Tips & Trick

2 Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung Tanpa Aplikasi

65
×

2 Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung Tanpa Aplikasi

Share this article
cara menggandakan aplikasi di Samsung

Jika dulu cloning atau duplikasi aplikasi di HP Samsung melibatkan langkah-langkah yang rumit, kini cara menggandakan aplikasi di Samsung sudah jauh lebih mudah. Bahkan, Anda tidak perlu download dan instal aplikasi tambahan untuk melakukannya.

Jika Anda seorang gamer, Anda barangkali ingin memiliki banyak akun cadangan dalam satu permainan untuk mencoba strategi baru. Sementara bagi pekerja maupun pebisnis, Anda dapat memisahkan kehidupan pribadi dari urusan pekerjaan dengan menggandakan aplikasi perpesanan yang ada di HP Anda.

Terlepas dari apa pun itu kebutuhan Anda, satu dari cara menggandakan aplikasi di HP Samsung berikut ini akan mewujudkan Anda memiliki aplikasi-aplikasi yang sama sekaligus.

Pakai Cara Aman untuk Menggandakan Aplikasi di Samsung

cara menggandakan aplikasi di Samsung

Jika Anda menilik ke lima tahun ke belakang, internet dipenuhi dengan berbagai artikel yang merekomendasikan berbagai aplikasi kloning terbaik untuk perangkat Android.

Meski berhasil, penggunaan aplikasi-aplikasi ini cenderung merepotkan. Itu karena Anda harus download dan instal terlebih dahulu sebelum akhirnya benar-benar menggandakan aplikasi yang Anda inginkan. Itu berarti Anda juga harus rela menyisihkan ruang penyimpanan untuk aplikasi-aplikasi ini.

Ditambah lagi, tidak semua aplikasi cloning kompatibel dengan aneka tipe HP Samsung. Mau tidak mau, Anda harus mencoba satu per satu demi menemukan aplikasi yang bekerja untuk HP Anda. Jika Anda sudah hampir menyerah, solusi di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

2 Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung Tanpa Aplikasi

Begini cara menggandakan aplikasi di HP Samsung tanpa aplikasi yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan Fitur Dual Messenger

Tahukah Anda? HP Samsung keluaran teranyar kini sudah dipersenjatai dengan fitur penggandaan aplikasi built-in. Menurut website resmi Samsung, fitur ini dapat diakses pada HP Samsung dengan Android versi 9, 10, dan 11. Adapun nama fitur tersebut adalah Dual Messenger.

Sesuai namanya, Dual Messenger dapat memperbanyak aplikasi, khususnya aplikasi perpesanan, yang mana ini juga berarti tidak semua aplikasi ter-cover di dalam layanannya.

Walau begitu, Anda masih bisa mencobanya apabila kebetulan Anda memang hanya butuh salinan messenger seperti WhatsApp, Facebook, atau Telegram. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka “Pengaturan”. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan “Fitur Lanjutan”.

cara menggandakan aplikasi di Samsung tanpa aplikasi

  • Di dalam “Fitur Lanjutan”, scroll ke bawah sekali lagi hingga opsi Dual Messenger muncul di layar.

cara kloning aplikasi di HP Samsung

  • Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat Anda kloning. Pilih aplikasi perpesanan yang ingin Anda gandakan. Untuk contoh ini, pilih WhatsApp.

Dual Messenger Samsung

  • Tap Install. Proses penggandaan dimulai.
  • Tunggu hingga aplikasi yang dikloning terinstal di perangkat Anda. Prosesnya mungkin memerlukan waktu beberapa saat.
  • Setelah instalasi selesai, Anda dapat kembali ke beranda untuk mengecek apakah WhatsApp hasil kloningan sudah terinstal. Jika iya, maka Anda dapat mengetahuinya dari tanda berwarna jingga yang terletak di sudut kanan bawah ikon WhatsApp. Tanda ini berfungsi untuk membedakan aplikasi tersebut dari versi aslinya.
  • Kemudian, Anda dapat memisahkan daftar kontak di aplikasi kedua supaya kontak-kontak tertentu saja yang muncul. Masih di menu Dual Messenger, geser tombol di bagian “Gunakan daftar kontak terpisah” ke kanan. Lalu, ikuti instruksi yang tertera di layar untuk menyelesaikan pengaturan.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Iklan di HP SAMSUNG Tanpa Aplikasi

2. Menggunakan Folder Aman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Dual Messenger hanya bisa menduplikasi aplikasi berkirim pesan saja. Lantas, bagaimana cara menggandakan aplikasi game di Samsung, ataupun aplikasi-aplikasi lainnya?

Untuk kebutuhan yang satu ini, Anda dapat menggunakan fitur Folder Aman, yang beruntungnya juga merupakan fitur bawaan dari HP Samsung. Tidak ada batasan jenis aplikasi untuk diperbanyak menggunakan Folder Aman. Pastikan HP Samsung Anda dibekali dengan Android versi terbaru untuk mengakses fitur ini.

Apabila ini pertama kalinya Anda menggunakan Folder Aman, pertama-tama Anda harus mengaturnya terlebih dahulu:

  • Di beranda, usap layar ke bawah untuk membuka menu kontrol.
  • Cari titik tiga di sudut kanan atas layar. Tap dan temukan Folder Aman. Tekan dan tahan ikon tersebut, lalu seret ke menu di bawahnya. Kemudian, tap “Selesai” untuk menyimpan perubahan Anda.

cara menggandakan aplikasi game di Samsung

  • Sekarang, pada bilah notifikasi, Anda akan melihat ikon Folder Aman yang baru saja Anda tambahkan. Sentuh ikon tersebut untuk mengaktifkannya.
  • Buka daftar aplikasi Anda. Cari dan ketuk ikon Folder Aman sekali lagi.
  • Di dalam Folder Aman tersebut, Anda akan menjumpai tanda +. Ketuk untuk menambahkan aplikasi yang hendak Anda gandakan.

cara menggandakan aplikasi di HP Samsung tanpa aplikasi

  • Setelah berhasil, Anda akan melihat versi kloning dari aplikasi tersebut di folder khusus ini.

Kelebihan lain dari Folder Aman adalah pengguna dapat menyetel password untuk mengunci aplikasi di Samsung. Dengan demikian, Anda dapat merahasiakan informasi penting yang tersimpan di aplikasi-aplikasi salinan ini dari tangan-tangan usil.

Penutup

Apa pun tujuan Anda memiliki banyak aplikasi salinan, cara menggandakan aplikasi di Samsung yang sudah Anda pelajari sebelumnya akan membantu Anda untuk mendapatkannya. Gunakan aplikasi-aplikasi hasil duplikasi dengan bijak untuk mencegah pelanggaran persyaratan layanan dan perjanjian lisensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *