Tips & Trick

Cara Mematikan Getar Keyboard Xiaomi Semua Tipe

112
×

Cara Mematikan Getar Keyboard Xiaomi Semua Tipe

Share this article
cara mematikan getar keyboard xiaomi

Pengguna HP Xiaomi pasti sudah tidak asing dengan setting yang secara default mengaktifkan mode getar pada keyboard. Fitur ini sebetulnya berfungsi sebagai tactile feedback. Tapi, jika getaran tersebut dirasa mengganggu, cara mematikan getar keyboard Xiaomi berikut dapat mengatasinya.

Perlu Anda ketahui, mode getar pada keyboard berfungsi sebagai konfirmasi bahwa tombol tertentu berhasil ditekan. Getaran tersebut sangat berguna terutama di situasi ketika Anda tidak dapat melihat langsung ke layar saat mengetik. Selain itu, pengguna dengan gangguan penglihatan juga terbantu dengan adanya fitur ini.

Namun, beberapa orang mungkin kurang suka sensasi yang muncul selagi mengetik. Atau, Anda ingin mengurangi kebisingan yang ditimbulkan dari getaran tersebut. Apapun alasannya, cara menghilangkan getar di keyboard HP Xiaomi berikut layak Anda coba.

Cara Mematikan Getar di Keyboard HP Xiaomi

Untuk mencoba cara mematikan getaran di keyboard Xiaomi berikut, Anda tidak perlu download aplikasi baru, apalagi instal keyboard lain. Anda dapat melakukannya langsung dari menu Setting HP Anda, sehingga lebih praktis.

Walau trik di bawah ini bekerja untuk rata-rata semua HP Xiaomi, letak dan nama menu tertentu mungkin berbeda tergantung masing-masing tipe. Jika Anda sudah siap, ikuti saja langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Buka kunci HP Anda dan masuk ke “Setelan”.
  • Setelah masuk ke menu Setelan, scroll ke bawah sampai Anda menemukan bagian bernama “Setelan tambahan”. Lokasinya mungkin agak berbeda tergantung tipe HP Xiaomi Anda.

cara mematikan getar di keyboard hp xiaomi

  • Di dalam menu tersebut, cari dan pilih “Bahasa & masukan”. Di sinilah Anda akan menemukan sejumlah pengaturan terkait preferensi bahasa dan metode input HP Anda.

cara mematikan getaran di keyboard xiaomi

  • Di bawah “Metode masukan”, Anda bisa melihat daftar keyboard yang terpasang di perangkat Anda. Pilih keyboard yang sedang Anda gunakan, bisa jadi keyboard bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang sudah Anda instal sebelumnya.

cara mematikan getar keyboard di xiaomi

  • Tap keyboard yang Anda pilih sebelumnya.
  • Cari opsi bernama “Preferensi”. Ketuk opsi tersebut untuk mengakses setting tambahan keyboard Anda.
  • Scroll ke bawah hingga muncul opsi “Info via sentuhan saat tombol ditekan”. Geser tombol di sebelahnya untuk mematikan getaran.
  • Selesai. Perubahan yang Anda buat akan tersimpan secara otomatis.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi Semua Tipe

Bonus: Cara Mematikan Suara Keyboard Xiaomi

Selain getaran, ada hal lain yang bagi sejumlah orang tidak kalah mengganggu ketika mereka menggunakan HP Xiaomi: suara keyboard.

Ya, suara keyboard tergolong lumayan bising. Apalagi kalau Anda sedang berada di tempat yang mengharuskan Anda untuk sebisa mungkin tidak bersuara, seperti kantor, perpustakaan, ruang kelas, dan lain-lain.

Suara keyboard ini juga berkaitan dengan privasi. Anda mungkin tidak ingin orang lain mengetahui Anda sedang mengetik sesuatu.

Jika demikian, nonaktifkan suara keyboard HP Xiaomi Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sama seperti cara mematikan getar keyboard di Xiaomi pada bagian sebelumnya, ikuti langkah 1 sampai 6 untuk menonaktifkan suara keyboard Anda.
  2. Scroll ke bawah hingga muncul opsi “Berbunyi jika tombol ditekan”. Geser tombol di sebelahnya untuk mematikan suara.
  3. Selesai. Perubahan yang Anda buat akan tersimpan secara otomatis.

Jangan lupa mengetes keyboard Anda untuk memastikan bahwa getaran dan suara keyboard sekarang sudah benar-benar mati. Apabila Anda ingin pengalaman mengetik Anda “bersih total” dari segala bentuk distraksi, hilangkan kamus di keyboard Xiaomi sekalian untuk mendapatkan tampilan yang lebih lapang.

Penutup

Demikianlah cara mematikan getar keyboard Xiaomi sekaligus suara ketikan yang bisa Anda coba. Trik ini bekerja untuk semua tipe HP Xiaomi walau letak dan label menu-menu tertentu mungkin sedikit berbeda. Praktikkan sekarang untuk mengetik lebih nyaman tanpa gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *