Tips & Trick

Cara Memilih HP yang Bagus sesuai Budget dan Kebutuhan

96
×

Cara Memilih HP yang Bagus sesuai Budget dan Kebutuhan

Share this article
Cara Memilih HP yang Bagus Sesuai Kebutuhan

Seiring kemajuan teknologi, HP seolah menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang. Ketika ingin membeli perangkat ini, Anda mungkin bingung cara memilih HP yang bagus karena banyaknya merek dan model yang ada di pasaran.

Namun tenang saja karena artikel ini akan memberi panduan praktis cara memilih HP Android murah berkualitas. Sehingga, Anda bisa menemukan gadget impian sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

8 Cara Memilih HP yang Bagus

Menemukan gadget memang tidak mudah. Apalagi budget pas-pasan tentunya harus paham spesifikasinya dulu supaya bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara memilih HP yang bagus yang bisa Anda coba.

1. Tentukan Kebutuhan dan Budget

Jika Anda bingung lebih baik beli HP merk apa, sebaiknya Anda harus mengidentifikasi dulu kebutuhan Anda. Kira-kira, smartphone seperti apa yang sedang Anda butuhkan.

Jika Anda suka fotografi, pilihlah HP dengan kualitas kamera bagus. Namun, jika Anda memerlukan HP untuk main game, pilihlah smartphone dengan prosesor yang mumpuni dan baterai yang tahan lama.

Selain itu, tentukan juga budget yang Anda miliki. Harga HP bervariasi tergantung pada spesifikasinya. Jadi tetapkan batas kemampuan finansial Anda. Sehingga, Anda akan lebih mudah memilih HP dengan kisaran harga tersebut.

2. Pertimbangkan Kinerja Prosesor

Cara memilih HP yang bagus dan awet adalah dengan memperhatikan prosesor atau chipset. Ini karena prosesor merupakan otak dari HP yang akan mempengaruhi kinerja secara keseluruhan.

Beberapa pilihan chipset yang digunakan oleh pengembang smartphone Android antara lain adalah MediaTek, Snapdragon, dan Exynos.

Jika Anda menggunakan smartphone hanya untuk menunjang aktivitas sehari-hari, Exynos adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda menggunakan HP untuk main game, sebaiknya pilihlah chipset Snapdragon yang punya stabilitas tinggi dalam memproses gambar.

Snapdragon 700 atau 800 series memiliki performa yang handal daripada seri sebelumnya. Tak heran harga smartphone dengan prosesor ini lebih mahal.

Kualitas prosesor berbanding lurus dengan harga smartphone. Semakin garang performa prosesor maka harga smartphone semakin mahal.”

3. Pilih HP dengan RAM dan Memori Internal Memadai

Selanjutnya, cara memilih HP yang bagus kualitasnya adalah dengan memperhatikan RAM dan memori internal. RAM yang memadai memungkinkan Anda menjalankan aplikasi bersamaan tanpa nge-lag.

Selain itu, Anda juga membutuhkan memori internal yang cukup sebagai media penyimpanan. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan lebih banyak file dan aplikasi. Selain itu, Anda tidak memerlukan memori eksternal lagi.

4. Periksa Kapasitas Baterai

Cara Memilih HP yang Bagus dengan Memperhatikan Kapasitas Baterai

Baterai juga salah satu faktor pertimbangan yang penting saat membeli HP baru. Pilih smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Sehingga, Anda bisa menggunakannya untuk menunjang kegiatan sehari-hari tanpa berulang kali mengisi daya.

Selain itu, perhatikan juga teknologi pengisian daya cepat. Jadi, pilihlah smartphone yang menawarkan fitur fast charging.

5. Pertimbangkan Kualitas Kamera

Kualitas Kamera Menjadi Salah Satu Faktor Penting dalam Membeli HP

Cara memilih spesifikasi HP yang bagus adalah dengan melihat kualitas kameranya. Ini menjadi poin penting terutama jika Anda hobi fotografi atau berprofesi sebagai content creator.

Periksa fitur kamera dan resolusinya. Selain itu, cari tahu ulasan tentang kualitas foto dan video yang dihasilkan smartphone tersebut.

6. Perhatikan Garansi dan Layanan Purna Jual

Cara Memilih HP yang Bagus dengan Memperhatikan Garansi

Tips membeli HP baru agar tidak tertipu adalah memastikan garansi. Sebelum memutuskan untuk membeli, tanyakan pada toko terkait garansi kerusakan perangkat keras dan lunak.

Serta, tanyakan juga berapa lama masa berlaku garansinya. Selain itu, pastikan bahwa merek smartphone yang Anda beli memiliki service center di kota Anda.

Dengan begitu Anda bisa mengakses layanan perbaikan atau penggantian komponen HP dengan mudah.

7. Pertimbangkan Harga

Perhatikan Harga HP Saat Membeli

Anda harus cermat dalam memilih HP dengan spesifikasi bagus namun harga yang terjangkau. Oleh karena itu, lakukan riset sederhana dengan membandingkan beberapa merek smartphone.

Pertimbangkan juga budget yang Anda miliki. Semakin tinggi spesifikasi smartphone, maka harganya juga pasti akan semakin mahal.

Jangan sampai tertipu HP abal-abal. Biasanya di marketplace banyak penjual nakal yang menjual HP KW atau rekondisi dengan harga yang sangat murah.

Jadi, jangan sampai tergiur untuk membeli smartphone high-end yang ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Karena sudah pasti HP tersebut HDC (High Detailed Copy) atau palsu.

8. Beli di Toko atau Marketplace Resmi

Cara Memilih HP yang Bagus di Marketplace

Setelah menentukan pilihan merek dan model HP, Anda bisa datang ke toko resmi. Biasanya, toko tersebut menyediakan HP dummy, sehingga Anda bisa mencoba fitur-fiturnya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk datang langsung ke toko fisik, Anda bisa membeli smartphone secara online.

Namun, pastikan untuk membelinya di toko online resmi dari brand smartphone yang Anda inginkan. Hal ini untuk meminimalisir HP palsu dan penipuan.

Setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan smartphone yang berbeda. Oleh karena itu, pertimbangkan beberapa faktor di atas agar bisa memutuskan HP apa yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Dengan memperhatikan cara memilih HP yang bagus, Anda bisa menghindari penipuan dan mendapat HP seperti yang Anda inginkan. Pastikan untuk riset dan membandingkan beberapa merek sebelum membuat keputusan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh HP sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *