Tips & Trick

7 Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di HP

76
×

7 Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di HP

Share this article
Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh

Kinerja ponsel salah satunya dipengaruhi oleh kapasitas penyimpanan internal. Apabila memori internal sudah penuh, hal ini dapat membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Lantas, bagaimana cara mengatasi penyimpanan penuh?

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bagaimana mengatasi masalah penyimpanan penuh ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan memberikan Anda panduannya. Mari simak lebih lanjut!

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di Hp

Sebelum mengetahui bagaimana caranya, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Secara umum, ruang penyimpanan penuh bisa terjadi karena:

  • Terlalu banyak dokumen atau aplikasi
  • Kemungkinan adanya serangan virus
  • Jarang membersihkan hidden chace
  • Masih menggunakan pengaturan otomatis untuk mengunduh/menyimpan media dari media sosial
  • Menggunakan resolusi tinggi saat merekam video, sehingga menghabiskan banyak penyimpanan

Apakah Anda sering melakukan beberapa kebiasaan di atas? Jika iya, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut untuk membersihkan memori Hp yang penuh.

Baca Juga: 3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Ribet

1. Hapus Beberapa Aplikasi & Game yang Sudah Tidak Digunakan

Beberapa pengguna ponsel masih sering mengunduh banyak aplikasi, karena merasa memiliki banyak ruang penyimpanan. Namun, pada akhirnya, banyak yang hanya menjadi hiasan daripada benar-benar mereka gunakan.

Padahal, beberapa game atau aplikasi dapat menghabiskan ruang penyimpanan ponsel Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk lebih selektif dalam menginstal aplikasi atau game di ponsel Anda.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh

Bagaimana jika Anda sudah menginstal banyak APK atau game berukuran besar? Dalam situasi seperti ini, cukup hapus APK atau game yang dianggap tidak diperlukan.

2. Hapus Cache

Akumulasi cache di ponsel dapat mengurangi ruang penyimpanan memori. Data-data ini dapat dianggap sebagai “sampah” di dalam HP. Meskipun ukurannya sangat kecil, jumlahnya sangat besar sehingga bisa menyebabkan memori HP penuh.

Oleh karena itu, Anda perlu menghapus cache. Namun, meskipun Anda sudah menghapusnya, cache tetap bisa muncul kembali. Oleh karena itu, metode terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkannya secara berkala. Berikut adalah cara menghapus cache:

  • Buka pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih opsi “Apps” di dalam pengaturan.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh

  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya.
  • Klik “Storage“, lalu tekan opsi “Clear Cache“.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh

3. Hapus/Pindah Foto dan Video Berukuran Besar

Resolusi kamera pada HP modern umumnya sudah cukup besar. Namun, semakin tinggi resolusi kamera, semakin besar ukuran gambar dan file-nya. Ini yang menjadi salah satu penyebab utama memori Anda habis.

Dalam situasi seperti ini, langkah yang perlu Anda ambil mirip dengan membersihkan berkas-berkas sampah atau cache. Luangkan waktu untuk menjelajahi galeri Anda, identifikasi foto atau video berukuran besar yang tidak diperlukan lagi, dan hapuslah.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di Hp

Jika Anda merasa sayang untuk menghapusnya, Anda juga bisa memindahkan file-file tersebut ke laptop atau Google Drive.

4. Nonaktifkan Fitur Update Otomatis

Bagi pengguna HP Android, Play Store menyediakan opsi pembaruan APK secara otomatis. Fitur ini biasanya berguna agar Anda tidak perlu secara manual membuka Play Store untuk melakukan pembaruan.

Namun, opsi ini juga bisa menjadi masalah, karena bisa membuat memori HP Anda penuh. Cara mengatasi full memory Android salah satunya yaitu dengan menonaktifkan pembaruan otomatis agar dapat mengendalikan kapan Anda melakukan pembaruan aplikasi sesuai kebutuhan.

5. Nonaktifkan Fitur Unduh Otomatis di WhatsApp

Fitur unduhan otomatis WhatsApp juga dapat mengisi memori dengan cepat. Mirip dengan fitur pembaruan otomatis di Google Play Store, fitur ini menyebabkan media di WhatsApp secara otomatis terunduh.

Satu-satunya cara mengatasi penyimpanan penuh di WA adalah dengan menonaktifkan fitur ini. Meskipun agak merepotkan karena Anda harus mengunduh media satu per satu, keuntungannya adalah Anda dapat memilih konten mana yang benar-benar penting.

Berikut adalah cara menonaktifkan unduhan otomatis di WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk ikon titik tiga yang terletak di bagian atas kanan WhatsApp, lalu klik “Setelan.”

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di WA

  • Pilih “Penyimpanan dan Data.”

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di WA

  • Di bawah “Saat Menggunakan Data Seluler,” hilangkan tanda centang pada foto, audio, video, dan dokumen.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di WA

  • Lakukan hal yang sama untuk opsi “Saat Terhubung ke Wi-Fi” dan “Roaming”.

Anda juga bisa menonaktifkan WhatsApp untuk membatasi pesan yang masuk.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Wifi Lewat HP: Indihome dan ZTE

6. Hapus Data YouTube

Banyak orang tidak menyadari bahwa aplikasi YouTube dapat menghabiskan banyak penyimpanan. Akibatnya, setiap kali Anda menggunakan YouTube, penyimpanan ponsel Anda akan terus berkurang.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan secara teratur menghapus data YouTube. Cukup temukan aplikasi YouTube dalam daftar aplikasi ponsel Anda, lalu hapus data. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi penggunaan penyimpanan ponsel Anda.

Anda juga bisa memeriksa secara berkala video yang sudah Anda unduh dan kemudian menghapusnya jika dirasa sudah tidak penting. Berikut adalah cara menghapus data video offline di YouTube:

  • Buka aplikasi YouTube.
  • Buka menu Profil.
  • Pilih “Settings”  > “Download” > “Delete All Download.”

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di WA

7. Gunakan Aplikasi Antivirus & Cleaner

Selain melalui langkah manual, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pembersih (cleaner) dan antivirus. Aplikasi ini bisa menghapus cache dan berkas-berkas yang tidak diperlukan secara otomatis. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan RAM HP.

Ada beberapa aplikasi cleaner yang tersedia di Play Store. Namun, kami merekomendasikan CCleaner: Storage Cleaner.

Cara Mengatasi Full Memory Android

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi memori penuh di HP yang paling mudah. Dengan panduan ini, Anda tidak perlu khawatir lagi saat memori internal hampir habis, karena Anda sudah tahu cara menghindari dan mengatasinya!

Sebenarnya, ada cara mengatasi penyimpanan penuh lainnya yang lebih “ekstrem”, yaitu dengan melakukan root. Namun, perlu diingat bahwa opsi ini sangat berisiko dan dapat mengakibatkan kehilangan garansi ponsel. Jadi, kami tidak menganjurkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *