News

Mengenal Apa Itu Apple Vision Pro dan Fitur Utamanya

820
×

Mengenal Apa Itu Apple Vision Pro dan Fitur Utamanya

Share this article
Apple Vision Pro

Perusahaan elektronik raksasa Apple telah memperkenalkan Apple Vision Pro sebagai perangkat headset augmented reality perdana mereka. Perangkat yang rilis Februari 2024 di Amerika Serikat ini memadukan fitur virtual reality dengan augmented reality.

Lantas, apa saja fitur yang ada di dalam perangkat dengan bentuk kacamata ini? Anda bisa menggunakannya untuk bermain game, menonton film hingga aktivitas kerja. Kemudian, terkoneksi dalam ekosistem produk Apple lainnya. Ingin tahu lebih lanjut kelebihan dari perangkat ini? Simak informasi berikut. 

Apa Itu Vision Pro?

Apple Vision Pro

Apple Vision Pro adalah perangkat penyuara telinga dan mikrofon yang memadukan kemampuan virtual reality dengan augmented reality. Kemudian, mengandalkan fitur berupa komputasi spasial. Dengan bahan alumunium dan crown digital, perangkat ini menawarkan imersivitas tinggi. 

Gadget memiliki chip M2 yang dapat menjalankan sistem operasi visionOS. Kemudian, chip R1 untuk menjalankan sensor untuk waktu nyata. Sehingga, mampu menghasilkan performa tangguh dan dapat memudahkan aktivitas harian. Terdapat perintah suara, sensor gerakan tangan dan mata.

Spesifikasi Apple Vision Pro

Apple Vision Pro

Perangkat ini menggunakan bahan bingkai aluminium dan kaca, 5 sensor, layar 4K dan 12 kamera. 

Kelebihan dari perangkat ini adalah Anda dapat menggunakan perintah suara. Kemudian, terdapat begitu banyak aplikasi iPhone atau iPad yang dapat kompatibel dengan perangkat ini. Termasuk koneksi Mac sebagai opsi lainnya.

Terdapat dukungan aksesoris koneksi Bluetooth termasuk Magic Trackpad dan Keyboard. Ada pula kamera yang dapat mengambil objek di posisi bawah.

Kemudian, bagian topeng Light Seal dan strap Head Band mendapatkan perlindungan berupa lapisan modular dan bahan kain. Sehingga lebih lentur dan dapat menyesuaikan bentuk kepala dan ukurannya. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman sangat menggunakannya.

Spesifikasi Keterangan
OS visionOS
Memory 16GB
Grafis  Apple M2 (10 cores) @ 3.5 GHz, up to 3.578 TFLOPS
Penyimpanan  256 GB, 512 GB, 1 TB
Chip Apple M2 (8-Core, 16-Core Neural Engine), Apple R1 (12ms photon latency, 256 GB
Daya Lebih dari 2 jam penggunaan normal, menonton video lebih dari 2,5 jam

Fitur Apple Vision Pro

Apple Vision Pro

Gadget ini punya sistem layar 23 juta piksel sehingga mampu menjadikan ruang apa saja menjadi layar lebar pribadi. Anda dapat menyaksikan tayangan televisi atau film tiga dimensi dengan lebih pengalaman yang menyenangkan. 

Keberadaan fitur canggih berupa Apple Immersive Video menghadirkan rekaman dengan resolusi tinggi mencapai 180 derajat beserta tambahan Spatial Audio. Anda juga dapat memainkan game dengan layar besar tersebut termasuk dengan kontrol.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harga Produk Apple Mahal

Fitur berupa EyeSight juga akan membantu Anda tetap terkoneksi dengan orang di sekeliling Anda. Misalnya, ketika ada orang yang mendekati Anda, maka akan terlihat transparan. Sehingga memungkinkan Anda melihat orang tersebut. Dengan navigasi mata, Anda bisa mengendalikan perangkat dengan gerakan dan gestur, hingga suara secara mudah.

Kemudian, kemampuan berikutnya adalah kualitas suara tinggi sesuai dengan preferensi lewat jaringan H2-to-H2 ultra-low-latency menuju AirPods Pro.

Harga

Dengan segala kemampuan canggih dan fungsi Apple Vision Pro di atas, tidak heran jika harganya terbilang cukup tinggi. Apple menghadirkan varian standar dengan ruang penyimpanan 256 GB seharga mulai dari Rp55 juta. Banderol tersebut belum termasuk dengan lensa kaca terpisah senilai Rp2,3 juta dan sisipannya Rp1,5 juta.

Kemudian, aksesoris tambahan berupa tas travel bisa Anda beli dengan Rp3,1 juta, wadah baterai Rp700ribu dan beberapa lainnya. 

Nah, itulah informasi seputar Apple Vision Pro dan fitur-fitur di dalamnya. Apakah Anda tertarik untuk mendapatkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *