Tips & Trick

Wajib Tahu! 5 Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

160
×

Wajib Tahu! 5 Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

Share this article
Tips Membeli iPhone Bekas Agar Awet

Tabloidselular.com – iPhone memang identik sebagai gawai mewah dengan kualitas jempolan. Karena memang harganya cukup mahal, banyak orang yang tertarik untuk membeli iPhone second. Jika Anda ingin memiliki iPhone dengan harga murah dan berkualitas, simak tips membeli iPhone bekas berikut ini.

1. Beli dari Sumber Terpercaya

Ketika Membeli iPhone Bekas Sebainya dari Sumber Terpercaya

Pertama-tama, pastikan Anda membeli iPhone bekas dari sumber terpercaya. Anda bisa mencari toko resmi atau toko online yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik.

Jangan sampai tergiur iPhone bekas dengan harga murah. Satu tips membeli iPhone bekas online adalah cek ulasan pembeli dan lakukan riset terhadap toko online tersebut.

Meskipun membeli iPhone secara online lebih praktis, tapi lebih baik jika membelinya langsung ke toko. Sehingga, Anda bisa memeriksa kondisi iPhone tersebut.

2. Cek Apple ID

Cek Apple ID Sebelum Membeli iPhone Bekas

Salah satu tips membeli iPhone bekas untuk pemula adalah memeriksa Apple ID. Hal ini karena setiap pengguna iPhone harus log in ke smartphone tersebut dengan menggunakan Apple ID.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli iPhone bekas, cek terlebih dahulu pengaturan. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada Apple ID pengguna sebelumnya. Jika Apple ID sudah kosong, Anda bisa memasukkan ID Anda sendiri.

3. Periksa Kondisi iPhone

Salah Satu Tips Membeli iPhone Bekas Adalah dengan Memeriksa Kondisi iPhone

Pengguna sebelumnya mungkin memiliki alasan untuk menjual iPhone. Salah satu alasannya mungkin saja ada kerusakan pada iPhone. Oleh karena itu, pastikan bahwa iPhone bekas tersebut bisa berfungsi normal.

Periksa kondisi fisik iPhone beserta semua fiturnya. Pertama, periksa semua bagian layar dan pastikan touchscreen berfungsi secara optimal. Kemudian, pastikan tidak ada gangguan pada port charging.

Lalu, cobalah untuk menekan semua tombol yang ada di iPhone. Misalnya, periksalah tombol Home, volume, dan juga touch ID. Selain itu, Anda juga perlu mengetes kamera untuk memastikan bahwa lensa dalam kondisi baik.

Selanjutnya, cobalah untuk memutar musik untuk mengetes kondisi speaker iPhone. Terakhir, cobalah voice assistant Siri atau Voice memo untuk memeriksa fungsi mikrofon pada iPhone bekas tersebut. Lakukan tips membeli iPhone bekas untuk pemula ini untuk memperoleh iPhone berkualitas.

4. Periksa Kesehatan Baterai

Bagian iPhone yang mungkin mengalami penurunan kinerja setelah penggunaan selama beberapa bulan adalah baterai. Oleh karena itu, tips beli iPhone bekas yang paling penting adalah mengecek kondisi baterai.

Anda bisa memeriksanya dengan membuka menu pengaturan. Kemudian, pilihlah opsi Baterai untuk melihat apakah baterai masih dalam keadaan sehat. Jika status baterai menunjukkan kondisi service, hal tersebut artinya bahwa ada masalah pada baterai.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek kondisi baterai dengan mengisi daya iPhone. Jika tidak ada kenaikan persentase daya setelah di-charge, berarti baterai iPhone tersebut rusak.

5. Cek IMEI

Agar tidak tertipu, Anda harus mengetahui jenis iPhone bekas yang akan Anda beli. iPhone bekas yang beredar di Indonesia bisa dibedakan menjadi 3, yaitu iPhone bekas resmi, Black Market, dan juga HDC.

Pastikan iPhone second yang Anda beli adalah iPhone resmi dengan mengecek nomor IMEI-nya. Selain itu, Anda juga bisa mengakses website Stolen Phone Checker. Lalu, masukkan no IMEI iPhone tersebut.

Website ini akan memberikan informasi apakah iPhone tersebut adalah hasil curian atau bukan. Selanjutnya, tips membeli iPhone bekas internasional adalah memastikan bahwa perangkat tersebut bukanlah iPhone BM atau Black Market.

iPhone BM memang asli, namun peredarannya tidak sesuai dengan aturan di negara kita. Sementara itu, Anda juga harus mewaspadai iPhone HDC atau palsu. Secara fisik, HDC mirip seperti iPhone asli. Akan tetapi, kualitasnya sangat jauh di bawah iPhone karena memang HP ini tidak diproduksi oleh Apple.

Itulah lima tips membeli iPhone bekas namun tetap berkualitas. Untuk menghindari penipuan, pastikan untuk membeli iPhone second di toko dengan reputasi yang baik. Pastikan toko memberikan garansi, sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap kualitas iPhone yang Anda beli. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *