News

Prediksi Tren HP 2024, Mana yang Akan Booming?

1025
×

Prediksi Tren HP 2024, Mana yang Akan Booming?

Share this article
Tren HP 2024

Smartphone telah berevolusi sebagai pendukung gaya hidup. Setiap tahun, selalu saja ada perubahan dan inovasi yang hadir dari perangkat komunikasi ini. Nah, untuk tahun ini, apa saja yang akan menjadi tren HP 2024?

Mari ketahui potensi tren apa saja yang akan hadir, kemudian teknologi apa saja yang bakal booming pada tahun ini.

Seri Galaxy S24, Ponsel dengan Kecerdasan Buatan (AI)

Tren HP 2024

Artificial Intelligence atau AI telah menjadi topik terbesar pada tahun 2023, karena popularitas ChatGPT yang mendadak muncul ke permukaan. Tampaknya hal ini akan diterapkan pada telepon seluler.

Qualcomm dan MediaTek, pemasok dapur pacu untuk ponsel pintar Android terbesar saat, telah mengindikasikan hal tersebut. Mereka menghadirkan teknologi pintar lewat Snapdragon 8 Gen 3 dan Dimensity 9300. Sebelumnya. Google telah menjadi pembawa standar AI ponsel pintar untuk waktu yang lama dengan perangkat Pixel. 

Upaya mengedepankan teknologi tersebut juga sudah bergaung dari raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung. Mereka menghadirkan fitur menonjol tersebut pada seri Galaxy S24 yang telah meluncur pada awal Januari 2024 ini. HP terbaru 2024 ini membawa kecerdasan buatan untuk menghadirkan fitur-fitur penting seperti pencarian mudah dan editing gambar.

Galaxy Z Fold 6, Ponsel Layar Lipat

Tren HP 2024

Ponsel dengan layar lipat ini semakin populer dan mendapatkan minat yang besar dari pasar. Dan tahun ini, kemungkinan besar akan menghadirkan lebih banyak lagi desain serupa dengan penambahan fitur di sana-sini.

Huawei pun sedang menyiapkan smartphone lipat tiga untuk paruh pertama tahun 2024. Hal ini terjadi sebelum Samsung, yang melakukan demo prototipe selama gelaran di Mobile World Congress 2023. 

Pabrikan raksasa Korea Selatan tersebut juga diperkirakan akan meluncurkan Fan Edition (FE) dari seri Galaxy Z dengan desain lipat pada tahun ini. Sebelumnya mereka juga segera menghadirkan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Baca Juga: Microsoft Tutup Xbox 360 Store Tahun 2024, Apa Sebabnya?

Oppo Find X7 Ultra, Inovasi Kamera

Inovasi Kamera

Di tengah persaingan ketat desain dan antarmuka perangkat lunak, pengaturan kamera tetap menjadi salah satu strategi dari produsen untuk menghadirkan perbedaan.

Perusahaan seperti Samsung telah lama mengadopsi lensa periskop untuk meningkatkan kinerja kamera mereka. Dalam hal ini, model Galaxy S24 Ultra terbaru adalah contoh utama. Inilah rekomendasi HP 2024 untuk Anda pecinta fitur kamera besar.

Meskipun perangkat ini memiliki lensa utama 200 MP, lensa telefoto 50MP ini mampu melakukan zoom optik 5x. Sehingga dapat diandalkan pengguna saat mengambil gambar dari jarak jauh. 

Sementara, produsen ponsel asal China, Oppo, juga baru saja merilis Find X7 Ultra, yang memiliki tidak hanya satu, melainkan dua lensa periskop. 

OnePlus Open, Tampilan Layar Spektakuler

Tampilan Layar Spektakuler

Pada tahun 2023, tampilan ponsel cerdas semakin cerah. Jumlah tersebut akan terus meningkat lebih banyak lagi pada tahun 2024. Sebagai contoh, perangkat OnePlus Open memiliki kecerahan puncak 2800 nits. 

Nah, kemungkinan parameter kecerahan ini akan menyentuh angka 4500 nits atau lebih pada tahun 2024. Akan semakin banyak perangkat yang mengedepankan pendekatan fitur tersebut untuk memikat pengguna.

iPhone 16 Ultra, Konektivitas 5G 

Konektivitas 5G

Apple iPhone 16 Ultra hadir dengan konektivitas 5G. Fitur koneksi jaringan ini dengan cepat bertransformasi sebagai standar baru dalam teknologi ponsel pintar. 5G mendapatkan pujian sebagai salah satu terobosan paling signifikan dalam industri seluler hingga saat ini. 

Nah, para pelaku dalam industri smartphone kemudian mengantisipasi bahwa pada tahun 2024 akan terjadi penerapan teknologi ini secara luas, yang memfasilitasi peningkatan keandalan jaringan secara drastis. Termasuk, kecepatan transfer data yang sangat cepat. 

Kemampuan jaringan siap mengubah cara orang di seluruh dunia menggunakan ponsel cerdas mereka. Yakni dengan menyediakan game berlatensi rendah, streaming tanpa batas, dan pengalaman augmented reality lebih baik. 

Tahun ini, kemungkinan besar akan bermunculan perangkat yang sudah mendukung kemampuan jaringan tersebut selain Apple iPhone 16 Ultra, seperti Realme GT 5 Pro, Xiaomi 14 Pro hingga vivo S18, kemungkinan masuk daftar HP terbaru 2024 dengan fitur tersebut. Anda mau pilih yang mana?

Demikian prediksi seputar tren HP 2024. Sebagai pengguna, Anda bisa mengambil sisi positif dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu aktivitas sehari-hari. Nah, siapkah mengganti perangkat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *