Tips & Trick

Cara Scan Barcode di iPhone untuk Semua Tipe

81
×

Cara Scan Barcode di iPhone untuk Semua Tipe

Share this article
Cara Scan Barcode di iPhone

Barcode seringkali digunakan untuk berbagai keperluan seperti melakukan pembayaran, mengarahkan pada link, hingga menunjukkan informasi tertentu. Tahukah Anda bahwa terdapat cara scan barcode di iPhone yang sangat mudah untuk dilakukan?

Penggunaan barcode memang semakin sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Mulai dari melakukan pembayaran dengan melakukan scan kode QR, scan barcode untuk menuju halaman tertentu dan berbagai keperluan lainnya.

Cara Scan Barcode di iPhone untuk Semua Tipe

Oleh karena itu, mengetahui cara scan barcode sangat penting agar Anda tidak kebingungan ketika harus melakukannya. Silakan baca informasi berikut hingga tuntas agar Anda mengetahui bagaimana cara scan QR code di HP.

Cara Scan Barcode Menggunakan Kamera iPhone

Cara scan barcode di iPhone menggunakan kamera iOS

Melakukan scan barcode menggunakan iPhone dapat lebih mudah dilakukan karena adanya fitur canggih pada kamera iPhone. Dengan fitur ini, Anda bisa scan barcode tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

Berikut ini adalah cara scan barcode di iPhone tanpa aplikasi tambahan hanya menggunakan kamera:

  1. Buka aplikasi kamera pada iPhone Anda.
  2. Pilih kamera belakang untuk mengambil gambar.
  3. Arahkah kamera iPhone pada barcode yang hendak Anda pindai.
  4. Tunggu hingga iPhone mengenali barcode dan menampilkan pemberitahuan.
  5. Klik pada pemberitahuan yang muncul untuk menuju situs web maupun aplikasi yang terhubung dengan barcode.
  6. Selesai.

Karena tidak perlu memasang aplikasi tambahan, cara ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Selain itu, cara ini juga sangat cepat sehingga Anda bisa langsung membuka barcode tanpa perlu menunggu waktu lama.

Cara Scan Barcode dari Galeri

Cara scan barcode di iPhone menggunakan dari galeri

Dengan cara di atas, Anda bisa memindai barcode yang ada di tempat lain seperti kertas maupun layar perangkat lain. Namun, cara tersebut tidak bisa Anda gunakan jika ingin memindai barcode dari galeri.

Untuk memindai barcode dari galeri, maka Anda perlu mengikuti cara scan barcode dari galeri berikut ini:

  1. Pasang aplikasi Google Photos ke dalam iPhone.
  2. Buka aplikasi Google Photos.
  3. Berikan Google Photos akses ke roll kamera iPhone Anda.
  4. Pilih gambar barcode yang ingin Anda pindai.
  5. Klik pada menu Lens untuk memindai barcode.
  6. Klik pada informasi yang muncul untuk pergi ke situs atau aplikasi yang terhubung dengan barcode.
  7. Selesai.

Fungsi Scan Barcode

Fungsi Scan Barcode di iPhone

Seperti kami sebutkan sebelumnya, scan barcode memiliki banyak fungsi dan manfaat. Misalnya dengan cara scan barcode WiFi di iPhone, Anda bisa segera terhubung dengan WiFi tanpa perlu melakukan scan WiFi di iPhone.

Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan barcode di dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mempermudah Pengguna

Pernahkah Anda diminta untuk pergi ke sebuah situs yang memiliki nama panjang dan rumit seperti Google Forms misalnya. Tentu hal ini akan menyulitkan Anda untuk mengetik nama situs tersebut. Selain itu, mengetik nama situs juga memungkinkan Anda melakukan typo sehingga keliru.

Dengan adanya barcode, maka proses pengguna untuk pergi ke situs tersebut akan menjadi lebih cepat. Anda tidak perlu repot mengetik nama situs tersebut di halaman browser untuk pergi ke sana. Cukup buka kamera dan arahkan ke barcode sehingga Anda bisa langsung mengunjungi situs tersebut.

2. Mempercepat Proses

Pernahkah Anda melakukan pembayaran secara non tunai di sebuah rumah makan? Jika iya, maka Anda pasti menyadari bahwa sudah banyak yang menggunakan barcode atau QR untuk menerima pembayaran non tunai.

Hal ini dimaksudkan agar pelanggan lebih cepat dalam melakukan pembayaran non tunai.

Bisa Anda bayangkan jika Anda perlu melakukan transfer untuk melakukan proses pembayaran. Tentu proses pembayaran akan semakin panjang sehingga membutuhkan waktu lama.

Meski menggunakan mobile banking, setidaknya ada banyak langkah yang perlu Anda lalui untuk melakukan transfer. Misalnya seperti membuka aplikasi mobile banking, memasukkan nomor rekening, memasukkan nominal pembayaran, melakukan pembayaran, dan sebagainya.

Sementara itu, Anda cukup membuka kamera dan mengarahkannya ke barcode untuk masuk ke halaman pembayaran. Tentunya waktu yang dibutuhkan juga semakin cepat.

Keberadaan barcode memang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat berbagai aktivitas. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara scan barcode di iPhone sehingga Anda bisa memanfaatkan barcode secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *