Tips & Trick

4 Cara Menghapus Data Sistem di iPhone Agar Tidak Full

136
×

4 Cara Menghapus Data Sistem di iPhone Agar Tidak Full

Share this article
Cara Menghapus Data Sistem di iPhone

Apakah Anda pernah merasa kapasitas penyimpanan pada iPhone terlalu kecil? Selain itu, sebagian dari kapasitas tersebut ternyata digunakan untuk menyimpan data sistem. Oleh karena itu, Anda memerlukan cara menghapus data sistem di iPhone untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Pada dasarnya, data sistem merupakan kumpulan berkas yang digunakan oleh sistem dan tidak masuk ke dalam kategori utama seperti aplikasi, foto, dan lain sebagainya. Data sistem tentu berguna agar iPhone Anda dapat beroperasi secara optimal.

Namun dalam beberapa kasus, terdapat beberapa data sistem yang sebenarnya sudah tidak Anda butuhkan lagi. Oleh karena itu, Anda bisa menghapus data sistem tersebut agar mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Beberapa Cara Menghapus Data Sistem pada iPhone

Data sistem juga sering disebut sebagai other system. Hal ini mengacu pada jenis data yang tidak termasuk pada kategori utama sehingga dapat dikategorikan sebagai “lainnya”.

Terdapat beberapa cara menghapus other system data di iPhone yang bisa Anda lakukan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Silakan informasi di bawah untuk mengetahui detail masing-masing langkah tersebut.

1. Menghapus Data Sistem Melalui Sistem Penyimpanan

Cara mudah menghapus data sistem di iPhone

Salah satu data sistem yang cukup memakan kapasitas penyimpanan pada smartphone adalah data pada safari. Safari sendiri merupakan aplikasi yang biasa pengguna iPhone gunakan untuk mengakses peramban dan berselancar di dalam internet.

Oleh karena itu, berbagai data dari situs web yang pernah Anda kunjungi akan tersimpan di dalamnya. Hal ini dilakukan agar proses memuat menjadi lebih cepat ketika Anda mengunjungi situs tersebut kembali.

Ikuti langkah di bawah ini agar Anda bisa menghapus data dari Safari sehingga mengurangi data sistem:

  1. Buka menu pengaturan atau settings.
  2. Klik pada menu umum atau generals.
  3. Pilih menu penyimpanan iPhone.
  4. Geser layar hingga Anda menemukan aplikasi Safari.
  5. Pilih Data pada situs Web.
  6. Hapus semua data situs web tersebut.
  7. Lakukan konfirmasi untuk menghapus data dari iPhone Anda.

Anda tidak perlu khawatir hal ini akan memperlambat kinerja iPhone. Sebab pada dasarnya data tersebut hanya akan berguna jika Anda mengunjungi kembali situs web. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menghapus data situs web yang sudah tidak Anda kunjungi.

2. Menghapus Data Sistem Safari

Cara menghapus data sistem di iPhone melalui data safari

Selain menggunakan cara di atas, terdapat juga cara menghapus data sistem lainnya di iPhone melalui aplikasi Safari dengan cara berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan atau settings.
  2. Gulirkan layar ke bagian bawah hingga Anda menemukan pengaturan Safari.
  3. Klik pada bersihkan riwayat dan data situs web.
  4. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

3. Menghapus Cache Google Chrome

Tampilan cara menghapus data sistem di iPhone melalui data safari

Beberapa pengguna iPhone menggunakan Chrome sebagai aplikasi browser utama mereka. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini akan menyimpan data berupa cache yang menghabiskan kapasitas penyimpanan iPhone Anda.

Berikut ini adalah cara menghapus cache di iPhone dari aplikasi Google Chrome:

  1. Masuk ke dalam aplikasi Google Chrome.
  2. Klik pada tombol titik tiga di bagian pojok kiri bawah.
  3. Geser layar hingga Anda menemukan pilihan pengaturan atau setting.
  4. Klik pada tab privacy dan pilih opsi advanced.
  5. Klik pada tab clear browsing data.
  6. Pilih data yang ingin Anda hapus seperti browsing history, cookies and site data, dan cached images and files.
  7. Klik pada pilihan clear data dan tunggu hingga proses menghapus cache selesai.

4. Menghapus Pesan di Dalam iPhone

Cara menghapus pesan dan data sistem di iPhone

Pesan merupakan salah satu fitur yang pasti ada di setiap smartphone termasuk iPhone. Namun di zaman seperti sekarang, aplikasi ini sudah hampir tidak pernah digunakan untuk menghubungi teman maupun kerabat.

Meski begitu, terkadang tetap ada pesan seperti dari pihak operator yang masuk. Tentunya pesan tersebut akan tersimpan sehingga membutuhkan ruang penyimpanan. Oleh karena itu, salah satu cara mengurangi system data iPhone iOS 16 ataupun versi lainnya adalah dengan menghapus pesan.

Agar tidak perlu repot melakukannya berulang kali, Anda bisa mengatur agar pesan terhapus setelah beberapa hari. Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaturnya:

  1. Buka menu pengaturan atau settings.
  2. Pilih aplikasi Pesan.
  3. Geser layar Anda ke bawah hingga bagian riwayat pesan.
  4. Klik pada opsi simpan pesan.
  5. Pilih jangka waktu menyimpan pesan yang Anda inginkan seperti 30 hari ataupun 1 tahun.
  6. Selesai.

Dengan pengaturan ini, maka pesan akan otomatis terhapus setelah melewati batas hari yang Anda tentukan. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan untuk menyimpan pesan tidak akan menjadi terlalu besar.

Mencegah Sistem Data Terlalu Besar

Cara menghapus data sistem di iPhone agar penyimpanan lebih lega

Mungkin Anda bertanya kenapa system data iPhone besar padahal tidak terlalu banyak memasang aplikasi di dalamnya. Jawabannya adalah karena pada dasarnya sistem data terdiri dari berbagai jenis data yang dapat bertambah seiring berjalannya waktu.

Contohnya seperti cache pada browser, pesan masuk, kontak dan berbagai data serta dokumen lain yang tanpa sadar tersimpan ke dalam iPhone. Oleh karena itu, Anda bisa mencegah data sistem menjadi terlalu besar dengan rutin melakukan pembersihan.

Lakukan cara yang telah kami berikan di atas secara rutin agar data sistem pada iPhone Anda tetap berada pada nilai wajar. Selain itu, Anda juga bisa menghapus kontak di iPhone untuk membuat penyimpanan menjadi lebih lega.

Aplikasi yang tidak terpakai juga sering menjadi penyebab kapasitas habis terpakai dengan sia-sia. Oleh karena itu, sebaiknya hapus aplikasi di iPhone jika Anda sudah tidak akan menggunakannya.

Setelah mengetahui cara menghapus data sistem di iPhone, Anda tidak perlu khawatir lagi penyimpanan akan menjadi full. Sebab Anda bisa segera menghapus data sistem sehingga membuat penyimpanan menjadi lebih lega.

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *