Tips & Trick

6 Cara Mematikan iPhone, Tanpa Tombol atau Menyentuh Layar

202
×

6 Cara Mematikan iPhone, Tanpa Tombol atau Menyentuh Layar

Share this article
Cara mematikan iPhone

Sejak iPhone X, design iPhone tidak berubah secara signifikan. iPhone menghapus tombol beranda untuk tampilan ujung ke ujungnya. Dengan perubahan ini, maka Anda bisa menggunakan cara mematikan iPhone tanpa menyentuh layar atau menekan tombol.

Dengan design yang tidak berubah, maka cara mematikan iPhone X dan iPhone series di atasnya juga sama. Agar tidak bingung, berikut kami berikan tutorial cara mematikan iPhone tanpa menyentuh layar dan tombol khusus untuk semua series.

Cara Mematikan iPhone Tanpa Menyentuh Layar dan Tombol

Cara mematikan iPhone tanpa menyentuh layar dan tombol

Di artikel ini ada lima metode untuk mematikan iPhone tanpa menyentuh layar atau menekan tombol Power.

1. Cara Mematikan iPhone Tanpa Touchscreen iPhone 8 & Versi Lebih Baru

Cara restart iPhone X

Tombol samping pada iPhone seri terbaru terkadang membuat pengguna baru kesulitan untuk mematikan iPhone. Namun, pada dasarnya cara mematikan iPhone 11 atau iPhone iOS 16 (mulai iPhone 8) tidak memiliki perbedaan. Anda bisa melakukan tahapan berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol volume dan tombol yang ada di kanan iPhone. 
  2. Muncul power-off slider
  3. Geser power off slider hingga ke iPhone mati. 

Jika iPhone Anda mengalami error atau bahkan tidak bisa dimatikan dengan cara biasa, maka Anda perlu melakukan force restart. Caranya, yaitu:

  1. Tekan dan lepaskan volume up button dengan cepat. 
  2. Pres and hold tombol volume bawah dengan cepat. Lakukan hal yang sama dengan sisi tombol yang ada di sebelah kanan selama 5-10 detik. 
  3. Tekan hingga iPhone X Anda melakukan restart secara otomatis

Untuk menghidupkan kembali iPhone 8 atau seri terbaru, Anda bisa menekan lama tombol yang ada di sebelah kanan hingga muncul logo Apple.

2. Cara Mematikan iPhone 6 ke Atas (Gen 2 atau 3) dengan Tombol

Sedikit berbeda dengan iPhone generasi terbaru, langkah-langkah mematikan Hp iPhone pada generasi ini bisa dilakukan dengan menekan dan menahan tombol samping iPhone.

Cara restart iPhone 5

Selanjutnya, tarik penggeser dan tunggu 30 detik hingga ponsel mati. Jika ingin menghidupkannya kembali, tekan tombol samping sampai muncul logo Apple.

3. Cara Mematikan iPhone 5 atau Generasi Sebelumnya Menggunakan Tombol

Cara mematikan iPhone 5 atau generasi sebelumnya, yaitu SE (Gen 1) yaitu dengan menekan tombol atas hingga penggeser daya mati muncul. 

Cara restart iPhone 5

Selanjutnya, tarik penggeser dan tunggu 30 detik hingga iPhone mati. Anda bisa hidupkan kembali iPhone dengan menekan dan menahan tombol atas hingga muncul logo Apple

4. Panduan Mematikan iPhone Tanpa Tombol Power

Anda juga dapat mematikan iPhone tanpa menggunakan tombol dari aplikasi Pengaturan. Metode ini dapat digunakan ketika tombol samping atau tombol volume Anda tidak berfungsi dengan baik karena alasan apa pun dan Anda perlu mematikan perangkat Anda. 

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara mematikan iPhone tanpa tombol.

  1. Buka “Settings” dan ketuk “General“.
  2. Gulir ke bawah lalu ketuk opsi “Shut Down”.
  3. Power off slider akan muncul di layar. Selanjutnya, geser slider untuk mematikan iPhone Anda.
Cara mematikan iPhone tanpa tombol power

Meski menggunakan kombinasi tombol lebih cepat dan membutuhkan waktu lebih sedikit, tetapi cara ini bisa menjadi opsi jika tombol iPhone Anda tidak berfungsi.

5. Langkah Mematikan Layar dengan Assistive Touch

Berbeda dengan umumnya HP Android, di smartphone iOS, pengguna akan mendapati opsi Assistive Touch yang berfungsi sebagai pintasan di perangkat. 

Salah satu kegunaannya adalah untuk mematikan HP iPhone tanpa perlu mengandalkan tombol daya. Inilah cara-langkahnya:

  1. Aktifkan opsi Assistive Touch yang dapat diakses melalui pengaturan.
  2. Setelah diaktifkan, ikon Assistive Touch akan muncul secara mengambang pada layar perangkat, dan kemudian Anda dapat mengklik pintasan tersebut.
Cara restart menggunakan Assistive Touch
  1. Setelah itu, pilih Device dan tahan opsi Lockscreen pada HP selama beberapa saat. Secara otomatis, layar iPhone akan menampilkan opsi “Lock Screen to Power Off.”
Cara mematikan iPhone
  1. Pastikan pengguna menggeser opsi tersebut untuk mematikan perangkat.
  2. Tunggu beberapa saat hingga iPhone mati sepenuhnya.

6. Tutorial Mematikan Layar dengan Voice Control

Cara restart Hp iPhone

Cara mematikan iPhone 12 sudah bisa dilakukan dengan fitur voice control dari Siri yang sudah sejak iOS 13. Jadi, untuk Hp iPhone yang sudah menggunakan iOS 13 atau yang bisa update iOS menjadi iOS 13, maka fitur juga bisa Anda manfaatkan.

Cara unik ini tentu menjadi solusi yang berguna saat Anda berada dalam situasi mendesak. Untuk menggunakan metode ini, aktifkan terlebih dahulu kontrol suara melalui pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Setting > Accessibility > Voice Control > Set Up Voice Control
  2. Tap continue. 
  3. Jika kontrol suara sudah aktif, pastikan tombol penggeser sudah dalam posisi aktif untuk meminta Siri mengaktifkan kontrol suara.
  4. Setelah Anda melihat tampilan mikrofon berwarna biru muncul di pojok kiri atas, langkah yang perlu Anda lakukan hanya dengan mengucapkan “Reboot Device.”
  5. Ketuk “Restart” atau “Turn Off” jika ingin mematikan secara otomatis.

Tips:

  • Saat mematikan iPhone, pastikan sedang tidak melakukan proses apapun. 
  • Jika baterai lemah, maka isi daya lebih dahulu sebelum melakukan shutting down. 

Mengetahui cara mematikan iPhone tanpa menyentuh layar atau menekan tombol tentu bermanfaat untuk membantu Anda dalam situasi di mana tombol power tidak berfungsi atau ponsel tidak merespon. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mematikan iPhone XR dan series lainnya tanpa perlu mengandalkan tombol power atau layar. Anda dapat gunakan beberapa cara mematikan iPhone dengan memanfaatkan berbagai fitur iPhone sebagai alternatif pintasan. Selamat mencoba!

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *