mengunduh aplikasi yang gratis maupun berbayar.

Saat membuat akun Apple ID, pastikan Anda memilih nama pengguna, kata sandi, dan pertanyaan keamanan yang kuat dan mudah untuk Anda ingat. Nama pengguna harus berupa alamat email yang valid dan belum digunakan oleh akun Apple lainnya. 

Baca juga: 7 Cara Download Lagu di iPhone, Legal, Aman, dan Gratis

Sedangkan kata sandi harus terdiri dari minimal 8 karakter dan mengandung huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Kemudian, pertanyaan keamanan juga harus bersifat pribadi dan rahasia.

2. Mengakses App Store

App store memungkinkan iPhone untuk menginstall aplikasi.

Setelah Anda memiliki akun Apple ID, kini langkah selanjutnya adalah mengakses App Store. 

App Store adalah tempat dimana Anda bisa menemukan dan mengunduh ribuan aplikasi untuk iPhone. App Store juga menyediakan berbagai kategori aplikasi, seperti sosial media, game, edukasi, kesehatan, dll. Tak hanya itu saja, App Store juga mampu memberikan rekomendasi aplikasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan pembaruan otomatis untuk aplikasi yang sudah Anda unduh. Untuk mengubah pengaturan App Store, buka aplikasi Settings di iPhone Anda, ketuk nama Anda, lalu ketuk App Store.

3: Mencari Aplikasi yang Anda Inginkan

App store memiliki aplikasi berbayar maupun gratis.

Setelah Anda mengakses App Store, langkah selanjutnya adalah mencari dan memilih aplikasi yang ingin Anda unduh. Ada banyak cara untuk mencari aplikasi di App Store, seperti menggunakan kata kunci, kategori, atau filter. Anda juga bisa melihat rekomendasi dari App Store atau teman-teman Anda.

Tips: Sebelum Anda mengunduh aplikasi di App Store, pastikan Anda memeriksa detail dan ulasan aplikasi tersebut. Detail aplikasi meliputi nama pengembang, rating, ukuran file, kompatibilitas, deskripsi, tangkapan layar, dll. 

Ulasan aplikasi meliputi komentar dan rating dari pengguna lain yang sudah mencoba aplikasi tersebut. Detail dan ulasan aplikasi dapat membantu Anda mengetahui kualitas dan kecocokan aplikasi dengan kebutuhan Anda.

4. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi

mengunduh aplikasi melalui App store.

Cara download aplikasi di iPhone gratis yang terakhir adalah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di iPhone Anda. Cara mengunduh dan menginstal aplikasi di iPhone sangat mudah dan cepat. Berikut adalah caranya:

Ketuk tombol Get atau harga (jika aplikasi tersebut berbayar) yang ada di samping ikon aplikasi. Kemudian, tombol ini akan berubah menjadi Install atau Buy.

Baca juga: 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone Semua Tipe

Ketuk tombol Install atau Buy untuk memulai proses pengunduhan dan penginstalan aplikasi. Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan kata sandi Apple ID Anda atau menggunakan Face ID atau Touch ID untuk konfirmasi pembelian.

Tunggu hingga proses pengunduhan dan penginstalan selesai. Anda bisa melihat status dan progresnya di layar iPhone Anda. Jika berhasil, ikon aplikasi akan muncul di layar utama iPhone Anda.

Ketuk ikon aplikasi untuk membuka dan menjalankan aplikasi. Anda mungkin diminta untuk memberikan izin akses atau mengatur preferensi aplikasi sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Jika ruang penyimpanan iPhone Anda penuh, Anda mungkin tidak bisa mengunduh dan menginstal aplikasi baru. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak perlu atau tidak sering Anda gunakan. Caranya adalah dengan menekan dan menahan ikon aplikasi yang ingin dihapus hingga muncul menu pilihan. Ketuk Delete App dan konfirmasi penghapusan. 

Selain itu, Anda juga bisa mengelola ruang penyimpanan iPhone Anda melalui aplikasi Settings, ketuk General, lalu ketuk iPhone Storage.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara download aplikasi di iPhone untuk pengguna baru. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menambah koleksi aplikasi Anda dan menikmati fitur-fitur terkini yang iPhone tawarkan.

Untuk download aplikasi di iPhone,  Anda hanya perlu mengikuti 3 langkah sederhana: Membuat apple ID, akses App store, mencari dan memasang aplikasi yang Anda inginkan.

Semoga pembahasan kami kali ini mengenai cara download aplikasi di iPhone untuk pengguna baru ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *