Tips & Trick

Cara Mematikan Alarm HP Xiaomi Semua Tipe

85
×

Cara Mematikan Alarm HP Xiaomi Semua Tipe

Share this article
cara mematikan alarm HP Xiaomi

Alarm merupakan salah satu fitur dari HP Xiaomi yang berguna bagi banyak orang. Namun, terkadang Anda perlu mematikannya karena sedang tidak butuh atau merasa terganggu dengan suara pengingat ini. Oleh karena itu, mengetahui cara mematikan alarm HP Xiaomi akan sangat membantu.

Temukan berbagai cara menghilangkan gambar alarm di atas layar HP  Xiaomi pada artikel di bawah ini. Simak informasinya!

Cara Mematikan Alarm di HP Xiaomi Berbagai Tipe

Alternatif tutorial di bawah ini bukan hanya cara mematikan alarm HP Redmi Note 9, namun semua perangkat di bawah brand Xiaomi. Jadi, apa pun tipe HP  Xiaomi Anda, silakan ikuti beberapa alternatif cara berikut:

Baca Juga: Cara Mematikan Penerus Panggilan Xiaomi Semua Tipe

1. Melalui Aplikasi Jam (Clock)

Cara menghilangkan tanda alarm di HP Xiaomi yang pertama  ini merupakan langkah paling mainstream. Hal ini karena caranya mirip seperti menghidupkan alarm, sehingga Anda tidak akan terlalu kesulitan mematikannya.

Langkahnya antara lain:

  • Bukalah aplikasi Jam atau Clock pada HP Xiaomi melalui menu di homescreen
  • Setelah itu, temukan menu alarm, biasanya ditandai dengan ikon jam weker.  Jika sudah, nanti akan terlihat sejumlah alarm yang pernah Anda aktifkan sebelumnya

cara mematikan alarm HP Xiaomi

  • Selanjutnya, temukanlah alarm yang ingin Anda aktifkan. Cukup lihat kode jam dan tanda aktif alarm dengan ikon toggle berwarna yang sedang dalam posisi berwarna biru
  • Silakan geser toggle tersebut menjadi OFF ke arah samping kiri atau sampai warnanya berubah menjadi abu-abu
  • Setelah menggeser toggle tersebut, biasanya akan ada konfirmasi dari aplikasi terlebih dahulu untuk mematikannya pada jadwal tertentu. Pilih salah satu

cara mematikan alarm HP Xiaomi

  • Jika tidak ada permintaan konfirmasi dan toggle telah berwarna biru, artinya alarm Anda juga sudah nonaktif

Tanda sudah matinya alarm tersebut bisa Anda lihat secara visual melalui ikon alarm di atas layar yang sudah menghilang.

2. Melalui Tombol Power

Apabila hanya ingin mematikan alarm setelah berdering, maka Anda dapat menggunakan cara pintas lainnya, yaitu melalui tombol power.

Dengan cara ini, Anda bisa tetap mendengarkan alarm pada waktu yang sudah ditentukan keesokan harinya.

Langkah mematikan alarm dengan metode ini antara lain:

  • Saat alarm berdering, silakan pencet tombol power HP Anda selama beberapa detik. Biasanya posisi tombol tersebut berada di sebelah kanan layar
  • Setelah beberapa detik, Anda akan melihat beberapa keterangan di layar, seperti Restart, Power OFF, serta Airplane Mode. Khusus ketika alarm berdering, juga akan muncul opsi tambahan, seperti Dismiss, Snooze, dan Stop.

cara mematikan alarm HP Xiaomi

  • Jika hanya ingin menghentikan alarm ini sementara dan membiarkannya  berbunyi lagi beberapa waktu kemudian, (maka pilih opsi Dismiss atau Snooze. Sedangkan untuk mematikannya secara permanen, klik saja Stop

Perlu Anda perhatikan, opsi  Snooze berarti bahwa alarm akan berbunyi lagi beberapa waktu kemudian sebagai pengingat. Jadi, pastikan jangan salah memilih opsinya.

Baca Juga: Cara Mematikan Getar Keyboard Xiaomi Semua Tipe

3. Melalui Mode DND (Do Not Disturb)

Jika Ada ingin terbebas dari segala notifikasi serta bunyi alarm, maka pilihlah metode ketiga ini. Hal ini karena metode DND secara otomatis akan menonaktifkan semua getar dan suara di HP.

Cara menggunakan opsi DND ini untuk mematikan alarm antara lain:

  • Bukalah menu Pengaturan pada HP Anda, lalu buka opsi Sound & Vibration
  • Gulirlah layar sampai Anda menemukan opsi Do Not Disturb dan tekan tombol di samping tulisannya sampai berubah menjadi biru atau aktif.  Sesuaikanlah apakah Anda ingin fitur ini aktif sesuai jadwal atau ketika perangkat sedang terkunci

cara mematikan alarm HP Xiaomi

Dengan menggunakan salah satu cara mematikan alarm HP Xiaomi di atas, maka Anda bisa mengurangi risiko terganggu dari suara-suara mengagetkan alarm pada waktu yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *