Tips & Trick

Cara Menyembunyikan Foto di iPhone dan Menampilkannya

208
×

Cara Menyembunyikan Foto di iPhone dan Menampilkannya

Share this article
Cara menyembunyikan foto di iPhone

“Menyembunyikan foto di iPhone bisa Anda lakukan tanpa aplikasi. Anda bisa menyembunyikan semua foto pribadi dan rahasia dengan praktis.”

Ingin foto pribadi di iPhone Anda tidak terlihat? Cara menyembunyikan foto di iPhone sangat mudah, lhoh. Anda bisa melakukannya tanpa aplikasi.

Bagi Anda yang iPhone-nya seringkali dipinjam teman atau saudara tentu akan merasa was-was jika mempunyai foto pribadi yang tidak ingin orang lain tahu. Ada rasa ketakutan tersendiri karena takut foto pribadi dilihat oleh orang lain.

Tenang saja, bagi para pengguna iPhone bisa langsung menyembunyikan foto pribadinya dengan mudah. Anda tidak perlu download aplikasi tambahan dan tidak perlu takut foto hilang atau terhapus.

Ingin tahu bagaimana caranya? Simak ulasannya hanya di sini.

Cara Menyembunyikan Foto di iPhone Tanpa Aplikasi

Untuk menyembunyikan foto di iPhone tanpa menggunakan aplikasi pastikan iOS iPhone Anda minimal sudah 14. Jika masih di bawahnya Anda perlu melakukan upgrade terlebih dahulu. Pasalnya cara ini hanya bisa bekerja di iPhone dengan iOS 14 ke atas.

Jika iOS iPhone Anda sudah memenuhi persyaratan, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyembunyikan foto di iPhone.

  1. Bukalah Foto di iPhone Anda.
  2. Kemudian pilih foto yang akan Anda sembunyikan.
  3. Selanjutnya pilih tanda Share atau bentuk panah yang ada kotanya dibagian bawah pojok kiri.
ara menyembunyikan foto di iPhone tanpa aplikasi
  1. Setelah itu scroll sampai bawah lalu pilih Sembunyikan. Secara otomatis foto yang sudah Anda pilih akan hilang dari file foto Anda.

Bagaimana jika Anda ingin menyembunyikan langsung satu album? Cara menyembunyikan album di iPhone sama dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Hanya saja bukan fotonya yang Anda pilih melainkan albumnya.

Jika sudah disembunyikan Anda hanya bisa melihatnya di folder Tersembunyi. Anda bisa scroll ke bawah sampai Utilitas lalu akan ada folder Tersembunyi. Anda bisa langsung pilih saja untuk melihat file foto atau album yang sudah disembunyikan.

Agar orang lain tidak bisa melihat file tersembunyi Anda maka Anda harus hidden folder ini. Adapun cara hidden folder tersembunyi ini yaitu:

  1. Kembalilah ke layar utama iPhone Anda lalu pilih Pengaturan.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah sampai ke Menu Foto.
Cara menyembunyikan album di iPhone
  1. Setelah itu Anda bisa scroll lagi sampai menemukan menu Album Tersembunyi. Tombol album tersembunyi ini pasti masih hijau, kan? Anda bisa langsung matikan saja.
  2. Cobalah cek kembali ke menu Foto dan file tersembunyi sudah tidak bisa Anda temukan lagi.

Lalu adakah cara agar foto yang ada di iPhone tidak bisa dibuka oleh sembarang orang? Untuk lebih amannya Anda bisa mengunci galeri iPhone Anda. dengan demikian hanya orang tertentu saja yang tahu password-nya yang bisa membuka foto yang ada di iPhone Anda.

Cara Menampilkan Foto yang Tersembunyi di iPhone

Jika sudah disembunyikan bisakah foto ditampilkan kembali agar orang lain bisa melihatnya? Tentu saja bisa, Anda bisa menampilkan kembali foto yang sudah Anda sembunyikan sebelumnya.

Caranya mudah yaitu dengan membuka file tersembunyi yang ada di iPhone Anda. Karena sebelumnya file ini sudah dihilangkan maka Anda perlu menampilkannya kembali. Adapun cara melihat file tersembunyi di iPhone yaitu:

  1. Bukalah menu Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Selanjutnya pilih menu Foto.
  3. Setelah itu scroll ke bawah dan aktifkan kembali Album Tersembunyi.
cara melihat file tersembunyi di iPhone
  1. Kembalilah ke Foto yang ada di menu utama iPhone lalu cek di Utilitas, folder tersembunyi sudah terlihat.

Selain menampilkannya di file tersembunyi, Anda juga bisa mengembalikan foto yang ada di file ini kembali ke file semulanya. Adapun cara menampilkan foto agar tidak tersembunyi lagi, yaitu:

  1. Bukalah menu Foto di iPhone Anda.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah sampai ke Utilitas lalu pilih menu Tersembunyi,
cara melihat foto tersembunyi di iPhone
  1. Pilih foto atau album yang akan Anda tampilkan kembali.
  2. Setelah itu pilih tombol Share yang berbentuk panah kota yang ada di pojok kiri. Scroll ke bawah lalu pilih Tampilkan.
  3. Kembalilah ke menu Foto dan foto yang Anda sembunyikan sudah terlihat kembali.

Aplikasi untuk Menyembunyikan Foto di iPhone

aplikasi untuk menyembunyikan foto di iPhone

Selain menyembunyikannya secara manual langsung di iPhone, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk menyembunyikan foto. Adapun aplikasi paling recommended untuk menyembunyikan foto di iPhone yaitu:

1. Private Photo Vault

Ukuran aplikasi ini 217,3 MB dengan spesifikasi iPhone minimal iOS 12. Anda bisa menyembunyikan foto, video, dan file lainnya. Aplikasi ini juga tersedia gratis.

2. Keepsafe

Pengguna iPhone dengan iOS 14 ke atas bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyembunyikan file termasuk foto dan video. Ukurannya ringan hanya 171,6 MB saja.

3. Spycalc

Ini merupakan aplikasi berbayar yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan foto dan video di iPhone. Harga aplikasi ini adalah $1,99. Anda bisa menyembunyikan file apapun dan memberinya password dengan aplikasi ini.

Mudah bukan cara menyembunyikan foto di iPhone? Tanpa menggunakan aplikasi tambahan pun Anda sudah bisa menyembunyikan foto di iPhone Anda.

Selain menyembunyikan foto, Anda juga bisa menyembunyikan aplikasi di iPhone. Anda yang tidak ingin aplikasinya dilihat atau dibuka oleh orang lain bisa langsung menyembunyikan dengan cara yang mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *