Tips & Trick

5 Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

81
×

5 Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Share this article
Cara melacak iPhone

Saat Anda merogoh saku dan menyadari ponsel Anda tidak ada, kepanikan mungkin terjadi. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara melacak iPhone dengan cepat dan mudah. Artikel ini akan memberi Anda panduan lengkapnya.

Secara umum, melacak iPhone hilang bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Find My. Namun, melacak iphone dengan fitur Find My iPhone akan berguna hanya jika Anda mengaktifkannya di pengaturan sebelumnya.

Bagaimana jika fitur ini belum aktif? Di artikel ini Anda juga akan memperoleh alternatif lain cara melacak Hp iPhone yang hilang.

Jika iPhone Anda hilang, segera untuk:

  • Hapus perangkat dari daftar perangkat yang dipercayai melalui situs appleid.apple.com.
  • Laporkan ke pihak berwenang dan ajukan klaim kehilangan melalui layanan AppleCare+. 
  • Hubungi operator seluler untuk menonaktifkan akun.

Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Saat ponsel dalam kondisi mati, Anda tidak perlu khawatir lagi karena iPhone sudah Anda lacak bahkan saat kondisi mati. Cara mencari iPhone yang hilang dalam keadaan offline bisa dengan:

Metode 1: Gunakan Find My iPhone

Sejak fitur Apple Find My Phone digabung dengan Find My Friends pada 2019, layanan ini mengalami pembaharuan fitur. Salah satunya yaitu kemampuan untuk melacak iPhone bahkan dalam kondisi mati. Namun, ini bisa terjadi jika Anda telah mengaktifkan “Find My iPhone” di pengaturan. 

Pada iPhone dengan iOS 15 atau iPhone model 11 dan yang lebih baru, fitur ini sudah aktif secara otomatis dan untuk menonaktifkannya perlu dilakukan secara manual. Dengan demikian, Anda tetap memiliki kemampuan untuk melacak lokasi terakhir iPhone yang hilang, bahkan jika perangkat dalam kondisi mati.

Untuk memastikan pencarian ini tersedia untuk Anda, Anda bisa gunakan langkah berikut:

  1. Atur kode sandi dan FaceID Anda. 
  2. Kemudian aktifkan “Find My iPhone” dan “Temukan jaringan Saya”. 
  3. Saat sudah aktif, iPhone Anda akan tetap “dapat ditemukan” melalui jaringan Bluetooth Apple meskipun sedang mati atau baterai mati.

Adapun cara untuk melacak iPhone yang hilang dalam kondisi mati dengan fitur Find My bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Find My di perangkat lain yang terhubung dengan iPhone Anda, bisa di iPad atau Mac. Selanjutnya, ketuk tab “Devices” di bagian bawah.
Cara mencari iPhone yang hilang dalam keadaan offline
  1. Sekarang, pilih perangkat yang lokasinya ingin Anda lihat dan jaringan Find My akan menunjukkan lokasi perangkat terkini dari perangkat Anda.
Cara mencari iPhone yang hilang dalam keadaan offline
  1. Klik tab “Directions” yang terletak pada menu sidebar untuk menerima petunjuk arah dari Apple Maps menuju lokasi iPhone yang hilang. Jika iPhone tersebut sudah aktif, ketuk opsi “Play Sound” untuk melacak perangkat tersebut.
  2. Aktifkan tanda hilang pada iPhone dengan menekan opsi “Activated’” yang terletak di bawah opsi “Mark As Lost” untuk mengunci perangkat secara remote dan menampilkan pesan khusus. 
  3. Nyalakan opsi “Notify When Found” untuk mengirimkan notifikasi dan pembaruan lokasi ke perangkat yang sedang Anda gunakan untuk melacak iPhone yang hilang.
  4. Tunggu notifikasi yang diterima melalui aplikasi Find My. 

Metode 2: Gunakan iPhone Teman 

Bagaimana jika Anda tidak memiliki iPhone atau MacBook lain untuk melacak iPhone yang hilang? Jangan repot-repot, karena Anda juga dapat menggunakan iPhone teman Anda untuk menemukan perangkat iOS Anda yang hilang.

Cara mencari iPhone yang hilang dengan Find My Phone menggunakan iPhone teman, yaitu: 

  1. Buka aplikasi Find My di iPhone teman Anda dan buka tab “Me
Cara mencari iPhone yang hilang dengan Find My Phone
  1. Sekarang, gulir ke bawah dan ketuk tautan “Help a Friend“. Setelah itu, masuk ke akun iCloud Anda menggunakan ID Apple dan kata sandi Anda. 
Cara mencari iPhone yang hilang dengan Find My Phone

Setelah masuk ke akun Anda, pilih iPhone yang hilang yang ingin Anda lacak untuk menemukan lokasinya saat ini.

Metode 3: Gunakan iCloud 

Anda juga dapat menggunakan situs web iCloud untuk melacak iPhone Anda yang hilang meskipun dalam kondisi mati atau tidak memiliki cadangan baterai yang cukup. Prosesnya sederhana, jadi ikuti langkah-langkah cara melacak iPhone hilang dengan iCloud di bawah ini:

  1. Buka browser dan buka icloud.com .
  2. Sekarang, masuk ke akun Anda dan klik “Find iPhone“.
Cara melacak iPhone hilang dengan iCloud
  1. Di halaman berikutnya, Anda harus menemukan lokasi iPhone Anda yang hilang saat ini.

Metode 4: Manfaatkan Family Sharing

Layanan Family Sharing Apple tidak hanya menghemat uang Anda dengan membiarkan seluruh keluarga Anda menginstal aplikasi berbayar di beberapa perangkat. Akan tetapi, layanan ini juga terintegrasi dengan fitur Find My Phone.

Melacak iPhone yang hilang

Dengan pengaturan layanan Family Sharing, seluruh lokasi dari perangkat yang tertaut ke ID Apple anggota keluarga juga akan terlihat. Hal ini berarti, saat iPhone Anda hilang, Anda bisa meminta anggota keluarga untuk menemukan iPhone Anda menggunakan fitur ini. 

Metode 5: Melacak iPhone yang Hilang melalui IMEI

Selain keempat cara di atas, Anda juga dapat melacak iPhone yang hilang dengan nomor IMEI. Namun, cara melacak iPhone dengan IMEI prosesnya tidaklah sederhana.

Melacak iPhone yang hilang

Dibandingkan dengan fitur “Find My Phone”, cara ini jauh lebih kompleks. Alasannya adalah karena Anda perlu menerapkan triangulasi dari stasiun base transceiver system (BTS).

Dalam konteks ini, untuk melacak posisi iPhone, Anda akan memerlukan tiga tower BTS yang saling terkait dan harus aktif secara bersamaan pada saat yang sama dengan iPhone yang hilang. 

Tidak hanya itu, pelacakan iPhone dengan menggunakan nomor IMEI juga memerlukan data tambahan seperti CID (Cell Identity) dan LAC (Location Area Code). Data-data ini memiliki peran krusial dalam mengidentifikasi perangkat dan menetapkan wilayah pencarian.

Agar proses pelacakannya lebih mudah, sebaiknya Anda bekerja sama dengan pihak berwenang. Jangan lupa untuk memberikan informasi nomor IMEI dari iPhone Anda.

Model iPhone yang Mendukung Fitur Find My iPhone Saat Dimatikan

Cara melacak iPhone dengan IMEI

Tidak semua model iPhone mendukung fitur pelacakan Find My iPhone. Fitur ini hanya mendukung model iPhone tertentu. Ini termasuk:

  • iPhone 12 Pro Maks
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11

iPhone lama seperti iPhone Xs atau iPhone SE 2 tidak memiliki fitur pelacakan Find My iPhone. Pasalnya, fitur ini menggunakan teknologi Ultra-Wideband (UWB) yang merupakan komponen chip U1 Apple. 

Sementara hanya iPhone 11 dan model yang lebih baru (kecuali iPhone SE 2) yang dilengkapi dengan chip U1. Sehingga, model iPhone lama tidak mendukung fungsi pelacakan Find My iPhone.

Lebih sulit untuk memulihkan ponsel model lama jika telah dimatikan. Namun jika perangkat tidak bergerak atau jika seseorang menyalakannya kembali, pemilik iPhone dapat melihat lokasi terakhir ponsel sebelum offline. 

Untuk menemukan iPhone yang hilang, sangat dibutuhkan informasi lokasi. Informasi lokasi ini berguna untuk mengetahui posisi terakhir iPhone Anda.

Maka dari itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengaktifkan lokasi di iPhone dan bagaimana cara mematikan lokasi di iPhone. Selanjutnya, Anda bisa gunakan salah satu cara melacak iPhone di atas yang menurut Anda paling mudah dan works di ponsel Anda.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *