Tips & Trick

5 Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

53
×

5 Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

Share this article
Cara menghilangkan tanda headset di hp

Pemakaian TWS, headset gaming, headphone, earphone, dan earbud di kalangan pengguna hp itu memang sangat tinggi. Hanya saja, terkadang ada masalah muncul, seperti tanda headset yang tak menghilang meski alat output tersebut sudah dicabut. Lalu, apakah ada cara menghilangkan tanda headset di hp

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk mengatasinya. Cara menghilangkan tanda headset di hp Xiaomi, Samsung, OPPO, dan hp merk lain pun sama. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah! 

1. Pasang Kembali Headset di HP

Cara menghilangkan tanda headset di hp Xiaomi

Pada dasarnya, ada beberapa alasan kenapa tiba-tiba muncul tanda headset di hp muncul padahal Anda sedang tidak menyambungkannya ke hp. Jika hal ini terjadi tepat setelah Anda mencabut headset dari hp, maka kemungkinan besar ada bug. Sehingga, sistem menganggap jika alat ini masih terpasang di hp Anda. 

Karena itu, Anda bisa menghilangkan tanda headset tersebut dengan cara menyambungkan headset bluetooth ke hp maupun headset kabel. Coba pasang kembali headset tersebut, setel audio selama 1-2 menit, lalu cabut kembali headset dari hp Anda. Jika sudah, lihat apakah tanda headset masih ada atau tidak. 

2. Restart HP

Cara menghilangkan tanda headset di hp Android

Apabila ternyata tanda tersebut masih ada, maka masalah bug-nya bisa jadi datang dari hp Anda. Jadi, cara menghilangkan tanda headset di hp Android maupun iPhone yang selanjutnya adalah dengan restart hp. Cara ini biasanya ampuh karena ponsel Anda akan merasa segar kembali setelah di-restart

Ketika hp sudah menyala kembali, Anda bisa mencoba menyetel musik atau berbagai jenis audio lain. Jika tidak ada masalah, maka berarti Anda bisa kembali memakai hp dengan normal. Namun, jika tanda headset masih ada dan audio tidak keluar, maka masalahnya akan lebih besar dari sekadar bug saja. 

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara-cara di atas, memakai aplikasi penghilang tanda headset juga bisa Anda lakukan. Misalnya seperti memakai aplikasi Earphone Toogle yang bisa Anda unduh di Google Play Store. Cara pakainya pun sangat mudah, yaitu seperti berikut! 

  • Buka aplikasi “Earphone Toggle”
  • Pasang headset
  • Klik “Headset Test”

Aplikasi penghilang tanda headset

  • Klik layar untuk melakukan headset test
  • Lepas headset
  • Klik layar sekali lagi untuk melakukan headset test
  • Cek apakah audio bisa terdengar tanpa headset atau tidak

4. Lakukan Tes Speaker 

Jika memakai ulang headset, restart hp, dan pemakaian aplikasi pihak ketiga masih tidak berhasil, maka Anda bisa melakukan tes speaker. Hal ini karena penyebab tanda headset muncul juga bisa terjadi karena ada masalah di speaker hp Anda. 

Berikut adalah cara menghilangkan tanda headset di hp Samsung dengan tes speaker! 

  • Masuk ke menu “Pengaturan”
  • Pilih “Battery & device care”

Cara menghilangkan tanda headset di hp Samsung

  • Klik “Diagnostic”

Cara menghilangkan tanda headset di hp Samsung

  • Klik “Phone diagnostic”

Cara menghilangkan tanda headset di hp Samsung

  • Pilih “Speaker”

Cara menghilangkan tanda headset di hp Samsung

  • Lakukan semua pengecekan untuk melihat apakah ada masalah pada speaker atau tidak

Sebagai catatan, mungkin cara pengecekannya akan sedikit berbeda untuk hp tipe lain. 

5. Bawa HP ke Tempat Service Resmi Terdekat

Cara menghilangkan tanda headset di hp Samsung

Apabila Anda menemukan masalah pada speaker, maka Anda bisa langsung membawanya ke tempat service terdekat. Hanya saja, pastikan jika Anda hanya membawanya ke tempat service resmi. Hal ini agar pengecekan dan perawatan bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan hp Anda. 

Itulah cara menghilangkan tanda headset di hp yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Jika masalahnya hanya ada di bug, maka Anda bisa mengatasinya dengan memasang kembali headset dan melepasnya atau dengan restart hp. Namun, jika masalahnya lebih serius, Anda bisa melakukan pilihan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *