Tips & Trick

5 Tips Agar Baterai iPhone Awet dan Tetap Sehat

134
×

5 Tips Agar Baterai iPhone Awet dan Tetap Sehat

Share this article
Tips Agar Baterai iPhone Awet dengan Benar

Tabloidselular.com – Kondisi baterai tentu sangat berpengaruh pada kinerja iPhone. Untuk itu, Anda memerlukan tips agar baterai iPhone awet dan kesehatan baterai tetap optimal.

Gunakan fitur Battery Health untuk memonitor kondisi baterai dan penggunaannya. Selain itu, sebaiknya terapkan beberapa tips agar kesehatan baterai iPhone awet berikut ini.

1. Hanya Gunakan Charger Asli

Gunakan Charger Ori Agar Baterai iPhone Awet

Bagaimana cara agar baterai iPhone awet? Gunakanlah charger original dari Apple. Penggunaan charger yang tidak semestinya bisa memicu kerusakan baterai dalam jangka panjang.

Selain itu, perhatikan apakah HP Anda memiliki fitur pengisian daya cepat atau fast charging. Jika belum, hindarilah penggunaan charger yang dibekali fitur fast charging.

Ini karena penggunaan charger yang tidak sesuai bisa merusak baterai. Selanjutnya, hindari juga pemakaian Powerbank karena bisa menurunkan performa baterai.

2. Pastikan Suhu iPhone Stabil

Cek Suhu iPhone Agar Baterai iPhone Awet

Pemakaian iPhone untuk aplikasi berat dalam periode yang cukup lama bisa membuat suhunya meningkat. Lalu, kenaikan suhu ini akan berdampak pada kerusakan baterai.

Oleh sebab itu, pastikan agar temperatur HP Anda tidak terlalu tinggi. Ada beberapa tips untuk menjaga kestabilan suhu perangkat ini.

Pertama, jangan mengoperasikan perangkat saat pengisian daya. Lalu, lepaskanlah casing HP saat pengisian daya. Kemudian, hindari menggunakan perangkat untuk membuka aplikasi atau game berat terlalu lama.

Selain itu, jangan letakkan atau gunakan iPhone di lokasi bersuhu tinggi. Suhu ideal untuk penggunaan perangkat adalah sekitar 16o – 22o Celcius. Tempat yang terlalu panas akan membuat baterai cepat rusak.

3. Optimalkan Setting

Selanjutnya, tips agar baterai HP iPhone awet dan tidak cepat habis adalah dengan memaksimalkan pengaturan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Pertama, redupkan layar iPhone. Layar yang terlalu terang memang menyebabkan boros baterai. Selain itu, aktifkan kecerahan otomatis agar baterai bisa lebih tahan lama.

Kedua, gunakanlah koneksi WiFi untuk mengakses internet. iPhone yang menggunakan jaringan seluler akan boros baterai. Apalagi jika Anda berada di lokasi dengan sinyal yang buruk.

Baca Juga : Wajib Tahu! 5 Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

Lalu, bagaimana mengoptimalkan daya saat baterai tinggal sedikit? Dalam kondisi ini, gunakan mode daya rendah. Aktifkan mode ini saat baterai tinggal 20%.

Saat mode ini diaktifkan perangkat akan meminimalisir kinerja dengan cara menurunkan tingkat kecerahan layar, menghentikan unduhan latar belakang, dan mematikan fitur AirDrop dan iCloud.

4. Perbarui ke iOS Terbaru

Perbaharui iOS Agar Baterai iPhone Awet

Tips agar baterai iPhone tidak cepat habis adalah dengan meng-update sistem ke iOS versi terbaru. Bukalah pengaturan untuk memeriksa apakah ada pembaruan perangkat lunak.

Apabila tersedia update terbaru, segera perbarui iOS melalui ponsel atau iTunes. Pembaruan sistem ini bisa mengoptimalkan kinerja dan penggunaan daya pada iPhone.

5. Non-aktifkan Fitur yang Tidak Penting

Bagaimana cara menghemat baterai iPhone 11 dan tipe lainnya? Matikan fitur yang tidak Anda perlukan. Sebagai contoh, nonaktifkan notifikasi sehingga penggunaan baterai lebih hemat. Pilih jenis notif yang ingin Anda matikan di pengaturan notifikasi.

Kemudian, jika sedang tidak memerlukan GPS, nonaktifkan layanan lokasi. GPS yang terus menerus menyala bisa menghabiskan baterai lebih cepat.

Selanjutnya, hal lain yang bisa menguras daya iPhone adalah background Apps. Mungkin ada beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar. Periksa Background Activity untuk memeriksa aplikasi apa saja yang sedang berfungsi.

Matikan saja Background App Refresh agar aplikasi tersebut tidak menyerap daya baterai. Geser opsi ke tombol Off untuk menonaktifkannya.

Itulah lima tips agar baterai iPhone awet dan tidak cepat habis. Tips tersebut juga berguna untuk mengoptimalkan Kesehatan baterai smartphone Anda. Kini, Anda bisa bebas menggunakan iPhone tanpa khawatir kehabisan daya atau baterai rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *