News

Google Pixel 8 Pro Usung Fitur Termometer – Bisa Ukur Suhu Tubuh

85
×

Google Pixel 8 Pro Usung Fitur Termometer – Bisa Ukur Suhu Tubuh

Share this article
Google Pixel 8 Pro Akan Menambahkan Fitur Termometer

Produsen smartphone berlomba-lomba menawarkan inovasi untuk setiap produk terbarunya. Jika pengembang lain fokus untuk meningkatkan kualitas prosesor atau kamera, Google tampil beda dengan mengusung fitur termometer untuk produk terbarunya yakni Google Pixel 8 Pro.

Sebenarnya, Google belum memberikan keterangan resmi terkait perilisan Google Pixel seri terbaru ini. Akan tetapi telah banyak sumber terpercaya yang mengungkap kebocoran desain dan juga fitur Google Pixel 8 Pro.

Mengutip dari The Verge, Google memang memiliki track record yang buruk dalam menjaga kerahasiaan produk yang belum rilis. Bahkan, video internal perusahaan ini juga bocor ke publik.

Dalam video tersebut, ada suatu adegan dimana seseorang menggunakan smartphone untuk mengukur suhu tubuh. Jadi, perangkat seri terbaru ini akan memiliki sebuah sensor yang bisa mendeteksi temperatur tubuh.

Cara Kerja Fitur Termometer

Cara Menggunakan Fitur Termometer di Google Pixel 8 Pro

Seperti yang dijelaskan oleh situs 91Mobiles, video demo penggunaan Pixel 8 Pro untuk mengukur suhu tubuh telah bocor. Akan tetapi saat ini Google telah menghapus video terkait bocornya desain Pixel 8 Pro di Youtube karena melanggar hak cipta.

Dalam video tersebut, bagian belakang ponsel memiliki sensor inframerah yang bisa berfungsi untuk membaca suhu tubuh seseorang. Adapun letak sensor ini adalah pada bagian bawah lampu flash belakang ponsel.

Sebenarnya, cara kerja fitur termometer ini sama saja seperti termometer infrared yang biasa digunakan di medis.

Untuk mengukur suhu tubuh, pengguna harus mengarahkan sensor yang ada di bagian belakang ponsel dekat dengan dahi. Pastikan orang yang sedang diukur suhu tubuhnya tidak menggunakan aksesoris apapun seperti kacamata atau topi.

Sehingga tidak ada barang yang menghalangi sensor untuk mendeteksi suhu tubuh pada daerah dahi. Namun, saat pengukuran, jangan sampai sensor menempel ke kulit.

Setelah mengarahkan ponsel ke bagian pelipis selama kurang lebih 5 detik, ponsel tersebut akan bergetar. Kemudian, hasil pembacaan suhu tubuh akan tertera di layar.

Keunggulan dari fitur termometer ini adalah tidak hanya bisa berfungsi untuk mengukur suhu tubuh saja. Akan tetapi, pengguna juga bisa menggunakan sensor tersebut untuk mengukur suhu benda.

Kemudian, Android Private Compute Core akan menyimpan dan mengolah data dari pengukuran suhu tubuh tersebut.

Fitur termometer langkah inovatif dalam mengembangkan teknologi kesehatan pada smartphone yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.”

Spesifikasi Google Pixel 8 Pro

Google Pixel 8 Pro Menawarkan Spesifikasi yang Unggul

Meskipun belum rilis secara resmi, namun banyak pihak yang menebak spesifikasi dari ponsel keluaran Google ini. Banyak rumor yang mengatakan bahwa ponsel ini akan memiliki panel layar OLED dengan ukuran 6.7 inchi.

Layar ini memiliki ukuran yang sama, seperti Pixel 7 Pro. Lalu, untuk desain ponselnya, Pixel 8 Pro tampaknya memiliki layar datar.

Sementara itu, untuk dapur pacunya, Google mungkin akan menggunakan prosesor Tensor G3. Sedangkan untuk fitur kamera, Pixel 8 Pro akan mengusung kamera beresolusi 50 MP dengan sensor ISOCELL GN2 Samsung.

Lantas bagaimana dengan desain smartphone ini? Dalam video yang beredar, desain Pixel 8 Pro memiliki sudut yang agak bulat.

Kemudian, ponsel ini memiliki 3 kamera belakang yang tertutup kaca berbentuk oval. Sensor termometer terletak di bawah lampu flash LED dan sebaris dengan kamera tersebut.

Tidak banyak bocoran yang beredar mengenai spesifikasi lengkap dari Pixel 8 Pro ini. Akan tetapi, Google pasti menghadirkan spesifikasi kelas atas yang pasti lebih baik dari seri pendahulunya yaitu Pixel 7 Pro.

Tanggal Rilis dan Harga

Google belum memberikan keterangan apapun terkait perilisan ponsel seri terbarunya ini. Namun, banyak pihak yang memprediksi tanggal rilis Google Pixel 8 Pro adalah sekitar bulan Oktober 2023.

Peluncuran ini akan bertepatan dengan rilisnya Pixel 8 dan juga Pixel Watch generasi kedua. Lalu, bagaimana dengan prediksi harga Google Pixel 8 Pro?

Karena memang ponsel ini belum rilis, maka belum ada informasi yang valid terkait dengan harganya. Akan tetapi, mungkin Google akan membanderol ponsel terbarunya tidak jauh beda dari harga Pixel 7 dan juga Pixel 7 Pro.

Dalam peluncurannya harga Pixel 7 adalah $599. Sedangkan harga Pixel 7 Pro adalah $899. Maka, harga dari Pixel 8 Pro adalah sekitar $800 – $900.

Para penggemar inovasi kemungkinan besar akan menyambut baik peluncuran Pixel 8 Pro ini. Perangkat ini menunjukkan bagaimana smartphone dapat melampaui fungsi konvensionalnya sebagai alat komunikasi.

Akan tetapi, smartphone juga bisa mengusung fitur yang berguna untuk dunia medis dan juga aktivitas sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa informasi ini masih berupa rumor yang mungkin belum bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Ini karena Google memang belum buka suara terkait fitur, spesifikasi, dan harga Google Pixel 8 Pro. Namun, pengguna setia Google pasti menantikan kehadiran ponsel ini dan mengharapkan gebrakan baru dalam fiturnya. Pastikan untuk selalu mengikuti perkembangan terkini terkait perilisan ponsel terbaru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *