Tips & Trick

3 Cara Menyambungkan HP ke TV (Kabel, WiFi, USB)

67
×

3 Cara Menyambungkan HP ke TV (Kabel, WiFi, USB)

Share this article
Cara Menyambungkan HP ke TV

Dengan teknologinya yang semakin berkembang, ponsel pintar pun sudah memungkinkan untuk bisa tersambung ke TV. Bila mau melakukan hal ini, ada berbagai cara menyambungkan HP ke TV supaya Anda dapat menonton hiburan dengan layar yang lebih besar atau melakukan presentasi.

Namun, yang jadi pertanyaan, bagaimana langkah untuk menyambungkannya?

Nah, jika Anda masih belum mengetahui caranya, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut. Jika Anda memang masih bingung dan ingin tahu bagaimana caranya, pastikan untuk Anda membaca artikel ini hingga selesai dan menerapkannya ya!

Cara Menghubungkan HP ke TV

cara menyambungkan HP ke TV

Dalam pembahasan berikut menyajikan beberapa metode yang dapat Anda lakukan supaya HP bisa tersambung ke televisi, mulai dari dengan memakai kabel HDMI, melalui koneksi WiFi, hingga dengan menggunakan USB.

Sebenarnya, cara menyambungkan kedua perangkat ini sebenarnya tergolong mudah. Hanya saja, Anda perlu mengetahui bila tidak semua HP mendukung fitur ini. 

Begitu pula dengan TV yang mungkin hanya mendukung salah satu dari cara yang akan kami berikan, atau malah TV tersebut memang benar-benar tidak mendukung untuk hal ini.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bila perangkat TV dan HP memang sudah memiliki fitur untuk saling tersambung. Biasanya, paling tidak TV yang  beredar di pasaran kini sudah mendukung fitur HDMI.

Lebih bagus lagi jika TV milik Anda tergolong sebagai smart TV, sehingga pastinya mudah bila memang mau menyambungkan dengan HP.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menyambungkan HP ke TV.

Baca Juga: 4 Cara Menyambungkan HP ke Laptop

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan HDMI

Bila mau menerapkan metode ini, pastikan HDMI cable milik Anda kompatibel dengan port HDMI di TV dan HP Anda. Jika HP tersebut tidak ada port HDMI, Anda dapat menggunakan adapter converter untuk menghubungkannya ke HDMI cable.

  • Hubungkan kabel HDMI ke TV dan HP. Pastikan agar tercolok dengan baik.

cara menyambungkan HP ke TV

  • Lalu, hidupkan HP dan TV Anda.
  • Setel televisi dengan saluran/mode HDMI yang sesuai.
  • Setelahnya, maka tampilan layar HP akan tersambung. Kalau belum, maka Anda dapat mengaktifkan mode sambungan HDMI terlebih dahulu dengan mencarinya di pengaturan.

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan USB

Tahap-tahap dalam menyambungkan TV dan HP menggunakan USB mungkin berbeda-beda tergantung apa model/seri TV dan HP yang Anda punya. Namun, berikut adalah langkah umum yang dapat Anda ikuti:

  • Pertama, perlu memastikan kalau TV mempunyai port USB, biasanya terletak di bagian belakang atau samping. Pastikan pula ponsel yang ingin disambungkan memiliki lubang USB sesuai dengan port USB di TV.
  • Hubungkan kabelnya ke kedua perangkat.

cara menyambungkan HP ke TV

  • Navigasikan ke menu sumber tampilan/input di TV dan pilih opsi yang sesuai dengan kabel USB yang Anda gunakan.
  • Pada beberapa HP Android, Anda mungkin perlu mengaktifkan USB Debugging melalui pengaturan pengembang untuk mendukung koneksi USB.

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Kalau Anda mau membuat televisi dan HP terhubung tapi tidak mau repot menggunakan kabel, maka dapat menggunakan jaringan WiFi. Oleh karena itu, setidaknya Anda punya televisi yang sudah memiliki fitur WiFi. Ada 3 cara untuk hal ini:

Screen Mirroring

Fitur ini biasanya hadir pada Smart TV dan perangkat Android. Ini tahapannya:

  • Sambungkan TV dan HP ke satu jaringan WiFi.
  • Buka menu pengaturan di perangkat seluler Anda dan cari opsi yang disebut “Screen Mirroring/Smart View/Tampilan” (nama ini bisa berbeda-beda tergantung merek HP). Kemudian pilih perangkat TV.

ara menyambungkan HP ke TV

  • Setelah menemukannya, aktifkan fitur tersebut. Selanjutnya, pada layar TV Anda, buka opsi “Miracast” atau “Screen Mirroring” .
  • Pilih perangkat seluler Anda yang mau disambungkan.
  • Apabila muncul permintaan memasukkan kode, maka sesuaikan saja.

Melalui Chromecast

Ini adalah alat khusus yang bisa didapatkan melalui pembelian terpisah atau sudah termasuk dalam beberapa TV pintar. Bila menggunakan Chromecast, ini caranya:

  • Pastikan Anda telah mengunduh atau menginstal aplikasi Google Home di ponsel Anda.
  • Setelah itu, sambungkan Chromecast ke port HDMI TV.
  • Chromecast sudah terhubung ke TV, pastikan untuk menyambungkannya ke jaringan WiFi yang sedang Anda gunakan.

cara menyambungkan HP ke TV

  • Kemudian, buka Google Home, lalu pilih opsi “Set Up Device”. Ikuti petunjuk yang muncul di aplikasi Google Home untuk menyetel koneksi antara Chromecast dan ponsel Anda.
  • Setelah langkah-langkah tersebut selesai, Chromecast akan terhubung dengan ponsel Anda, dan Anda dapat langsung memakainya.

Menggunakan aplikasi

Alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti LetsView, ApowerMirror, dan AirScreen. Selain dari ketiga aplikasi tersebut, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang dapat Anda gunakan. Mungkin, Anda bisa memilih sesuai dengan seberapa bagus rating dari aplikasi tersebut.

Caranya dapat Anda lihat dalam aplikasi tersebut, sebab bisa saja urutannya berbeda. Selain itu, terkadang ada juga aplikasi yang tidak kompatibel dengan merek HP tertentu. Ikuti saja panduan setelah Anda membuka aplikasinya.

Itulah metode mengenai cara menyambungkan HP ke TV yang dapat Anda coba. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *