News

Segera Hadir Opera One, Browser Baru yang Akan Gantikan Opera Lama  

785
×

Segera Hadir Opera One, Browser Baru yang Akan Gantikan Opera Lama  

Share this article
Opera One, Browser Baru Pengganti Opera Lama

Tabloidselular.com – Opera Software akan segera hadirkan Opera One, browser baru yang akan gantikan Opera lama. Produk Opera One ini sudah mulai dikenalkan kepada publik, yang mana telah terlihat beberapa perubahan pada desain hingga fiturnya.

Pada bagian elemen-elemen di Tab, URL, serta sisi dari Opera browser ini memiliki desain UI dan desain yang terlihat lebih bulat.

Fitur Opera One

Banyak Fitur Menarik di Opera One

Dibandingkan Opera versi lama, browser yang mendapatkan pembaruan ini diklaim sebagai browser dengan basis Chromium pertama yang telah mulai menerapkan multi-threaded compositor untuk pengoperasiannya.

Fitur tersebut bisa membuat kinerja pada animasi UI lebih bagus, dan berbagai browser keluaran terbaru juga mulai mengikuti hal ini.

Pada bagian sidebar browser ini, terdapat kolaborasi ChatSonic dengan ChatGPT. Tata letak keduanya ini dapat mempermudah pengguna untuk bisa mengakses kedua teknologi AI (Artificial Intelligence) tersebut melalui windows yang berada di samping.

Selain itu juga telah tersedia fitur AI prompts yang sudah terintegrasi pada browser. Dengan fitur ini, Anda kana menerima saran dalam mempersingkat artikel, membuat meme, menuliskan tweet, menyoroti poin, dan lain-lain.

Kehadiran Opera Tab Islands juga sangat membantu sebagai salah satu fitur utama, karena bisa membuat manajemen tab menjadi lebih mudah. Jadi, pengguna bisa membuat sebuah grup tab, yang kategorinya dapat disesuaikan dengan keinginan. Untuk menghemat ruang, tab grup ini bisa dibuka tutup.

Pengguna juga bisa mengatur grup tab secara otomatis dengan Tab Islands tersebut. Otomatisasi ini bisa dibuat saat Anda sedang membuka atau membuat link dari sebuah situs. Selain itu bisa juga dengan cara manual, dengan cara drag tab.

Menyediakan Fitur ChatGPT

Disediakan Fitur ChatGPT di Opera One

Kehadiran ChatGPT saat ini memang cukup ramai diperbincangkan karena bisa menunjang aktivitas pengguna dengan informasi yang disediakannya. Operan pun tampaknya menyadari hal ini, sehingga memutuskan untuk meluncurkan fitur ini.

Melalui browser Opera, Anda bisa langsung berkomunikasi dengan ChatGpt tersebut untuk mendapatkan beragam informasi.

Cara menggunakan fitur chatbot ini sangat muda, karena Anda hanya perlu mengaktifkannya, lalu sudah bisa langsung berkomunikasi dengan teknologi AI ini.

Ketika pengguna mengajukan pertanyaan atau instruksi, teknologi teknologi tersebut langsung memberikan respon. Respon ini menyesuaikan dengan instruksi pengguna, sehingga tingkat kedalaman informasi akan bergantung pada cara Anda dalam bertanya.

EVP Opera untuk Media dan Distribusi, Jorgen Arnesen menyatakan bahwa fitur ChatGPT tersebut bisa menjadi salah satu solusi yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan solusi yang tepat dan cepat untuk keseharian mereka.

Tingkat keamanan fitur ini juga tinggi, sehingga tidak perlu cemas mengenai keamanan data dan privasi Anda saat berkomunikasi dengan chatbot tersebut.

Posisikan ChatGPT pada Sidebar Opera One

Opera tampaknya tidak ingin tertinggal dari pesaingnya seperti Bing dan Google, sehingga memutuskan untuk mengintegrasikan fitur ChatGPT tersebut pada bagian sidebar.

Saat demo produk di sesi perkenalan ini, pengguna bisa mengaktifkan AI Shorten tersebut dengan klik tombol “pendekkan” yang berada di bagian kanan address bar.

Setelah itu, sidebar ChatGPT dapat terlihat di sisi kiri. Fitur ini nantinya akan memperlihatkan Anda mengenai poin-poin penting atas website atau artikel yang dibuka.

Pengintegrasian ini masih berada dalam tahap uji coba, sehingga belum rilis untuk publik. Meskipun waktu rilis dari Opera One, browser baru yang akan gantikan Opera lama ini belum pasti, yang jelas Anda bisa menantikannya dalam waktu dekat, setidaknya masih di tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *