Tips & Trick

2 Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Ganti Nomor

112
×

2 Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Ganti Nomor

Share this article
cara memindahkan wa ke hp baru

Dengan berkembangnya teknologi, membeli ponsel baru kerap kali menjadi pilihan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Tapi, yang sebagian orang masih belum tahu adalah bagaimana cara memindahkan WA ke HP baru.

Oleh karena itu, pembahasan pada artikel kali ini adalah mengenai bagaimana langkah-langkah detail tentang cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan mudah dan pastinya bisa Anda lakukan sendiri.

Jadi, pastikan untuk kamu membaca artikel ini dengan cermat ya!

Cara Memindahkan WhatsApp ke Hp Baru Tanpa Ganti Nomor

cara memindahkan wa ke hp baru

Sebenarnya, Anda dapat dengan mudah mentransfer akun WhatsApp ke ponsel baru tanpa perlu mengganti nomor, sehingga tidak perlu memberitahu orang lain bahwa Anda memiliki nomor WhatsApp baru.

Langkah-langkah ini mencakup menginstal WhatsApp di ponsel yang baru, mencadangkan riwayat percakapan dari ponsel sebelumnya, dan mengonfirmasi nomor telepon yang sama di perangkat yang baru. Harap pastikan bahwa nomor telepon Anda masih berada dalam masa aktif.

Selanjutnya, ayo ketahui lebih rinci mengenai prosedur langkah demi langkah untuk memindahkan WhatsApp ketika Anda membeli ponsel baru dan ingin menggunakannya.

Cara Memindahkan WA ke HP Baru Android

Sebelum memulai, pastikan telah membuat salinan cadangan data WhatsApp dari HP sebelumnya. Tindakan ini krusial guna menjaga keamanan data Anda.

Tak cuma itu, Anda juga perlu memastikan pula bahwa nomor telepon Anda masih aktif dan dapat menerima pesan singkat (SMS) untuk proses verifikasi.

Tahapan untuk memindahkannya adalah sebagai berikut:

  • Buat Cadangan di HP Lama

Buka WA di HP lama. Lalu, navigasi ke “Settings” atau “Pengaturan” > “Chat” > “Backup”. Pilih opsi untuk membuat backup manual atau melakukan pencadangan otomatis.

cara memindahkan wa ke hp baru

  • Transfer Backup ke HP Baru

Pindahkan file cadangan dari ponsel lama ke HP baru. File cadangan bisa disimpan di Google Drive, kartu SD, atau ditransfer melalui kabel USB.

  • Install WA di HP Baru

Instal aplikasi WhatsApp dari Google Play Store. Bila sudah, kemudian buka aplikasi WA tersebut. Kemduian, Anda lakukan pengaturan awal dengan menggunakan nomor HP yang dengan seperti di WA di HP lama.

  • Pulihkan/Restore Cadangan

Setelah mengonfirmasi nomor telepon, WhatsApp akan memeriksa apakah ada cadangan yang tersedia. Kalau memang cadangan data tersebut telah berhasil terdeteksi oleh aplikasi, maka selanjutnya Anda pilih opsi Restore/Kembalikan untuk mengembalikan data dari cadangan.

  • Selesaikan Konfigurasi

Lanjutkan dengan tahap konfigurasi hingga selesai. Sertakan pengaturan preferensi dan berikan izin yang diperlukan. Setelah berbagai proses yang Anda lewati selesai, maka WhatsApp akan memulihkan obrolan, pesan, dan file media dari cadangan yang telah Anda pilih.

Baca Juga: 4 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru, Anti Ribet!

Cara Memindahkan WA ke HP Baru iPhone

Proses memindahkan WhatsApp dari ponsel lama ke iPhone baru memiliki beberapa perbedaan dengan proses di Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Backup Data di HP Sebelumnya

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel lama dan arahkan ke “Settings/Pengaturan” > “Chat/Obrolan” > “Chat Backup/Pencadangan.” Pilih opsi untuk membuat cadangan manual atau tunggu cadangan otomatis dilakukan.

cara memindahkan wa ke hp baru

  • Transfer Backup ke iPhone Baru

Jika cadangan tersimpan di iCloud, pastikan Anda masuk dengan akun Apple yang sama di iPhone baru. Saat mengatur iPhone baru, pilih opsi untuk memulihkan dari cadangan iCloud dan pilih cadangan WhatsApp yang diinginkan.

  • Install WA di iPhone Baru

Instal WhatsApp dari App Store di iPhone baru. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi dan lakukan pengaturan awal dengan memasukkan nomor telepon yang sama seperti yang digunakan di ponsel lama.

  • Pulihkan/Restore Cadangan di iPhone

Setelah mengonfirmasi nomor telepon, WhatsApp pada iPhone baru akan mendeteksi apakah ada cadangan di iCloud. Pilih opsi “Restore Chat History” untuk mengembalikan data dari cadangan yang sudah ada.

  • Selesaikan Konfigurasi

Lanjutkan proses konfigurasi hingga selesai. Ini melibatkan pengaturan preferensi dan memberikan izin yang diperlukan kepada WhatsApp di iPhone baru. Selama proses ini, WhatsApp akan mengembalikan chat, pesan, dan file media dari cadangan yang telah Anda pilih di iCloud.

Nah itu dia cara memindahkan WA ke HP baru untuk iPhone dan Android. Sebenarnya, caranya tak begitu rumit. Yang penting adalah Anda harus mempraktikan langkah tersebut secara teliti satu per satu. Semoga berhasil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *