Tips & Trick

Cara Keluar dari Recovery Mode OPPO Semua Tipe

59
×

Cara Keluar dari Recovery Mode OPPO Semua Tipe

Share this article
cara keluar dari recovery mode OPPO

Untuk Anda pengguna smartphone OPPO, pernahkah Anda menemui adanya ColorOS Recovery? Kondisi ini bukan karena adanya error, namun adalah mengembalikan sistem ke pengaturan awal. Namun, jika Anda merasa terganggu, bagaimana cara keluar dari recovery mode OPPO

Apa Itu Recovery pada HP OPPO?

HP OPPO

Sebelum mengulas tentang cara keluar dari ColorOS recovery, Anda harus tentang pemulihan pada perangkat tersebut. Pada dasarnya, mode ini berfungsi untuk memperbaiki kerusakan sistem. Yakni dengan pemulihan dan mengembalikan sistem operasi pada setelan pabrik. 

Dengan melakukan proses tersebut, Anda dapat memperbaiki fungsi seperti pencadangan ROM, pemasangan update sistem operasi manual, reset, hingga beberapa tugas lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Restart Hp OPPO yang Hang dengan Mudah & Cepat

Cara Keluar dari Recovery Mode OPPO

Terkadang proses ini muncul secara tiba-tiba perangkat Anda. Ada beberapa cara untuk keluar dari proses pemulihan tersebut. Bagaimana cara keluar dari recovery mode OPPO? Simak pilihan langkah-langkahnya berikut ini : 

1. Gunakan Tombol Kombinasi Daya dan Volume

Ponsel Anda yang tiba-tiba masuk ke mode ini dapat diatasi dengan menggunakan tombol kombinasi secara mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 

  • Gunakan kombinasi tombol daya dan volume. Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Tombol kombinasi OPPO

  • Tahan selama beberapa detik
  • Sistem pada perangkat Anda akan melakukan restart atau reboot

Dengan langkah ini, Anda bisa keluar dari mode pemulihan tanpa harus khawatir file dan data Anda terbuang

2. Melepaskan Baterai HP

Cara keluar dari recovery mode berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepas baterai dari perangkat. Namun, langkah ini bisa Anda lakukan jika Anda menggunakan smartphone OPPO yang belum menerapkan model perangkat baterai secara tanam.

Namun, jika perangkat Anda sudah menggunakan jenis baterai tanam, Anda harus melepas bagian belakangnya terlebih dahulu. Jika Anda tidak yakin, minta bantuan ahli servis ponsel yang sudah berpengalaman. Jika tidak, jangan paksakan daripada perangkat Anda justru mengalami kerusakan. 

3. Lakukan Flash Firmware

Anda juga bisa melakukan flash firmware atau memasang stock ROM baru sendiri. Namun, langkah ini juga berisiko. Sebab, Anda harus menghapus semua berkas dan data tersimpan pada perangkat. Misalnya, foto, lagu, video atau dokumen. 

Jadi, untuk Anda yang ingin memakai cara ini, sebaiknya pindahkan berkas penting Anda terlebih dahulu. Namun demikian, langkah ini dianggap sangat tepat untuk Anda yang ingin keluar dari mode pemulihan dengan lebih cepat. 

Flash Firmware

Langkah ini juga membantu proses untuk pengaturan ulang seluruh sistem pada ponsel. Misalnya seperti hapus bug, cache, atau kesalahan sistem lainnya. Jika Anda memilih cara ini, maka Anda juga bisa memuat ulang ponsel dengan firmware terbaru.

Kemudian, Anda juga bisa menghapus elemen pada perangkat yang sedang mengalami gangguan. Dengan begitu, kinerja HP Anda akan lebih maksimal tanpa adanya bug dan bahkan masuk ke mode tersebut. Cara ini bisa Anda lakukan lewat jasa ahli.

4. Pakai CMD

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan agar keluar dari mode tersebut adalah menggunakan fitur perintah command prompt (CMD). Anda bisa melakukannya saat ponsel Anda terkoneksi dengan PC atau laptop. 

Namun demikian, cara ini tergolong agar sulit. Sebab, Anda harus memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang command prompt dan pengoperasiannya lebih jauh. 

CMD

Kemudian, Anda juga harus mengerti semua informasi yang tampil pada halaman tersebut dan memahami artinya. Jika ingin memakai langkah ini, Anda bisa meminta bantuan orang yang sudah paham dan ahli seputar hal tersebut. 

5. Bawa Ke Tempat Service Terdekat

Jika Anda masih kesulitan untuk meninggalkan pemulihan tersebut, ada baiknya Anda untuk membawa ponsel Anda ke pusat servis resmi terdekat. Anda butuh bantuan ahli yang sudah berpengalaman dan memahami cara mengatasi masalah tersebut. 

Servis HP

Sehingga tidak ada kekhawatiran perangkat Anda mengalami masalah lainnya. Dan yang terpenting, tetap nyaman untuk Anda gunakan tanpa tiba-tiba masuk ke fitur pemulihan. 

Baca Juga: 3 Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Semua Tipe

Faktor Penyebab HP Oppo Masuk ke Mode Recovery

HP Oppo

Tidak lengkap jika Anda belum mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan Anda masuk ke mode sistem tersebut. Ada beberapa penyebab mengapa ponsel Anda masuk secara tiba-tiba ke sistem tersebut, berikut penjelasannya : 

  • Perangkat sedang melewati proses peningkatan pada sistem operasi
  • Sedang proses format ulang data atau reset
  • Instal custom atau stock ROM pada ponsel
  • Ubah kata sandi yang terlupakan hingga masuk ke sistem pemulihan
  • Sistem Android yang mengalami macet dan tidak berjalan lancar

Nah, itulah beberapa opsi langkah yang bisa Anda lakukan saat perangkat Anda masuk ke sistem recovery. Cara keluar dari recovery mode OPPO tersebut bisa Anda terapkan, baik secara mandiri atau dengan bantuan orang yang sudah ahli. Pilih mana yang paling mudah untuk Anda. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi panik saat tiba-tiba ponsel mengalami kondisi tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *