News

Kenali Jenis Garansi iPhone Sebelum Beli Produknya

208
×

Kenali Jenis Garansi iPhone Sebelum Beli Produknya

Share this article
jenis garansi iPhone

Penasaran apa saja perlindungan yang tersedia untuk mengamankan iPhone Anda dari kejadian tak terduga? Jangan khawatir, karena ada banyak jenis garansi iPhone yang bisa memastikan gadget Anda senantiasa terlindungi. Apa saja?

4 Jenis Garansi iPhone di Indonesia

jenis garansi iPhone di Indonesia

Mulai dari garansi internasional hingga garansi resmi, berikut adalah jenis-jenis garansi iPhone yang wajib Anda kenali.

1. Garansi Internasional

Garansi iPhone internasional dari Apple berlaku selama satu tahun untuk iPhone yang tidak terkunci yang dibeli di luar Indonesia. Tipe garansi iPhone ini berlaku meskipun Anda tidak mengaktifkan AppleCare.

Namun, perlu dicatat bahwa garansi ini hanya berlaku untuk iPhone yang tidak dikunci dari pabrik, tidak termasuk iPhone yang terikat dengan operator tertentu.

Misalnya, Anda memutuskan untuk membeli model iPhone terbaru saat berkunjung ke Eropa. Anda mungkin mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan setelah masa garansi normal habis tanpa AppleCare.

Namun, dengan garansi internasional satu tahun dari Apple, Anda tidak perlu khawatir lagi.

2. Garansi Resmi

Garansi resmi iPhone adalah paket proteksi lengkap yang ditawarkan Apple. Berlaku selama satu tahun, garansi ini secara otomatis termasuk untuk setiap iPhone baru. Selama masa garansi, Apple akan memperbaiki iPhone atau komponennya tanpa biaya tambahan kepada pengguna.

Namun, garansi resmi ini memiliki batasan. Beberapa pengecualian mencakup jenis kerusakan tertentu, seperti masalah yang berkaitan dengan baterai, kerusakan kosmetik seperti goresan, kerusakan akibat air, atau kecelakaan.

Selain itu, garansi juga tidak berlaku untuk kerusakan akibat produk pihak ketiga, perbaikan oleh pihak tidak resmi, penggunaan normal, dan insiden seperti pencurian.

Jadi, pengguna sebaiknya mempertimbangkan paket perlindungan tambahan, seperti AppleCare+, untuk memperluas cakupan dan menyiasati beberapa risiko yang tidak ter-cover.

Faktanya, AppleCare+ sendiri mencakup perlindungan terhadap kerusakan akibat kecelakaan tanpa batas, akses prioritas kapan pun ke pakar Apple, dan layanan penggantian instan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harga Produk Apple Mahal

3. Garansi Distributor

Kemudian, distributor iPhone tidak resmi biasanya menyediakan garansi distributor yang terpisah dari layanan resmi Apple. Anda hanya bisa mengklaim garansi ini melalui distributor tertentu tempat Anda membeli iPhone. Selain itu, garansi ini tidak berlaku untuk pusat layanan resmi Apple.

Tidak seperti cakupan garansi resmi Apple yang lengkap, garansi distributor biasanya memiliki durasi dan jaminan perlindungan yang lebih terbatas. Jadi, Anda sebaiknya meninjau syarat dan ketentuan dari pihak distributor dengan cermat, karena garansi ini kemungkinan memiliki batasan dan pengecualian.

4. Garansi Toko

Terakhir, garansi toko menawarkan perlindungan terbatas. Garansi ini sering berkaitan dengan iPhone yang berasal dari sumber ilegal seperti penjual iPhone palsu, refurbished, atau iPhone dari black market.

Berbeda dengan garansi resmi Apple, garansi toko ini biasanya berdurasi lebih pendek dan menutupi kerusakan atau malfungsi tertentu. Namun, tanggungannya terkadang bersyarat dan tidak setara dengan perlindungan menyeluruh sebagaimana garansi resmi.

Selain itu, garansi toko juga mengecualikan isu-isu tertentu, sehingga konsumen rentan terhadap kendala yang tidak terduga. Pembeli iPhone dari sumber-sumber ini harus berhati-hati, karena keandalan garansi toko dapat sangat bervariasi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, penting untuk memahami secara menyeluruh syarat dan batasan garansi toko.

Nah, itulah macam-macam garansi iPhone. Mulai dari garansi internasional hingga garansi toko, selalu buat keputusan cermat sebelum membeli. Pasalnya, kepemilikan jenis garansi iPhone yang tepat adalah kunci untuk menikmati kecanggihan teknologi tanpa khawatir akan isu-isu tidak menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *